Kamis, 30 Desember 2010

Kwarcab DS Gelar Seminar Tentang Ibu

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Deli Serdang menggelar Seminar tentang Ibu dan lomba masak nasi tumpeng memeriahkan Hari Ibu tahun 2010 yang dibuka secara Resmi Wakil Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang ) Gerakan Pramuka Deli Serdang Ny Hj Anita Amri Tambunan, Selasa (28/12) di Taman Pramuka Lubuk Pakam.

Seminar sehari itu menampilkan narasumber Dr Anita Yus Mpd Dosen Unimed Medan dengan mengambil thema “ Ibu sebagai pendidik utama dan pertama dalam menjawab tantangan” yang didikuti 250 orang ibu-ibu pengurus Kwarcab , kwarran dan gudep - gudep se Kabupaten Deli Serdang.

Ny Hj Anita Amri tambunan dalam sambutannya mengatakan , kata-kata bijak mengatakan baiknya seorang ibu dalam suatu Negara maka akan baiklah Negara itu, tetapi bila buruk seorang ibu dalam suatu Negara maka buruklah Negara itu, hal ini menggambarkan bahwa kaum ibu adalah makhluk yang tangguh yang diciptakan Allah dengan segala kelembutannya mampu mendidik serta menempah putra putrinya untuk menjadi generasi bangsa yang berkualitas ke depan.

Oleh karena itu dengan kehadiran kalangan putri di kepramukaan diharapkan dapat menjadi contoh dan tauladan , sehingga jejak-jejak kebaikan yang dimilikinya dapat ditiru oleh anak-anaknya, terlebih lebih dengan digelarnya peringatan hari ibu ini dapat menjadi motivasi bagi peningkatan peran sertanya dalam membangun keluarga maupun ditengah-tengah masyarakat.

Sementara nara sunber seminar tentang Ibu Dr Hj Anita Yus M.Pd, menguraikan bahwa ibu sebagai pendidik utama dan pertama dalam menjawab tantangan zaman, oleh karenanya untuk merealisasi peran ibu sebagai pendidik, perlu memiliki enam alat-alat pendidikan yang harus dikuasi yakni, kewibawaan seorang ibu , rasa kasih sayang terhadap anak, miliki sikap kelembutan , keteladanan , penguatan termasuk pujian dan penghargaan terhadap anak yang baik dan perlu juga tindakan tegas tetapi mendidik.

Sedangkan trasa kasih sayang dapat ditunjukkan melaui bahasa kasih yakni dengan kata-kata sayang, sentuhan belaian, pelayanan setulus hati, saat-saat berkesan dan pemberian hadiah. Kemudian alat pendidikan kewibawaan seorang ibu adalah perlu penjagaan integritas diri yaitu keterpaduan apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan harus sejalan dan sama. Dalam seminar ini dilakukan acara tanya jawab sekaligus peninjauan pameran lomba masak nasi tumpeng dari 35 kelompok gudep pramuka serta penyerahan hadiah pemenang.

sumber : Berita Sore

0 komentar:

Posting Komentar