Sabtu, 25 Desember 2010

Kwarcab Tegal Gelar KML

SLAWI (TUNAS) – Dalam upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka dan tujuan pembangunan serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Pembina, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) di Pusat Pendidikan dan Latihan Pramuka (Pusdiklat) “Dewa Ruci” Cabang Tegal Komplek Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H. Muji Atmanto, SH.MM, Senin (20/12). Kegiatan diikuti oleh 38 Pembina perutusan Gugus Depan SD / MI, SMP dan SMA se Kwarcab 11.28 Tegal.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab mengatakan kegiatan Kursus Mahir Lanjutan(KML) ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Pembina Gudep, sehingga diharapkan Para Pembina nantinya memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dalam membina peserta didik. “Diharapkan akan lahir Pembina yang profesional dan mumpuni”, katanya.

Ka Kwarcab berharap, apa yang diperoleh peserta KML nantinya dapat benar – benar diterapkan dan dikembangkan di Gugus Depannya masing – masing. “Pengetahuan yang diperoleh, hendaknya dapat diaplikasikan dengan baik untuk pengembangan Gugus Depan”, pintanya.

Pemimpin Kursus, DJoko Eko Pratomo mengatakan, KML diikuti oleh 38 Pembina dari perutusan Gudep dan Kwarran se Kwarcab Tegal. Dimana peserta nantinya akan dikelompokan sesuai dengan golongan yang diambil. “Target panitia sebenarnya mencapai 50 peserta”, terangnya.

Terkait kegiatan, kata Djoko, Kursus akan diisi dengan kegiatan outdoor maupun indoor. Kegiatan Indoor berupa pemberian materi sesuai dengan kurikulum KML, seperti Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK – MK), Sistem Among, Cara Membina dan sebagainya. “Materi yang diberikan, juga langsung dipraktekan”, urainya. (s@n)

Sumber : Pandu Slawi

0 komentar:

Posting Komentar