Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Tuesday, 30 November 2010

SBY Buka Perkemahan Wirakarya Nasional 2010

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 yang dipusatkan di kawasan Seulawah, Kabupaten Pidie, Aceh, Selasa pagi (30/11). "Perkemahan Wirakarya merupakan kegiatan bakti nyata kepada masyarakat oleh pramuka penegak dan pandega," kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar.

Menurut dia, kegiatan bakti fisik yang akan dilakukan pramuka antara lain pembangunan sarana mandi-cuci-kakus (MCK) dan menara air, pembuatan jalan setapak, perbaikan poskamling, pembuatan bak sampah, pembuatan kandang satwa dan pembersihan gampong. Untuk bakti nonfisik para peserta bakal melakukan penyuluhan kesehatan antara lain tentang bahaya narkoba, HIV/AIDS, flu burung, pengelolaan sampah dan pembuatan kompos.

Kegiatan bakti itu, lanjut dia, tersebar di tiga sub camp yakni Kabupaten Pidie (Dayah Khairuddarani, Dayah Al-Fikri, Dayah Alhidayah), Kabupaten Aceh Besar (Dayah Rahul Falaah, Dayah Nurul Huda, Gampong Jantoh Baru, Kebun Binatang Jantoh Baru) dan Kota Banda Aceh (Al-Islah Aziziyah, Dayah Madinatul Fatah).

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berharap penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya dapat membina dan mengembangkan rasa saling pengertian, persaudaraan dan persahabatan antar penegak dan pandega.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Aceh Muhammad Nazar menegaskan arti penting penyelenggaraan perkemahan wirakarya di bumi Aceh. "Provinsi ini pantas bagi penegak-penegak untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa pramuka bukan organisasi yang sia-sia," katanya.

Perkemahan yang berlangsung 30 November hingga 6 Desember itu bertema "Bersatu Membangun Bangsa yang Bermartabat". Perkemahan Wirakarya Nasional diikuti oleh 3.500 pramuka penegak (usia 16-20 tahun) dan pandega (usia 21-25 tahun) utusan seluruh kwartir daerah.

Turut serta dalam rombongan Kepala Negara adalah Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menpora Andi Mallarangeng yang tangan kanannya dipondong karena cedera, Menhut Zulkifli Hasan, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Juru Bicara Presiden Julian A Pasha dan Teuku Faizasyah, dan Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Denny Indrayana.

Sumber : tvone

Sunday, 28 November 2010

Presiden SBY Dijadwalkan Buka PW Nasional 2010

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hampir bisa dipastikan akan membuka Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 yang dipusatkan di Seulawah Scout Camp, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, 29 November-6 Desember 2010. Sedangkan penutupan dijadwalkan oleh Wakil Presiden, Boediono.

Kepastian bahwa Presiden SBY akan membuka Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 tersebut diperoleh setelah Tim Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh melakukan rapat koordinasi dengan pihak Kwarnas, protokol kepresiden/wapres, pampampres, dan berbagai unsur lainnya di Istana Presiden dan Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (24/11). “Sekda Aceh, Setia Budi yang memimpin delegasi Aceh ke rapat koordinasi tersebut, baik di Istana Presiden maupun Wapres. Juga hadir beberapa orang dari Kwarda Pramuka Aceh,” lapor Wagub Aceh, Muhammad Nazar yang juga Ka Kwarda Gerakan Pramuka Aceh kepada Serambi, tadi malam.

Menurut Muhammad Nazar, pihak Kwarda Pramuka Aceh bersama Panitia Pelaksana Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 diundang ke Jakarta untuk menyampaikan berbagai laporan kesiapan serta penentuan kedatangan Presiden dan Wapres ke Aceh. “Alhamdulillah, dari hasil rapat koordinasi tersebut, dipastikan Presiden akan membuka kegiatan itu dan penutupannya dilakukan oleh Wapres,” kata Nazar.

Sebagaimana dijadwalkan, Presiden SBY akan berada di Aceh selama dua hari, yaitu 29-30 November 2010. Selama di Aceh, Presiden akan meresmikan beberapa proyek pembangunan pada 29 November, sedangkan pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 akan dilakukan pada 30 November. “Meski dibuka pada 30 November, tetapi kegiatan tetap dimulai 29 November sebagaimana sudah dijadwalkan. Sedangkan penutupan oleh Wapres pada 6 Desember,” kata Nazar.

Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 akan diikuti lebih dari 10.000 Pramuka dari seluruh Indonesia, negara Asean dan Timur Tengah. Kegiatan akan difokuskan kepada pengabdian masyarakat yang dilaksanakan selama satu pekan dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain gampong bersih,gerakan cinta kebersihan di dayah dan tempat-tempat pendidikan serta rumah ibadah, gerakan cinta lingkungan berupa penanaman pohon, gerakan ekonomi pariwisata dan lain-lain.

Kegiatan utama dipusatkan di Seulawah Scout Camp sedangkan sub-camp tersebar di empat titik yaitu Pidie, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, dan Sabang. Pada Selasa (23/11), Wagub Aceh meninjau berbagai persiapan di Seulawah Scout Camp dan memastikan berbagai fasilitas pendukung bisa dirampungkan tepat waktu. “Kalau masih ada kekurangan di sana-sini, ya itulah tantangan. Pramuka harus siap menghadapi berbagai tantangan itu,” kata Nazar.

Forum bisnis Asia
Dalam laporannya kepada Serambi tadi malam, Wagub Aceh juga menginformasikan bahwa dirinya diundang ke forum Kelantan-China International Business Forum and Trade Fair pada 25 November 2010 di Kelantan. “Karena kesibukan menjelang pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional, saya wakilkan kepada Kepala Badan Investasi,” kata Nazar.

Ke forum yang akan dihadiri lebih 1.000 pengusaha profesional dari Asia termasuk 300 pengusaha dari Cina, Wagub Aceh akan tampil sebagai pembicara panelis dengan judul; Aceh Trade and investment Opportunities. Kegiatan berskala dunia itu akan dibuka Sekjen Asean, Surin Pitsuwan.

Sumber : serambinews.com

Kwarda Jawa Tengah Adakan Pelatihan Menulis Artikel

Bidang Humas dan Abdi Masyarakat Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah mengadakan pelatihan menulis artikel bagi Andalan Kwarcab Bidang Humas dan Abdi Masyarakat serta anggota DKC se Provinisi Jawa Tengah dengan mengambil tema “unggul dan terpercaya membangun generasi muda yang mumpuni”

Kegiatan yang dilaksanakan di Puskepram “Candra Birawa” Karanggeneng Gunungpati ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Ir. Agung Suparyoko. Menurutnya, gerakan Pramuka saat ini terlalu berkutat pada lingkungannya saja, sehingga tidak dapat tersebar kemana-mana. “apa yang dilakukan Pramuka saat ini hanya Pramuka sendiri yang tahu, sementara masyarakat luas tidak tahu tentang Pramuka. Yang mereka tahu tentang Pramuka hanyalah tepuk tangan saja” katanya.

Menurut panitia, kegiatan ini diharapkan agar setiap anggota Pramuka memiliki kemampuan untuk menulis artikel. Selain itu juga untuk memberi bekal kepada anggota Pramuka serta pelaku Humas Pramuka tentang pengetahuan Jurnalistik.

Pelatihan yang mendatangkan pemateri dari STIKOM Semarang, Praktisi Suara Merdeka maupun Harian Sore Wawasan tersebut rencananya akan ditutup tanggal 28 November 2010. “kegiatan ini kita laksanakan mulai tanggal 26 sampai 28 November” kata salah seorang panitia pelaksana.

Menurut salah seorang peserta dari Kota Salatiga, pelatihan ini tidaklah diyakini mampu merubah pencitraan Pramuka di mata media massa. “Saya tidak terlalu optimis dengan selesainya pelatihan menulis artikel ini Pramuka akan menjadi eksis di media masa jika insan Pramuka sendiri tidak merubah pola kerjaseperti apa yang dikehendaki media masa. Bagaimana kita akan selalu masuk media jika kegiatan kita hanya bernyanyi dan bertepuk tangan saja tanpa mampu menghadirkan pejabat-pejabat publik yang mampu mengundang berita” katanya.

Sumber :jatengprov

Saturday, 27 November 2010

Jabar Ditunjuk Pelopor Revitalisasi Pramuka

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat ditunjuk sebagai pelopor revitalisasi pramuka oleh presiden dan Kwartir Nasional (Kwarnas). Revitalisasi perlu segera dilakukan karena pramuka dianggap paling lamban menyesuaikan diri dengan perubahaan iklim organisasi dan komunitas yang berkembang saat ini khususnya di generasi muda.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Kwarda gerakan Pramuka Jawa Barat Bidang Humas dan Informasi, Adang Durahman, saat penutupan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KPL) di Kiara Payung, Jatinangor, Sabtu (27/11). Ketika reformasi pada tahun 1998, terjadi perubahan pada semua struktur politik. Perubahan itu juga terjadi pada organisasi-organisasi masyarakat.

Adang mengatakan, Pramuka merupakan organisasi yang paling lambat dalam menyesuaikan ritme perubahan tersebut. Hal itu disebabkan karena kuranganya respon dari internal tubuh pramuka. “Tidak ada dorongan yang melecut untuk menyesuaikan dengan iklim,” kata dia.

Akibat kondisi tersebut, kata Adang, bermunculan gerakan sejenis sebagai wadah kreativitas generasi muda yang dianggap lebih trendi, menarik, dan kreatif. Sementara survey menunjukkan pramuka dianggap ketinggalan jaman oleh generasi muda saat ini. "bahkan di kota besar mucul istilah ‘hari gini pramuka’,” ujarnya.

Menurut Adang, persiden pun menyadari hal itu sehingga dia meminta adanya inovasi yang perlu dilakukan untuk gerakan pramuka. Jawa Barat yang diketuai oleh Dede Yusuf diminta oleh presiden untuk menjadi pelopor gerakan tersebut. Penunjukan tersebut juga disetujui oleh Kwarnas.

Sumber : Pikiran Rakyat

10.000 Peserta Ikut PW Nasional 2010

Sebanyak 10.000 anggota Pramuka dari seluruh Indonesia maupun luar negeri, akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 yang dipusatkan di Seulawah Scout Camp Kecamatan Muara Tiga, pada 29 November-6 Desember 2010.

Kegiatan tersebut akan dibuka langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 30 November, sedangkan penutupan dijadwalkan oleh Wakil Presiden Boediono.

"Jumlah peserta yang akan berpartisipasi pada event tingkat nasional ini sebanyak 10.000 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk kontingen dari sejumlah negara, di antaranya 100 orang dari kawasan ASEAN dan 50 orang dari Timur Tengah," ujar Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar yang juga Ka Kwarda Gerakan Pramuka Aceh kepada Analisa, Jumat (26/11).

Untuk kehadiran Presiden, jelasnya, juga telah diperoleh kepastian setelah Tim Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh melakukan rapat koordinasi dengan pihak Kwarnas, protokol kepresiden/wapres, paspampres dan berbagai unsur lainnya di Istana Presiden dan Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (24/11) lalu.

Menurut Muhammad Nazar, Kwarda Pramuka Aceh bersama Panitia Pelaksana Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 diundang ke Jakarta untuk menyampaikan berbagai laporan kesiapan serta penentuan kedatangan Presiden dan Wapres ke Aceh.

Ditambahkan, kegiatan Pramuka tersebut akan difokuskan kepada pengabdian masyarakat yang dilaksanakan selama satu pekan dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain gampong bersih, gerakan cinta kebersihan di dayah dan tempat-tempat pendidikan serta rumah ibadah, gerakan cinta lingkungan berupa penanaman pohon, gerakan ekonomi pariwisata dan lain-lain.

Kegiatan utama dipusatkan di Seulawah Scout Camp sedangkan sub-camp tersebar di empat titik yaitu Pidie, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, dan Sabang. Wagub Aceh juga telah meninjau berbagai persiapan di Seulawah Scout Camp dan memastikan berbagai fasilitas pendukung bisa dirampungkan tepat waktu.

"Persiapan fisik di lokasi kini telah hampir. Kalau masih ada kekurangan di sana-sini, ya itulah tantangan. Pramuka harus siap menghadapi berbagai tantangan itu," kata Nazar.

Pacu Pembangunan

Pada persiapan menjelang pembukaan Jamnas Wirakarya, para pekerja terus memacu pembangunan berbagai fasilitas fisik seperti podium utama, lapangan pembukaan, pembangunan kamar mandi, WC, jalan dan pendopo. "Insya Allah, seluruh sarana prasarana yang dibangun dari APBA 2010, tuntas sebelum pembukaan," katanya.

Disebutkan, areal perkemahan Jamnas Wirakarya yang digunakan saat ini, sekitar 52,2 hektar dari luas area yang tersedia mencapai 120 hektar. "Pembangunan di Bumi Perkemahan Seulawah itu akan kami lakukan bertahap. Karenanya pemerintah Aceh berharap pemerintah pusat dapat membantu pembangunan berbagai sarana pendukung yang masih dibutuhkan," ungkapnya.

Bumi Perkemahan Seulawah yang direncanakan akan menjadi pusat pendidikan bagi masyarakat oleh pemerintah Aceh di masa mendatang itu berjarak sekitar 75 kilometer arah timur Kota Banda Aceh.

sumber : analisa daily

Friday, 26 November 2010

Pelatihan Kewirausahaan Kwarcab Kota Bogor

PETUNJUK TEKNIS
KEGIATAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA
KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA BOGOR
TAHUN 2010
...
A. Nama Kegiatan
“Pelatihan Kewirausahaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor tahun 2010”

B. Tema Kegiatan
“Membuka Cakrawala dalam Dunia Usaha untuk Pengembangan Potensi Anggota Pramuka Penegak dan Pandega di Kota Bogor ”

C. Motto Kegiatan
Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan

D. Pelaksanaan
Hari : Jum’at s.d Senin
Tanggal : 17 s.d 20 Desember 2010
Pukul : 16.00 WIB s/d selesai
Tempat : SMP BINA GREHA
Jln. Taman Cimanggu, Bina Greha 05/01 no 47a Kota Bogor
E. Penyelenggara Kegiatan

Penyelenggara kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini adalah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor c.q Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwarcab Kota Bogor masa bakti 2008-2013.

F. Bentuk Kegiatan
1. Pelatihan tentang kewirausahaan selama 4 hari 3 malam, dengan cara pembelajaran diruang kelas, dan di luar kelas
2. Materi Pelatihan :

a) Materi Pengantar
1. Pengenalan tentang Dunia Usaha, dan Wirausaha
2. Management Bisnis dan Wirausaha

b) Materi Inti
1. Wirausaha dalam dunia pertanian ( agrobisnis )
2. Wirausaha dibidang percetakan ( sablon )
3. Wirausaha daur ulang kertas
4. Wirausaha handicraft
5. Wirausaha dibidang kuliner tradisional
6. Wirausaha peternakan ikan
7. Materi tentang Strategi Pengembangan dan Pembinaan UMKM Kota Bogor

c) Materi Pelengkap
1. Motivasi
2. Games & Hiburan

3. Metode Pelatihan
a. Ceramah/teori
b. Tanya Jawab
c. Praktek
d. Study Wisata
e. Diskusi
f. Games
g. Dinamika Kelompok

G. Peserta

Adapun peserta dalam kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Penegak dan Pandega Tahun 2010 ini adalah Pramuka Penegak dan Pandega Kota Bogor, yang terdiri dari :
1. Dewan Kerja Ranting 2 orang/Ranting (1 pa dan 1 pi )
2. Dewan Ambalan 2 orang / Pangkalan (1 pa dan 1 pi )
3. Dewan Racana 2 orang / Pangkalan (1 pa dan 1 pi )
4. Dewan Saka 2 orang / Saka (1 pa dan 1 pi )

H. Pendaftaran Peserta

Pendaftaran Peserta dibuka mulai :
Tanggal : 1 – 14 Desember 2010
Hari : Senin s/d Jum’at
Pukul : 10.00 – 16.00 WIB
Tempat : Sekertariat Kwarcab Gedung Kemuning Gading lt.3
Jl. Ir. H. Juanda no. 10
Telepon/fax : (0251) 8350026
Fee Peserta : Rp 150.000,- /orang

Peserta terbatas

Contact Person :
Ka Eko Prasetyo (Ketua Pelaksana) 02198589086
Ka Teguh (Penanggung Jawab) 085691937459

Cara Pendaftaran
Calon peserta datang langsung ke tempat pendaftaran dengan membawa persyaratan peserta ( point h)

I. Persyaratan Peserta
1. Anggota Pramuka yang aktif di gugusdepan dinyatakan dengan surat dari Pembina Gudep
2. Mengisi & Menyerahkan Biodata Peserta
3. Foto copy KTA
4. Mandat dari Mabigus / Kwarran
5. Surat Keterangan Sehat
6. Pas foto menggunakan baju Pramuka tanpa tutup kepala ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
7. Membayar fee sebesar Rp 150.000,- dengan rincian sebagai berikut :
a. Konsumsi selama kegiatan
b. Buku bahan
c. Sertifikat
d. ID Card
e. Transport selama kegiatan
f. Study wisata
g. Bahan untuk praktek
h. Note book

Semua persyaratan di masukkan kedalam map warna cokelat, dan stempel Gugusdepan

J. Perlengkapan yang Dibawa Peserta
1. Perlengkapan Pribadi
2. Seragam Pramuka lengkap
3. Seragam Olahraga/ lapangan
4. Pakaian Batik
5. Sleeping bag / alas tidur
6. Perlengkapan Shalat
7. Obat obatan pribadi
8. Perlengkapan Makan
9. Perlengkapan praktek antara lain :
• Koran Bekas
• Botol beling bening berukuran kecil
• Kertas HVS ukuran A4 minimal 20 lembar
• Masker dan sarung tangan kain
• Alat Tulis

Sumber : Fb event DKC Kota Bogot

Pesanan Dewan Ambalan dari Bekasi

Terima kasih kepada Kak Bintang dari Bekasi yang telah memesan Tanda Dewan Kerja Ambalan. Semoga Ambalan kakak tambah maju. Kami tunggu pemesanan selanjutnya

Thursday, 25 November 2010

Open Recruitment DKD Jatim 2010-2015

Pada tahun 2010 ini Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Timur telah mengakhiri masa berbakti bagi Tegak-Dega di seluruh Jawa Timur, serta telah melaksanakan Muspatitera yang diadakan di Batu. Untuk mencari kaderisasi serta untuk mengisi susunan kepengurusan yang baru maka DKD Jatim membuka kesempatan bagi Tegak-Dega se-Jatim untuk ber Darma Bakti bagi Pertiwi melalui Gerakan Pramuka menjadi DKD Jatim periode 2010 - 2011.

Pesyaratan :
1. Aktif di Gugusdepan
2. Minimal Penegak Bantara
3. Usia 17-23 tahun
4. Mendapat rekomendasi kwarcab
5. Mendapat ijin Orangtua
6. Pernah mengikuti pelatiha kepemimpinan
7. Sehat jasmani dan rohani
8. Menyerahkan foto copy kartu keluarga yang pernah diikuti
9. Membuat esaay tentang kondisi penegak-pandega di wilayahnya masing-masing
10. mengisi form biodata

* kalau ingin tahu edarannya silahkan tanyakan ke kwarcab kakak masing-masing

Batas akhir konfirmasi tanggal 9 desember 2010
Seleksi : Sabtu-Minggu, 11-12 Desember 2010
Tempat : Gedung Kwarda Jatim, Jl. raya kertajaya Indah 77 A Surabaya
C.P : Miftah 085649496545
Mas ul 087854993055

Wednesday, 24 November 2010

Jambore Wanabakti 2010

Dalam upaya meningkatkan mutu kegiatan dan baktinya untuk pembangunan masyarakat maka Satuan Wanabakti Daerah Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Jambore Wanabakti 2010.

Kegiatan Jambore Wanabakti akan di selenggarakan padatanggal 19-23 Desember 2010 yang bertempat di Buper Sukajadi Km 16, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi peserta sehingga mampu tumbuh kader-kader pembangunan yang handal dan peduli terhadap alam serta lingkungan sekitarnya ini akan berisi :
1. Kegiatan Lomba
- LTBB
- Pionering
- Asah Terampil
- Teknologi Tepat Guna
- Cipta Lagu Pramuka
- Lintas Medan dan PPGD
- Film Dokumenter
- Fotografi
- Olahraga

2. Kegiatan Non Lomba
- Ceramah Kehutanan
- Refling n Climbing
- Pengukuran n Pemetaan Hutan
- Pelatihan Kerajinan Hasil hutan
- Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan
- Pengenalan Jenis Pohon
- Materi Kesakaan
- Penghijauan
- Penangkaran Buaya
- Wisata Kota

Info lebih lanjut hubungi :
panitia Pelaksana Jambore Wanabakti
Sekretariat : Dishub prop Sumsel C.q. BP. DAS Musi
jl. Kol H Burlian Km. 6,5 Palembang Telp. 0711-846696
email : swbsumsel@gmail.com atau juklak@gmail.com

Saturday, 20 November 2010

Ribuan Pramuka di Lotim Mengikuti Jambore Cabang

Ribuan anggota Pramuka tingkat Penggalang se-kabupaten Lombok Timur mengikuti kegiatan Jambore Cabang (Jamcab) dari 19 s.d 22 Nopember 2010 di Bumi Perkemahan Sukadamai, Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga.

Jamcab ini diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Timur yang merupakan program kerja tahun 2010, dengan melibatkan seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) Se-Lotim.

Sementara kegiatan Jamcab ini dibuka oleh Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lotim, dengan dihadiri pengurus Kwarda Gerakan Pramuka NTB.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Timur, H.M.Gufranuddin menegaskan kegiatan Jamcab ini digelar satu langkah untuk mempersiapkan diri mengikuti Jambore Daerah yang akan diselenggarakan oleh Kwatir Daerah Gerakan Pramuka NTB pada bulan Desember 2010 mendatang.

Dengan mengundang semua perwakilan pramuka tingkat penggalang yang ada di kabupaten/kota di NTB, termasuk didalamnya pembina dan pendamping yang nantinya akan turut menyertai kontingen Lotim di kegiatan bergengsi tersebut.

" Kegiatan Jamcab ini memiliki proses dan tahapan yang harus dilakukan dengan mengadakan kegiatan Jambore Ranting di masing-masing Kecamatan di Lotim," tegas Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lotim.

Ia menegaskan sementara anggota Pramuka Penggalang ini yang menjadi peserta dalam Jamcab ini adalah orang-orang pilihan yang telah lulus seleksi ditingkat kecamatan.

Dengan mengacu pada persyaratan yang telah diatur dalam AD/ART Pramuka dengan mengacu pada kurikulum yang ada melalui Tanda Kecakapan Umum (SKU) maupun Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang ada dalam tingkatan Pramuka Penggalang.

Karena jauh sebelumnya dari panitia penyelenggara Jamcab telah menyebarkan surat edaran dan petunjuk tehnis dan petunjuk penyelenggara tentang kegiatan Jamcab tersebut.

"Pengiriman peserta Jamcab ini dilakukan sesuai dengan pedoman yang telah dibuat," ujar H.Gupranuddin.

Ia menambahkan berbagai macam kegiatan yang dirancang dalam Jamcab ini, disesuaikan dengan perkembangan peserta didik yang mengacu pada sistim among dan Pendidikan Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan.

Karena melalui Jamcab ini anggota Pramuka Penggalang bisa membina persaudaraan sebagaimana yang tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang menjadi pedoman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

" Setiap anggota Pramuka Pramuka Penggalang dituntut untuk bersikap mandiri tanpa harus menyusahkan orang lain," tandas Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lotim.

Sumber : Antara Mataram

Friday, 19 November 2010

Kirim Pesanan ke Amurang yang Kedua

Terima kasih kepada Kak Henry dari Amurang yang kali kedua telah memesan produk dari Scout Addict. Semoga puas dengan produk dan pelayanan dari kami. Kami siap bekerja sama dengan kakak serta Saka Bhayangkara Polres Minsel. Kami tunggu pesanan berikutnya

Amran Razak Jenguk Pembina Pramuka SMPN 12 Makassar

Staf Ahli Menpora Bidang Revitalisasi Gerakan Pramuka, Prof Dr A mran Razak MSc Kamis (18/11/2010) mengunjungi salah seorag pembina Pramuka di Gugus Depan SMPN 12 Makassar, Kak Mariamin, yang jatuh dari sepeda motornya.


Ketika itu ia akan menghadiri Pelantikan Pramuka Garuda, 7 November lalu yang digelar Pemprov Sulsel. Aksi itu bagian dari pemecahan rekor Muri dalam hal pelantikan Pramuka Garuda terbanyak di Indonesia.

Sebelumnya Mariamin seminggu lamanya dirawat di ruang ICU RS Ibnu SIna. Sebelumnya Amran mengunjungi Perkemahan Paneki di Kabupaten Sigi, Sulteng, untuk melihat kegiatan Persami Kwarda Sulteng.

Sumber : Tribun Timur

Tuesday, 16 November 2010

Kwarcab Pemalang Gelar Lomba Pramuka Penggalang

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Pemalang kembali menggelar kegiatan. Kali ini berupa Lomba Pramuka Penggalang 3 tahun 2010 sebagai bentuk aplikasi pendidikan pramuka di tingkat Penggalang atau Pramuka pelajar SMP dalam mengembangkan sumber daya yang dimiliki. Lomba diselenggarakan di Bumi Perkemahan Sikucing Desa Banyumudal Kecamatan Moga.

Pembukaan Lomba Pramuka ini dilakukan Jum`at (12/11) sore dengan inspektur upacara Wakil Bupati Pemalang H Junaedi SH MM selaku Wakamabicab. Junaedi menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini dan menyampaikan terimakasih kepada Kwarcab yang telah meramaikan Hari Sumpah Pemuda ke-82 melalui kegiatan Pramuka.

Dalam sambutannya, Wakamabicab berpesan agar Pramuka Penggalang tidak meninggalkan ibadah meskipun di dera kesibukkan lomba. Pramuka diminta mengikuti kegiatan ini dengan suasana bahagia, kekeluargaan dan penuh kedamaian. Mereka juga diminta untuk bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan dan penuh dengan tanggungjawab. Pramuka penggalang selama mengikuti kegiatan lomba agar terus menambah teman, sahabat baru dan terus menambah wawasan, dan pengetahuan.

Kakwarcab Drs Abdul Kadir yang menyaksikan kegiatan ini didampingi Ketua Panitia Johan Rusadi mengemukakan bahwa kegiatan diikuti oleh 230 Pramuka Penggalang Putra dan 240 putri yang mewakili gugus depannya. Mereka berasal dari SMP - SMP di Kabupaten Pemalang.

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk membina dan mengembangkan penghayatan kehormatan Pramuka serta mengembangkan sumber daya yang dimiliki Pramuka Penggalang. Dengan thema cerdas, berprestasi, ceria dan bersaudara serta moto Satya Kukudarmakan, Dharma Kukubaktikan kegiatan berjalan lancar dan berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Nopember 2010.

Sumber : radartegal.com

Kirim Scraf/Hasduk Garuda ke Batam

Terima kasih kepada Kak Andy dari Batam yang telah memesan Scraf Garuda. Semoga cocok, serta kami tunggu pemesanan berikutnya

Friday, 12 November 2010

Logo dan Maskot Jambore Daerah Riau 2010

Kwartir Cabang (Kwarcab) Rokan Hulu, Kamis (23/9) meluncurkan logo dan maskot Jambore Daerah Riau 2010. Peluncuran logo tersebut pada saat rapat persiapan tuan rumah Rokan Hulu sebagai tempat penyelenggaraan perhelatan tingkat daerah tahun ini.

Jamda tersebut akan berlangsung tanggal 26-31 Desember 2010 di Bumi Perkemahan Gunong Bonsu, Batang Samo, Rokan Hulu.   Logo Jambore Daerah Riau 2010

Bentuk logo Jambore daerah Riau 2010 kali ini berpolakan segitiga yang memiliki falsafah
Tri Satya sesuai dengan :
Tema : Mempersiapkan diri membangun Masyarakat.
Motto : Satyaku ku darmakan, darmaku ku baktikan.

1. Segitiga emas berlogo negeri seribu suluk kombinasi grafis koma berwarna putih ;
melambangkan ketakwaan terhadap Tuhan yang maha Esa dengan filosofi rukuk atau tunduk
dengan ajaran Agama.

2. Segitiga berwarna merah meggambarkan tenda ;
melambangkan sujud dan syukur terhadap anugerah alam,
karunia ilmu yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa,
sekaligus wadah bagi Penggalang dalam menggali ilmu.

3. Tunas kelapa berwarna coklat :
melambangkan kegiatan kepramukaan, wadah pendidikan luar sekolah bagi segala usia,
“Ingarso suntolondo, ingmadya mangun karso, tut wuri handayani.

4. Tulisan jambore daerah Riau 2010,
adalah ajang kegiatan Penggalang yang dilaksanakan di
Bumi Perkemahan Gunong Bonsu Kabupaten Rokan Hulu

Arti Warna :
Warna Emas : menandakan logam mulia, yang melambangkan jiwa yang teguh,
berwibawa dan memiliki nilai yang tinggi

Warna Merah : Adalah warna keberanian dalam membina mental, berani dan trampil dalam berbagai
bidang.

Warna Coklat : Warna Kepramukaan

Warna Hitam : ketetapan dan konsekwensi pelaksanaan sebuah kegiatan keparamukaan
di Propinsi Riau

Pada Logo itu juga terdapat kata Bumi Perkemahan Gunong Bonsu Rokan Hulu, Berikut penjelasan GUNONG BONSU

Dalam pemetaan tahun 1955, menyebutkan bahwa ada dua gunung di jajaran Bukit Barisan di Kabupaten Rokan Hulu;
pertama Gunung Kocik (Kotjik) 319mdp terletak di Rokan IV Koto, kedua Gunung Bonsu 419mdp.
Bumi Perkemahan Gunong Bonsu terletak di Desa Rambah Samo sekitar jajaran kaki Gunong Bonsu, tepatnya pada Sungai Batang Samo dimana hulunya berada pada Bukik Radjok 256mdpl, dan sejajar kearah barat dengan bukik Adiantua 306mdpl dan bukik Harmania; ketiga bukit ini adalah landaian Gunung Bonsu yang membentuk beberapa anak sungai : S. Pawan, S. Suaman, S. Bungo, S. Pegadisan S. Kaiti, S. Batang Samo, S. Geringging, S. Limanabung, S. Bintang, S. Okak, dan sungai kecil lainnya, yang bermuara ke Batang Lubuh (Rokan Kanan).

Daerah ini selain menimbulkan beberapa sungai, juga memberi dampak gejala Vulkanis yang di beberapa titik pada kawasan daerah ini yaitu berupa sumber air panas dengan type gejala pos Vulkanis;pertama Sumber Air Panas Suaman di Desa Pawan, lebid dari 12ltr perdetik dengan suhu 56 derjat celsius - 65 derjat celsius, kedua Sumber Air Panas Hapanasan memiliki debit yang lebih besar dari Suaman dan memiliki suhu yang sama.

Dalam konsep kepariwisataan Rokan Hulu daerah ini disebut dengan Unit Kawasan Wisata Gunong Bonsu, disinilah terdapatnya Objek dan dayatarik Wisata unggulan Riau yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, disini juga dibangun Gedung Pusat Informasi Kupu-kupu Sumatera. Sedangkan Maskot Jambore Daerah Riau 2010 ini adalah Ikan Baong yang banyak terdapat di daerah Rokan Hulu.

Sumber : Kwarda Riau

Lagu Jangan Takut Menjadi Indonesia

Atas permintaan dari teman-teman yang menginginkan lagu dari Charly ST12 yang dibuat untuk Pramuka berjudul Jangan Takut Menjadi Indonesia, maka baru sekarang kami bisa meng uploadnya. Bila ada kesalahan mohon di beri komentar

Silahkan download lagu Jangan Takut Menjadi Indonesia disini

Pesanan dari Wajo Sulawesi Selatan

Terima kasih kepada Kak Amran dari Wajo Sulawesi Selatan atas kepercayaannya telah memesan produk Pramuka kepada SCOUT ADDICT. Semoga produk kami berkenan dan cocok, tak lupa juga kami tunggu pemesanan selanjutnya dan semoga dapat terus bekerja sama.

Terima Kasih Kedai Pramuka Cablaka, Semoga Dapat Bekerja Sama

Kami dari Kedai Pramuka Online SCOUT ADDICT mengucapkan terima kasih atas perhatian kakak dari Kedai Distro Pramuka "CABLAKA" Purwokerto. Yang tertarik dengan Scarft/Hasduk Pramuka dari kami. Semoga di kedepannya dapat bekerja sama dalam menyediakan produk-produk Pramuka bagi teman-teman di seluruh Indonesia. Semangat Pramuka !

Thursday, 11 November 2010

LOMBA FOTO KEPRAMUKAAN 2010

PERSYARATAN DAN KETENTUAN
LOMBA FOTO KEPRAMUKAAN 2010

“PRAMUKA DIMATAKU”

1. Lomba ini bersifat perorangan dan terbuka untuk umum
2. Foto dikirimkan berupa file berformat JPG, BMP atau TIFF
3. File foto memiliki resolusi minimal 2 Megapixel dan ukuran file minimal 1MB (JPEG)
4. Sintaks nama file adalah : -.jpg

contoh Faizal J – Berbagi Ceria.jpg

Selain itu foto harus dilengkapi keterangan, contoh
Judul : Berbagi Ceria
Lokasi : Subcamp Pengenalan Aerosport (Sidem)
Fotografer : Faizal Jejaka
Alamat : Jl. Bung Tomo 102-E Bondowoso
Email : faizal@pramuka.or.id
No. telp./HP. : 0856409999
Shutter speed : 1/500 detik
Aperture value : f/2.8
Merk Model Kamera : Canon Powershoot A-590is
Jenis kamera : Pocket consumer
Lensa : Built in
Filter : -
Aksesori tambahan : -
Manipulasi digital: tidak
Diskiripsi singkat : Foto diambil pada jam 8 pagi diambil secara candid dari dalam kerumunan peserta, dimana ada sebagian peserta yang sedang bercanda dengan anak-anak desa sidem yang lugu dan lucu. Olah digital hanya sedikit sharpening dan levelling dengan menggunakan software Gimp

Keterangan ditulis dalam file Teks dengan nama file yang sama dengan nama file foto contoh : Faizal J – Berbagi Ceria.txt

1. Dengan mengirimkan foto atas nama anda, ini berarti bahwa anda menyatakan bahwa foto tersebut adalah karya anda sendiri, dan anda mengijinkan Kwarda Jatim untuk menampilkan foto tersebut untuk keperluan publikasi.
2. Kwarda Jawa Timur tidak bertanggungjawab atas sengketa atau perselisihan paham yang mungkin terjadi sehubungan dengan hak cipta, hak milik aatu hak guna foto.
3. Kwarda Jatim berhak untuk menggunakan foto-foto yang dikirimkan dalam lomba ini untuk keperluan publikasi Gerakan Pramuka (non komersil).
4. File foto yang dapat mengikuti lomba ini hanya foto yang dibuat dengan kamera digital, Kwarda Jatim tidak menerima foto dalam bentuk cetakan/print dan foto hasil scan dari film/print.
5. Manipulasi digital diijinkan dalam lomba foto ini, tetapi anda harus menyatakan bahwa foto ini hasil manipulasi digital atau bukan. Pengertian manipulasi digital disini adalah tindakan/processing yang mengakibatkan impresi terhadap sebuah foto menjadi berubah secara drastis.

Hal-hal yang tidak dianggap manipulasi digital adalah
1.
* Sharpening
* Desaturate (menghilangkan warna) secara keseluruhan bukan hanya sebagian dari foto
* Penggunaan tool untuk menghapus cacat akibat stuck pixel atau cacat fisik kamera
* Mengubah color balance, selama tidak terlalu ekstrim dan hanya bertujuan menampilkan hasil natural
* Meningkatkan saturasi warna, selama tidak ekstrim dan mengubah foto secara drastis
* Penggunaan noise removal tool

Hal yang dianggap manipulasi digital :
a. Menggabungkan foto, baik menggunakan layer atau menyambung
b. Memasukkan komponen gambar lain ke dalam foto
c. Penggunaan efek blur
d. Merubah perspektif dengan tool software pengolah
e. Mewarnai foto hitam putih
f. Mengganti warna/channel
g. Perubahan lain pada foto yang dilakukan secara parsial dan nyata mengubah impresi foto
h. Segala sesuatu yang berhubungan dengan pengaturan warna ekstrim

Foto yang mengalami manipulasi digital tidak akan berkurang nilainya atau ditolak. Penjelasan ini dimaksud agar penilai dapat menghargai karya digital anda, maka kami sarankan mendiskripsikan olah digital yang dilakukan.

1. Jangan hilangkan metadata/exif file. Untuk memudahkan tim penilai anda harus mempertahankan metadata/exif foto yang dibuat, karena itu jika anda melakukan olah digital gunakan software yang dapat mempertahankan metadata/exif foto tersebut.
2. Kwarda Jatim menerima segala tema foto dengan batasan sebagai berikut :
* Dibuat untuk mengangkat citra atau cerita Pramuka/kepramukaan
* Tidak mengandung unsur pornografi
* Tidak berbau SARA
* Foto tidak secara langsung menyinggung pihak lain (mengandung hinaan, cercaan dsb)
3. Setiap peserta maksimal mengirimkan 2 buah foto.
4. Batas penerimaan file foto adalah 15 November 2010
5. Keputusan Juri/Penilai tidak dapat diganggu-gugat
6. File bisa dikirim melalui Pos (Dengan media CD) ke Kwarda Jatim Jl. Raya Kertajaya Indah 77A Surabaya 60116 atau melalui email: pramukarekforum@yahoo.com

Wednesday, 10 November 2010

Jelajah Literatur Kwarcab Kota Blitar 2010

Pada hari Minggu tanggal 7 Nopember 2010 kemarin DKC Kota Blotar menyelenggarakan Lomba Jelajah Literatur yang mengambil tempat di Perpustakaan Bung Karno. Kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun ini bertujuan untuk menggali historis sejarah perjalanan Kemerdekaan serta Presiden Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

Kegiatan Jelajah Literatur ini adalah :
1. Sman 3 blitar (Juara 1)
2. Sman 2 blitar (Juara 2)
3. SMA pgri 4 (Juara 3)
4. SMK katolik santo yusuf (Juara Harapan 1)
5. MA Ma'arif NU (Juara Harapan 2)
6. Sman 1 Blitar (Juara Harapan 3)

Kirim Badge ke Lamongan


Terima kasih kepada teman-teman DKC Lamongan yang telah memesan badge untuk kegiatan World Care Scouting Leage 2010. Semoga kegiatan berjalan dengan sukses. Saya tunggu pesanan selanjutnya

Monday, 8 November 2010

Dirgahayu Gudep ITS Surabaya XXVII

Kirim Scraf/Hasduk Garuda ke Amurang


Terima kasih kepada Kak Henry dari Amurang Minsel Sulut yang teah memesan Scraf/Hasduk Garuda. Semoga berkenan dan kami tunggu pemesanannya lagi

Semangat Pramuka !

Pramuka Peduli Merapi

Yang ingin membantu korban Merapi bisa disalurkan ke :

Pramuka Peduli Merapi

Posko Bantuan logistik:
Sekretariat DKD DIY, Pendopo Pramuka, Jl.Langensari Pengok Yogyakarta.
Tlp.0274-555383.

CP:
1. Misgianto 085743260160/081375358055
2. Teguh PA 0274-6663577
3. Riang PA 085228816700/088802889403.

Bantuan Dana disalurkan ke rek. no.0039227031 BNI Cab UGM a.n. Kwarda Pramuka

Sumber : fb Agung adhi Nugroho

Saturday, 6 November 2010

Jambore Cabang VI Kwarcab Buleleng

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Buleleng mengelar ajang Pertemuan Besar Pramuka Penggalang, kamis – minggu (4 – 7/11) di Bumi Perkemahan Bunda Maria, Kawasan Air Sanih, Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang diikuti 581 Pramuka Penggalang Se-Buleleng.

Kegiatan Jambore sebagai salah satu kegiatan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan dialam terbuka merupakan kegiatan yang bersifat menarik, menyenangkan, sehat, riang gembira dan menjadi wahana mempererat persaudaraan, persahabatan dan kesetiakawanan, disamping sebagai ajang pembinaan untuk membentuk mental dan phisik. Ajang lima tahunan untuk kali keenam dibuka secara resmi Wakil Bupati Buleleng, Drs. Made Arga Pynatih, M.Si selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (KaMabicab) Buleleng ditandai dengan penancapan kapak kegiatan didampingi Kakwarcab Buleleng, Ir.Dewa Ketut Puspaka MP dan Ketua Panitia Penyelenggara, Made Tingkat.

“pendidikan kepramukaan merupakan proses pendidikan praktis, diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip metodik kepramukaan akan membentuk kader-kader generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa,” ungkap Wabup Arga Pynatih.

Melalui ajang Jambore Cabang Buleleng 2010 diharapkan mampu menjadi tonggak untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Buleleng kedepan,” melalui berbagai kegiatan yang akan dilakukan tentunya dapat menjadi awal pengembangan pendidikan kperamukaan maupun pendidikan lainnya di Buleleng yang kita cintai,” ujar Arga Pynatih.

Kakwarcab Buleleng, Dewa Puspaka menegaskan, kegiatan Jambore yang digelar merupakan program yang telah dirancang sebagai upaya revitalisasi Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan,” pengertian revitalisasi adalah pemberdayaan pramuka yang sudah ada, dilakukan secara sistematis, berkelanjutan serta terencana guna memperkokoh eksetensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi serta tugas pokok Gerakan Pramuka, dsalah satunya dengan kegiatan Jambore Cabang,” ujarnya.

Dalam Jambore Cabang VI Kwarcab Buleleng digelar berbagai kegiatan yang dirancang secara khusus dalam bentuk perkemahan dengan konsep Satuan Terpisah, dimana Perkemahan dibagi menjadi dua lokasi, Kecamatan Putra dan Kecamatan Putri,” satuan terpisah selalu kami terapkan dalam setiap perkemahan pramuka, sehingga dalam beberapa kegiatan kami telah merancang secara masksimal dengan melibatkan komponen pendukung dan instansi terkait,” ujar Bidang Kegiatan dan Operasional Jamcab Buleleng, Putu Edi Robin.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam Jamcab VI Buleleng tahun 2010 diantaranya dibagi dalam Kegiatan Umum dan Kegiatan Khusus, kegiatan umum diantaranya, mental spiritual, seni budaya dan wawasan, sedangkan kegiatan khusus meliputi kegiatan petualangan berupa renang dan out bond di Kompi B Yonif 900 Raider, Kegiatan Wisata dengan menyasar Pura Gambur Angalayang, Pura Ponjok Batu, Pura Beji dan Pura Penegil Dharma, sementara dalam Kegiatan Pengetahuan, peserta akan diberikan pengetahuan terkait pembibitan tanaman, komunikasi radio dan Informasi Tekhnologi, dua kegiatan lainnya merupakan Kegiatan Keterampilan dan Bakti Sosial serta Kegiatan Kreatifitas yang akan diberikan melalui permainan tradisional, pioneering dan beach clean atau bersih pantai di Desa Bukti serta pengetahuan Jurnalistik dan filateli.

Selain sebagai ajang kegiatan yang menarik, Jambore Cabang VI Kwarcab Buleleng merupakan ajang seleksi dalam kegiatan serupa ke tingkat daerah yang direncanakan berlangsung bulan desember mendatang di Pulau Serangan, Badung, selanjutnya para peserta yang terpilih juga mengikuti kegiatan Jambore Nasional yang direncanakan digelar bulan Juli 2011 di Teluk Agam Sumatera Selatan.

Sumber : Kwarcab Buleleng

STAIN Kediri adakan KMD

Hari ini tanggal 06 Nopember 2010 Racana KH. Hasyim Asyari-Fatmawati mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD) . Kegiatan ini diikuti oleh Penegak, Pandega, serta pembina se-Kota Kediri, dengan jumlah peserta sebanyak 66 orang.

KMD akan diadakan menjadi tiga bagian, yaitu tanggal 6-7, tanggal 13-14, dan tanggal 19-21 Nopember 2010. Yang keseluruhannya mengambil lokasi di sekitar kampus STAIN Kediri. Kegiatan yang yang mengambil tema "KMD sebagai Piranti dalam Meningkatkan SDM Pembina Pramuka yang Profesional" ini bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis Pembina Pramuka melalui Kepramukaan dalam satuan Pramuka.

Thursday, 4 November 2010

Menuju Muspanitera Jatim 2010

Di masa akhir kepengurusan Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda Gerakan Pramuka Jatim ini, DKD akan menggelar Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Putri Putra (Musppanitera) pada 19-21 November di Hotel Santoso, Selecta, Kota Wisata Batu. Musppanitera ini salah satunya ditujukan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua DKD baru untuk periode 2010-2015. Jelang pelaksanaannya, kini DKD menargetkan pendaftaran nama calon ketua dan wakil harus sudah masuk pada H-7 sebelum pelaksanaan atau sekitar 12 November.

Ketua DKD Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Zamzami Sabiq saat dikonfirmasi, Rabu (3/11) menjelaskan, kepastian waktu atau batas akhir masuknya nama calon itu telah disepakati  melalui proses rapat kelompok kerja (pokja) Musppanitera yang digelar Sabtu-Minggu (30-31 Oktober). Untuk pencalonan ketua dan wakil, rencananya diajukan dari tujuh korwil yang menaungi 38 DKD. Di antaranya adalah korwil Surabaya, Madura, Besuki, Malang, Kediri, Madiun, dan Bojonegoro.


“Dari tiap korwil akan mengajukan satu nama calon ketua dan satu nama calon wakil,” tuturnya. Namun, tiap korwil tak harus mengajukan calon dari daerah masing-masing. Bisa jadi, calon yang diajukan dari daerah lain atau dari pengurus DKD saat ini. Ia pun menargetkan, nama para calon akan dipastikan terkumpul seminggu sebelum pelaksanaan Musppanitera dilangsungkan.


Dari nama calon yang kini santer diperbincangkan antara DKC dan DKD yang akan menjadi kandidat ketua dan wakil ketua, yakni ada beberapa nama, seperti Ketua DKC Sumenep, Gresik, dan dua orang dari pengurus DKD saat ini.


Untuk proses pemilihan ketua dan wakil dalam Musppanitera akan digelar dalam waktu yang berbeda. Biasanya, pemilihan ketua dilakukan lebih dulu, baru dilanjutkan pemilihan wakil. Jika ketua terpilih adalah laki-laki, maka calon wakil laki-laki akan gugur dan yang maju sampai terpilih hanyalan calon perempuan saja. Begitupun sebaliknya, jika ketua terpilih adalah perempuan, maka wakil yang akan dipilih selanjutnya harus laki-laki.


Selain menyepakati batas akhir pendaftaran nama calon, rapat pokja juga membahas pembentukan dua komisi yang akan bertugas saat pelaksanaan Musppanitera. Dua komisi itu adalah pertama Komisi A yang bertugas melakukan pembahasan keorganisasian Dewan Kerja, menentukan persyaratan ketua, hingga menentukan komposisi DKD 5 tahun kedepan.


Sedangkan Komisi B bertugas menyusun rancangan kerja (renja) DKD jatim 2010-2015. Dalam renja itu akan ditekankan pada pembinaan dan peningkatan SDM penegak pandega, membuat rancangan kerjasama dengan organisasi lain, dan menyusun renja berbasis kemandirian dan abdi masyarakat.


Selain itu, kini pihaknya bersama pengurus DKD juga tengah melakuka penyelesaian laporan pertanggungjawaban periode kepengurusan 2005-2010. “Untuk LPJ, kami sudah menyiapkan dan kini tahap penyelesaian akhir. Besok sudah bisa selesai dan dan dicetak,” tuturnya.


Musppanitera akan diikuti oleh seluruh Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Jatim yang diwakili oleh Ketua dan Wakil Ketua DKC, Perwakilan satu orang dari DKD se-Jawa sebagai peninjau, dan dua orang perwakilan dari DKN sebagai narasumber.


Sumber : kominfo.jatimprov.go.id

Bukti Pengiriman

Ini adalah bukti pengiriman yang pernah memesan ke Scout Addict.
Kami akan membantu pengecekan barang kiriman apabila terjadi keterlambatan pengiriman
                                                                       

                                                                       

Pengiriman bisa menyesuaikan keingingan anda JNE, TIKI, POS, dll

Jambore Cabang IV Banjarnegara 2010

Bupati Banjarnegara Drs. Ir. Djasri, MM, MT Senin siang (01/11) bertempat di Taman Wisata Anglir Mendung, Paweden, membuka Jambore Cabang SD/MI IV Kwartir Cabang Pramuka Banjarnegara Tahun 2010. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda kepramukaan.

Pada kesempatan memberikan sambutan, Djasri mengingatkan bahwa gerakan pramuka merupakan suatu system pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan pramuka, lanjutnya, adalah wahana penting untuk membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa. “Saya berharap Jambore Cabang dapat menjadi wahana pembelajaran bagi adik-adik pramuka” katanya.

Lebih lanjut disampaikan dengan potensi jumlah anggota dan model pembinaan pramuka, persebaran organisasi yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara, pramuka mempunyai kekuatan dan potensi dalam membina generasi muda. Oleh karena itu, kata Djasri, lakukan upaya-upaya tertentu agar kegiatan pramuka menarik bagi generasi muda. “Saya minta lakukan peningkatan kualitas pembinaan, perluasan keterampilan serta pembenahan organisasi dan manajemen melalui revitalisasi Gerakan Pramuka” katanya.

Menurut Ketua Kwarcab Syamsudin, S. Pd., M. Pd. Jambore Cabang SD/MI IV Kwartir Cabang Pramuka Banjarnegara Tahun 2010 akan dilaksanakan dari tanggal 1 - 4. Jambore diikuti oleh 200 pramuka siaga putra dan 200 pramuka siaga putri. Tema yang diambil untuk kegiatan Jambore Cabang kali ini adalah Hidup Santun Selaras Budaya Bangsa. “Ini mengartikan bahwa kita berusaha menumbuhkan semangat dan rasa kebangsaan kepada generasi muda dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya” katanya.

Kegiatan rencananya akan diramaikan dengan giat saka dan giat pentas seni dan juga diisi dengan sejumlah kegiatan ceramah. Kegiatan yang dilaksanakan berupa api Unggun, permainan besar, halang rintang, langkah pramuka, pengenalan kompas, survival, jelajah alam, hasta karya, lomba pentas budaya, cerdas cermat, lomba K3 pertendaan, Lomba gelar ceria pramuka. “Meski kegiatan ini dibayangi datangnya hujan sewaktu-waktu, kami berharap seluruh peserta dan Pembina tetap semangat” imbuhnya.

Sumber : www.banjarnegarakab.go.id

Tuesday, 2 November 2010

KEMAH BUDAYA SERUMPUN

KEMAH BUDAYA SERUMPUN INDONESIA – MALAYSIA – BRUNEI DARUSSALAM TAHUN 2010


B. WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan Kemah Budaya Serumpun Indonesia – Malaysia – Brunei Darussalam dilaksanakan tanggal 14 s/d 18 Desember 2010.

C. TEMPAT

Kegiatan Kemah Budaya Serumpun Indonesia Malaysia – Brunei Darussalam Tahun 2010 akan dilaksanakan di Komplek Perkantoran Bupati Sambas , Kabupaten Sambas , Kalimantan Barat Indonesia

D. MOTTO

“ Bersatu, Berkarya, Berbudaya “

E. TEMA

“ Dengan Kemah Budaya kita tingkatkan persaudaraan bangsa serumpun “

SUB TEMA

“ Melalui Kemah Budaya Serumpun kita wariskan nilai-nilai luhur Budaya kepada generasi muda “

Download Pedoman Kemah Budaya

Kwarcab Pramuka Sawahlunto Adakan Seleksi Peserta PWN

Jelang diselenggarakannya Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) yang akan digelar digelar dari tanggal 22 sampai 29 November mendatang, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto akan melakukan seleksi peserta masing-masing 10 putera dan 10 puteri pramuka penegak.

Menurut rencana, kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada beberapa tempat yang berbeda, antara lain Buper Cakra Donya, Seulawah Scout Camp, serta Kabupaten Pidieyang.

Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kota Sawahlunto, Tumpak Abdurrahman mengatakan, sebelum mereka mengutus peserta yang akan dikirim ke PWN itu harus dilakukan seleksi terlebih dahulu, seperti seleksi administrasi, ujian tertulis, Tanda Kecakapan Umum (TKU) dan khusus, serta tes wawancara.

"Peserta seleksi berasal dari pramuka penegak, dari pangkalan gugus depan SLTA dan Satuan Karya (Saka), dengan disertai kelengkapan administrasi dari pangkalannya",ujar Tumpak.

Dalam seleksi ini, lanjutnya, memang cukup ketat dan harus selektif karena untuk mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu peserta didik yang benar-benar kreatif,cekatan.dan giat. pungkasnya.

Sumber : korandigital

Monday, 1 November 2010

Lomba Ketangkasan Pramuka 2010

Lomba ketangkasan pramuka yang digelar Korem 101 Antasari resmi ditutup Danrem 101 Antasari, kemarin (31/10). Upacara penutupan tersebut berlangsung tertib di halaman Korem 101 Antasari. Suasana tegang pun menghiasi ratusan peserta yang mengikuti kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT TNI yang ke-65 dan HUT Pramuka yang ke-46 itu. Sebab, setelah upacara penutupan, panitia mengumumkan para pemenang dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan sejak hari Sabtu (30/1) itu.

Kwarda Riau Lapor Polisi

Pencabutan atribut bendera pramuka oleh Satpol PP Pekanbaru memancing kemarahan para pengurus Kwartir Pramuka Riau. Alhasil, para pamong pemerintah ini pun akhirnya dilaporkan ke polisi, dengan tuduhan pelecehan terhadap organisasi pramuka.

Wakil Ketua Kwarda Pramuka Riau Bidang Organisasi, Hendro Ekuarso meminta aparat kepolisian menindak oknum Satpol PP Kota Pekanbaru, karena telah melecehkan organisasi Pramuka. Sebab, pencabutan itu dilakukan saat digelar Rapat Kerja Gerakan Pramuka Riau 30 Oktober lalu.

Dia menilai, sikap arogansi personil Satpol PP Pekanbaru yang mencopot seluruh atribut bendera Pramuka, tanpa alasan yang jelas. Padahal, gerakan Pramuka yang saat ini tengah gencar digalakkan Pemerintah Provinsi Riau dan Kwarda Pramuka ternyata disalah artikan oleh Satpol PP Pekanbaru yang dinilai arogan.

Dijelaskan Hendro, kejadian ini bermula ketika pihaknya melihat beberapa bendera pramuka yang dipasang di dua lokasi yakni jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, tepatnya di depan Hotel Anom dan di jalan Paus (Patimura, red) Rumbai hilang tiba-tiba.

"Setelah kami melakukan pengecekan kelapangan ternyata kami dan beberapa pihak yang melihat bendera itu dicopot oleh Satpol PP, setelah kami tanya kenapa bendera pramuka itu dicopot, katanya terpasang dijalur hijau, sementara kami memasang dipinggir jalan. Begitu pula dengan bendera kami dijalan Paus Rumbai, apakah itu jalur hijau, juga, tidak kan, itu bukan jalan protokol, jadi ini Satpol PP Pekanbaru itu mengada-ngada saja," ketusnya.

Tindakan Satpol PP dinilai Hendro sudah sangat dipolitisir, mengingat ketua Kwarda Pramuka Riau, Septina Primawati Rusli merupakan kandidat yang akan maju dalam pemilukada Kota Pekanbaru tahun 2011 mendatang.

"Dibendera itu tidak ada sedikitpun gambar Septina, tidak ada sedikitpun kata-kata kampanye ataupun nama buk Septina, jadi ini murni kegiatan kwarda Pramuka Riau. Untuk itu kami sangat menyangkan kejadian yang beraroma politik seperti ini," ungkapnya

Hendro melihat, pencabutan bendera pramuka ini peristiwa yang aneh. Karena selama ini juga banyak bendera partai politik di jalan protokol namun tidak ditertibkan satpol PP.

Untuk itu, Hendro mengaku sudah melaporkan instansi satpol PP Pekanbaru kepada pihak yang berwajib untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku. "Kami sudah lapor Poltabes Pekanbaru, biar polisi yang memprosesnya secara hukum, apa motif perbuatan oknum satpol PP Pekanbaru ini," ujar Hendro.

Sumber : Metro Riau

Diklatsar Saka Wana Bakti Jabar

Sebanyak 150 anggota pramuka tergabung dalam saka wanabakti se Jawa Barat dan Banten, Minggu (31/10) mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Dewan Saka Wana Bakti tingkat Jabar 2010 di Aula Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas, Desa Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

Kegiatan diklatsar Forum Komunikasi Dewan Saka Wana Bakti (FKDSB) Jabar tersebut sudah berjalan sejak Rabu (27/10) hingga Minggu (31/10).

Kegiatan tersebut diisi penyampaian materi dari berbagai nara sumber, di antaranya motivation building, managemen organisasi, managemen administrasi satuan, konservasi tanah dan air, pengelolaan lingkungan dan sampah.

Selain itu pada hari terakhir, Minggu (31/10) menghadirkan nara sumber Pemimpin Umum/Direktur Utama Harian Pikiran Rakyat, H. Syafik Umar menyampaikan materi bertajuk "Membangun jaringan informasi, berita sebagai urat nadi jurnalistik".

Sumber : Pikiran Rakyat