Rabu, 09 Maret 2011

Persiapan Perkempinas 2012

Guna mempersiapkan kegiatan Perkemahan Putri tingkat nasional tahun 2012 yang direncanakan akan diselenggarakan di Provinsi Jambi, tepatnya di Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan Rapat Persiapan Perkemahan Putri Tingkat Nasional Tahun 2012 (Perkempinas Tahun 2012) pada Selasa (8/3) di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, yang dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum.

Even ini merupakan kegiatan Gerakan Pramuka (GP), yakni perkemahan yang dilaksanakan dari, oleh, dan untuk Pramuka Penegak dan Pandega Putri (Usia 16-25 tahun) yang berasal dari seluruh Indonesia.

Perkempinas Tahun 2012 ini direncanakan diselenggarakan pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan November tahun 2012, yang diperkirakan akan diikuti oleh 5.542 orang, termasuk perwakilan negara asing, yaitu Malaysia, Australia, Brunei, Thailand, Singapura, dan Filipina).

Maksud, tujuan, dan sasaran Perkempinas ini adalah menyelenggarakan kegiatan pertemuan antar Pramuka putri yang bertujuan sebagai wahana menggalang persaudaraan antar sesama anggota Pramuka putri dari seluruh Indonesia dan negara sahabat, yang dititikberatkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Pramuka putri untuk memperluas dan meningkatkan kualitas, pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya.

Dalam sambutan dan arahannya, Wagub menghimbau seluruh pihak terkait agar sungguh-sungguh mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan Perkempinas tahun 2012 sebaik mungkin, yang mana persiapan tersebut sangat menentukan terhadap keberhasilan penyelenggaraan kegiatan dimaksud.

Untuk itulah rapat ini diadakan, yaitu supaya semua pihak terkait memiliki kesamaan pandangan dan pemahaman terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan, yang selanjutnya harus ditindaklanjuti dengan komunikasi, koordinasi, dan bahu-membahu diantara semua panitia, dengan tujuan untuk menyukseskan Perkempinas tersebut, ujar Wagub.

Kepada para wartawan, Wagub menyatakan bahwa pendanaan perkempinas Tahun 2012 tersebut bersumber dari APBD Provinsi Jambi dibantu APBN.

Sekda Provinsi Jambi selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Drs. A.M. Firdaus, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Provinsi Jambi menjadi tuan rumah even ini adalah dimulai dari gagasan Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) yang mengajukan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah dan hal ini disambut baik oleh jajaran Gerakan Pramuka di tingkat nasional.

Dengan menjadi tuan rumah, tentunya bisa berimplikasi positif bagi Provinsi Jambi karena Provinsi Jambi akan lebih dikenal di Indonesia, bahkan juga oleh negara-negara tetangga yang kelak akan menghadiri kegiatan dimaksud. Hal ini juga akan berimbas pada keuntungan ekonomis bagi Provinsi Jambi. Namun, agar benar-benar siap menjadi tuan rumah, banyak hal yang harus dibenahi.

Pembenahan seluruh aspek terkait inilah yang dikemukakan oleh Sekda Provinsi Jambi harus dipersiapkan dari sekarang, yang mana selanjutnya ia menyatakan bahwa dirinya akan menyampaikan kesiapan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah perkemahan putri tingkat nasional ini dalam musyawarah nasional Gerakan Pramuka, yang akan dilaksanakan pada 18 Maret 2011 di Cibubur.

Sekda Provinsi Jambi ini membeberkan contoh hal-hal yang harus dibenahi diantaranya air bersih, listrik, jalan, fasilitas MCK, tempat parkir, pos pengamanan, dan lain-lain.

Sekda juga mengemukakan bahwa Perkempinas 2012 ini merupakan yang ke-2, yang pertama diselenggarakan di Baubau, Sulawesi, artinya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah bisa menjadi tuan rumah Perkempinas 2012 tersebut.

Usai penyampaian sambutan dari Sekda Provinsi Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, rapat tersebut dilanjutkan dengan pembentukan panitia penyelenggara Perkempinas Tahun 2012 serta pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan even tersebut.

Turut hadir dalam rapat tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, perwakilan unsur Muspida Provinsi Jambi, para kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dan para undangan lainnya

Sumber : jambiprov

0 komentar:

Posting Komentar