Senin, 09 Mei 2011

Meningkatkan Mutu Pramuka Untuk Ketahanan Kepemudaan

LAMPUNG-Sebanyak 60 peserta terdiri dari Kepala Pusat Pendidikan & Latihan (Kapusdiklatda) dan Sekretaris Pusat Pendidikan dari seluruh Kabuptaen se-Provinsi Lampung mengikuti kegiatan “Sosialisasi Pembinaan Anggota Dewasa” bertempat di Gedung Pusdiklatda Intanpura, Rajabasa, Bandarlampung.Kegiatan ini sendiri berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 7-8 Mei.

Dalam kegiatan dengan tema “:Meningkatkan Kompetensi Pelatih Pembina Pramuka Sebagai Penjamin Mutu Pendidikan Kepramukaan tersebut turut dihadiri oleh Waka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bidang Pendidikan dan Penelitian Prof.,Dr Yana Cahyana Anggadirja serta Kapusdiklatnas Joko Mursito.

Sementara dari Kwarda Lampung turut mendampingi Waka II Bidang Binawasa Abdullah RM yang sekaligus membuka kegiatan serta Sekretaris Kwarda Syarif Hidayat.Termasuk hadir sejumlah andalan Kwarda.

Dalam laporan kegiatan yang dibacakan Ketua Panitia Pelaksana Sudarto,SE.,S.Pd.,yang mengatakan pelatih Pembina pramuka sebagai narasumber kepramukaan bagi anggota dewasa yang mempunyai tugas untuk mentransformasikan kemahiran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan dengan menarik.

Akan halnya dengan pusdik gerakan pramuka (Pusdiklat) kata Sudarto, merupakan bagian integral dari kwartir dan berfungsi sebagai wadah dan pelaksanaan pusat pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia anggota dewasa.

Dasar dari pelaksanaan kegiatan itu sendiri berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang gerakan Pramuka serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka.

Sementara Waka II Bidang Binawasa Abdullah RM dalam sambutannnya menenkankan dua acara ini juga merupakan suatu rangkaian dimana, selain kegiatan sosialisai pembinaan anggota dewasa, juga sekaligus menjaring atau memilih Kepala Pusdiklatda Kwarda Lampung. Untuk sementara calon yang ada kita jarring terlebih dahulu sambil menunggu keputusan dari Ka kwarda.

“leading sektor kepemimpinan Ka Pusdik yang baru nantinya jelas akan berkoordinasi dengan bidang Binawasa karena pada hakikatnya Pusdiklatda akan menjalankan kebijakan program-program dari bidang binawasa,” ujar Abdullah.

Dalam kesempatan itu juga dihadapan Waka Kwarnas Prof,.Dr,. Yana salah satu andalan Munatsir Amin mensosialisasikan salam pramuka yang tadinya hanya mengucapkan salam dan dibals salam, kali ini salam itu dalam bentuk lagu singkat. Saat ide ini dipraktekan di depan Prof.Dr,.Yana, cukup membuatnya terkesima. Bahkan Waka Kwarnas ini pun beberapakali meminta salam tersebut diulang. Akan hal Munatsir Amin adalah salah satu pencipta mars pramuka yang oleh Kwarnas ditetapkan sebagai mars pramuka nasional. Prestasi andalan Kwarda Lampung ini memang terkenal sejak tahun 1970 dengan ode-ide briliannya yang membuat kwarda Lampung jadi barometer nasioal.

Sumber : Poskota

0 komentar:

Posting Komentar