Selasa, 06 September 2011

LT II Kwarran Kesambi Kota Cirebon

PETUNJUK PELAKSANAAN
LOMBA TINGKAT II ( DUA ) REGU PRAMUKA PENGGALANG
TINGKAT KWARTIR RANTING KESAMBI
TAHUN 2011

I. PENDAHULUAN
Bahwa dalam rangka usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka, maka diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan yang menarik mengandung pendidikan, sehat dan berguna bagi hidup, kehidupan anak, remaja dan pemuda untuk saat ini dan masa depan mereka.

Sebagaimana telah digariskan bahwa segala bentuk kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan atas dasar Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan yang tujuan sasarannya adalah upaya pembinaan dan pengembangan watak serta pembinaan bangsa, yang bersumber pada kehidupan kodrati anak, remaja dan pemuda sehari-hari.
Kita tahu bahwa “ Berlomba “ merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai Tujuan Gerakan Pramuka.


Maksud dan tujuan Petunjuk Pelaksanaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai pegangan dan pedoman Gugus Depan dan Kwartir Ranting dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiataan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi tahun 2011.

Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang, disingkat LT yang dimaksud dalam petunjuk penyelenggaraan ini adalah Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan.
Kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang.
II. TUJUAN
Tujuan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi ini adalah untuk membina dan mengembangkan Penghayatan Kode Kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang Se- Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon.

III. SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai adalah agar setelah mengikuti LT para Pramuka Penggalang :
1. mengikuti batas tingkatan prestasinya yang wajib dicapai sesuai dengan tingkatannya;
2. meningkatakan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, serta semangatnya untuk maju terus pantang putus asa;
3. memperoleh tambahan pengalaman, ketrampilan dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan;
4. meningkatkan disiplin pribadinya, rasa tanggung jawabnya, dan kesetiannya terhadap regunya, pasukannya, gugusdepannya, dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya;
5. lebih memahami dan menghayati semangat kepramukaan beserta satya dan darmannya, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotong-royongan, dan kesetiakawanan.

IV. FUNGSI
Lomba Tingkat II adalah sarana untuk :
1. menerapkan dan menilai satya dan darma Pramuka, pengetahuan serta pengalaman yang diperoleh para Pramuka Penggalang dalam latihan-latihan di satuannya;
2. menyalurkan kegemaran para Pramuka Penggalang yang suka berlomba kearah kegiatan yang berguna dan bertujuan pendidikan;
3. membina dan mengembangkan kepemimpinan serta kemampuan mengelola regu dan kegiatannya;
4. membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan para Pramuka Penggalang;
5. memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penggalang melaksanakan kegiatan-kegiatan dari, oleh dan untuk kepentingan mereka dengan pengawasan dan tanggungjawab para Pembina Pramuka melalui sistem beregu;
6. mengevaluasi hasil usaha pembinaan para Pramuka Penggalang untuk dapat merencanakan pendidikan Pembina Pramuka yang sesuai.

V. PELAKSANAAN
a. Sebagai pelaksanana Lomba Tingkat II ini adalah Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kesambi Kota Cirebon, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon, Pembina Pramuka, Pembantu Pembina Pramuka dan Tokoh Masyarakat yang ditunjuk Kwartir Ranting Kesambi.
b. Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi dilaksanakan dalam bentuk Perkemahan dengan tetap menganut system Satuan Terpisah antara Putra dan Putri.
c. Lamanya Perkemahan yang dimaksud adalah selama 3 (tiga) hari dan dilaksanakan pada hari / tanggal 16 s.d 18 September 2011
d. Tempat pelaksanaan LT II Kwarran Kesambi bertempat di Bumi Perkemahan Kebon Pelok Jl. Pramuka Kel. Kalijaga Kec, Harjamukti Kota Cirebon ( Sekitar Kantor Sekretariat Kwarcab Kota Cirebon ).
e. Setiap Peserta Lomba Tingkat agar senantiasa menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan terhadap kerukunan, Persaudaraan, Kejujuran, Kesehatan, Ketentraman dan Keamanan harta benda serta lingkungan perkemahan.
f. Lomba Tingkat II ini akan dilaksanakan dalam suasana riang dan gembira, persaudaraan, gotong royong dan saling membantu, serta senantiasa member kesan yang baik kepada para peserta, Panitia Pelaksana, para orang tua dan masyarakat.


VI. KEGIATAN DALAM LOMBA TINGKAT
A. Acara kegiatan LT II ini bersumber pada dasar dan nilai-nilai :
1. Agama;
2. Filsafat Pancasila;
3. Jiwa Perjuangan 1945;
4. Ketahanan Nasional;
5. Persahabatan dan Kekeluargaan;
6. Perkembangan Ekonomi, Sosial dan Teknologi;
7. Seni Budaya, Kesehatan, Kesejahteraan dan Kelestarian Lingkungan Hidup;
8. Keamanan dan Ketertiban Masyarakat;
9. Adat Istiadat dan tata susila;
10. Kepemimpinan dan Kewirausahaan;

B. Kegiatan-kegiatan dalam LT II :
1. Dilandasi Jiwa Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka serta mengutamakan Kejujuran, Kebenaran dan sportivitas;
2. Dilaksanakan dengan Sistem Among dan Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan, khususnya system Beregu.
3. LT II ini menggunakan istilah BERPRESTASI untuk menggantikan istilah MENANG dan JUARA dengan maksud menghindari perbuatan-perbuatan yang semata-mata untuk mengejar kemenangan dan kejuaraan, melainkan untuk meningkatkan prestasi serta Kesehatan Mental dan fisik para peserta, yang disesuaikan dengan aspirasi, minat dan kemampuan para peserta, serta kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

C. Kelompok Materi yang dilombakan pada LT II ini adalah sebagai berikut :
1. Kelompok Satu
a. Mental;
b. Agama;
c. Patriotisme;
d. Sikap Masyarakat;
2. Kelompok Dua
a. Ketrampilan dan Kecakapan;
b. Ketangkasan;
c. Karya dan Usaha;
d. Praktek Ketatalaksanaan Regu Praktis;
3. Kelompok Tiga
a. Pengetahuan;
b. Kesehatan;
c. Kebersihan;
d. Kerapihan;


D. Materi Kegiatan dalam LT II ini diambil dari :
1. Syarat-syarat Kecakapan Umum ( SKU );
2. Kegiatan-kegiatan rutin yang diberikan dalam tiap-tiap latihan disatuannya masing-masing, termasuk data-data tata laksana regu;
3. Kegiatan-kegiatan dalam rangka mempersiapkan diri membangun masyarakat seperti yang termaktub dalam Trisatya untuk Pramuka Penggalang.

VII. PESERTA DAN PERSYARATAN PESERTA
Peserta Lomba Tingkat II Kwarran Kesambi adalah para anggota Pramuka Penggalang yang terhimpun dalam regu-regu anggota Pasukan Penggalang dari tiap-tiap Gugus Depan yang diatur sebagai berikut :
1. LT II yang diadakan di tingkat Kwarran Kesambi diikuti oleh 1 (satu) atau 2 (dua) regu Penggalang berprestasi yang dihasilkan oleh Lomba Tingkat – I ( Gugus Depan ).
2. Regu-regu Penggalang yang berprestasi pada LT II ini secara otomatis akan disertakan pada Lomba Tingkat III yang akan diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Cirebon;
3. Persyaratan peserta LT II Kwarran Kesambi ini adalah sebagai berikut :
a. Setiap Regu Pramuka Penggalang harus memiliki anggota Regunya sedikitnya 8 atau sebanyak-banyaknya 10 orang Pramuka Penggalang.
b. Tiap anggota Regu memiliki Kartu Tanda Anggota, atau bagi anggota yang belum dilantik membawa surat keterangan dari Pembina Gugus Depan yang bersangkutan;
c. Usia pada saat mengikuti LT II ini peserta harus berumur 11 tahun dan belum 16 Tahun;
d. Semua Tanda Kecakapan baik umum maupun khusus yang telah dicapai disertai keterangan resmi dari pembinanya dan kapan diperolehnya;
e. Setia membayar iuran Gugus Depan kepada kwartirnya.

VIII. PENILAIAN LOMBA TINGKAT
Tim Penilai :
Untuk memberikan penilaian kepada setiap peserta LT dalam usahanya mencapai batas tingkat sebagai Regu Penggalang Berprestasi di bentuk Tim Penilai terdiri dari para Andalan Kwartir, Pembina dan Pembantu Pembina Penggalang, para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang ditunjuk Panitia Pelaksana.
Penilaian :
Seluruh kegiatan dalam LT yang dinilai, dibagi dalam tiga kelompok, yaitu:
a. Kelompok Satu
1) Mental;
2) Agama;
3) Patriotisme;
4) Sikap bermasyarakat
b. Kelompok Dua
1) Keterampilan dan kecakapan;
2) Ketangkasan;
3) Karya dan Usaha;
4) Praktek ketatalaksanaan secara praktis
c. Kelompok Tiga
1) Pengetahuan;
2) Kesehatan;
3) Kebersihan;
4) Kerapihan

Cara Menilai :
Penilaian kegiatan dalam LT II ini dilakukan sebagai berikut:
a. Dilakukan dengan cara memberi nilai angka untuk setiap kegiatan
b. Ada 3 macam Regu Pramuka Penggalang Berprestasi yaitu:
1) Regu Pramuka Berprestasi Cukup.
2) Regu Pramuka Berprestasi Baik
3) Regu Pramuka Berprestasi Tinggi
c. Untuk menentukan regu berprestasi cukup, regu berprestasi baik, regu berprestasi tinggi dilakukan dengan cara menjumlah nilai-nilai kegiatan dalam kelompok kegiatan masing-masing, kemudian nilai-nilai kelompok dijumlah menjadi nilai akhir.

IX. TANDA PENGHARGAAN
a. Setiap Pramuka Penggalang peserta LT II ini diberi Tanda Penghargaan telah mengikuti LT berupa Piagam atau bentuk lain yang sederhana;
b. Setiap Regu Peserta LT II akan diberikan Tanda Penghargaan telah mengikuti LT II berupa Piagam atau bentuk lain;
c. Setiap Regu yang berprestasi cukup, regu berprestasi baik dan regu berprestasi tinggi akan diberikan Trofi / Piala dan Piagam Penghargaan, serta mewakili Kwarran Kesambi untuk mengikuti Lomba Tingkat III yang diselenggarakan Kwarcab Kota Cirebon.

X. BIAYA PENDAFTARAN dan KETENTUAN LAIN
A. Biaya Pendaftaran Peserta LT II Kwarran Kesambi
1. Biaya Pendaftaran masing-masing Regu Pramuka Penggalang @ Rp. 100.000,- ( Seratus Ribu Rupiah ) dibuktikan dengan Kwitansi Pendaftaran yang nanti dapat dipergunakan sebagai syarat daftar ulang peserta di lokasi LT II dan Penomoran Kapling Tenda Peserta.
2. Lampiran pendaftaran peserta meliputi :
a. Nama Regu dan pangkalan Pramuka Penggalang Pa/Pi
b. Jumlah anggota Regu Pa /Pi
c. Setiap peserta mengisi Biodata Peserta yang telah disediakan ( terlampir )
3. Tempat pendaftaran di Sekretariat Kwartir Ranting Kesambi Jl. Dr. Sudarsono No. 16 Telp. 0231 – 243292 Cirebon 45134 ( Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon ).
4. Batas waktu pendaftaran peserta sampai dengan tanggal 10 September 2011
5. Teknical Meeting Peserta LT II yang diwakili oleh Ketua Regu / Pembina Gudep akan dilaksanakan pada tanggal 13 September

B. Ketentuan Lain :
a. Lambang, bendera dan tanda-tanda lain yang dipergunakan dalam kegiatan LT II ini dibuat dengan memperhatikan ketentuan Kwarnas tentang Lambang Gerakan Pramuka.
b. Tanda-tanda yang diperoleh para peserta selama mengikuti LT, boleh digunakan di seragam Pramuka selama LT berlangsung dan hingga satu bulan setelah saat berakhirnya LT.
c. Petunjuk Penyelenggaraan LT II Kwarran Kesambi ini merupakan pedoman umum yang telah dikembangkan sesuai dengan keperluan situasi dan kondisi saat ini dengan tanpa bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka / Petunjuk Penyelenggaraan LT yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

XI. PENUTUP
Demikian Petunjuk Penyelenggaraan LT II Kwarran Kesambi ini kami sampaikan, semoga menjadi panduan dalam suksesi penyelenggaran Lomba Tingkat II di Kwartir Ranting Kesambi ini.

Cirebon, 14 Agustus 2011
PANITIA PELAKSANA LOMBA TINGKAT II
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR RANTING KESAMBI – KOTA CIREBON
TAHUN 2011
Ketua, Sekretaris,

NUNUNG SURYATNA, SE-MT SUNARDI-MT

Mengetahui :
KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA
KESAMBI – KOTA CIREBON
Ketua,



TOTO SUPARTO, SE, MM.MPd

Sumber : soetirman

0 komentar:

Posting Komentar