Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Wednesday, 28 September 2011

LT 3 Kwarcab Kota Makassar

MAKASSAR, Jika tak ada aral melintang, akhir Oktober 2o11, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Makassar akan menggelar Lomba Keterampilan Pramuka Penggalang tingkat Kota Makassar (LT III) di Bumi Perkemahan Ca`dika Bulurokeng.

Ketua Kwarcab Makassar, Ibrahim Saleh mengatakan, LT III tersebut merupakan lomba ketangkasan dan keterampilan Pramuka khusus anggota Pramuka golongan Penggalaang tingkat SD dan SMP se Kota Makassar.

Sebelum pelaksanaan LT III, lanjut Ibarahim, diwajibkan kepada seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) (14 Kecamatan) agar mengadakan seleksi peserta di tingkat Kecamatan (LT II). "Peserta LT III adalah pemenang lomba ditingkat Kecamatan. Begitupula dengan pemenang di LT III akan mewakili Makassar ke LT IV atau tingkat Propinisi. Selanjutnya, yang menang di LT IV berhak mewakili Sulsel ke tingkat Nasional," ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Selasa (20/9).

Dia menjelaskan, kegiatan lima tahunan ini dilaksanakan secara berjenjang hingga ke tingkat Nasional (LT V). Kegiatan LT V tersebut dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada tahun 2012.

Dihubungi terpisah, Sekertaris Kwarcab Makassar, H Andi Burhanuddin Ahmad, S.Sos menjelaskan, LT III ini merupakan ajang seleksi peserta didik pramuka golongan penggalang untuk mengikuti lomba tingkat Nasional.

LT III ini, lanjut Burhanuddin, dilaksanakan dalam bentuk perkemahan penuh dengan melaksanakan 18 jenis mata lomba diantaranya lomba keterampilan (teknik) pramuka, seni dan budaya, lomba keagamaan dan lomba ketangkasan pramuka lainnya.

Sumber : beritakota

Saturday, 24 September 2011

Purworejo Perbanyak Pembina Pramuka Berkualitas

PURWOREJO - Purworejo yang telah dicanangkan sebagai Kabupaten Pramuka sejak tahun 2004, hingga kini terus berupaya meningkatkan kualitas dan mengejar prestasi. Bahkan Purworejo telah mentargetkan jumlah pembina Pramuka antara satu banding 15.

“Idealnya satu pembina 25 anak didik atau satu banding 25. Kini Purworejo telah mencapai satu bandung 23. Tapi target kita satu banding 15,” jelas Dra Titik Mintarsih, pimpinan kursus (Pinsus) pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) 2011 di Bumi Perkemahan (Bumper) Arga Putra Purworejo, Jumat (23/9).

Menurut Titik Mintarsih, prestasi Pramuka Purworejo sejak dicanangkan sebagai Kabupaten Pramuka sudah semakin tampak, bahkan terakhir dalam lomba Kwartir Tergiat tingkat Jawa Tengah, Purworejo berhasil menyabet sekaligus empat dari lima kejuaraan yang diperebutkan.

Khursus ini katanya, untuk memberikan bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalu kepramukaan dalam menerapkan nilai-nilai kepramukaan yang mengarah kepada pendidikan karakter secara efektif dan efisien.

Sedang metode kursus disajikan dengan pendekatan androgogi, berfokus pada pembelajaran diri secara interaktif dengan melibatkan peserta secara langsung.

Sumber : krjogja.com

SDN Pasir Gadung Biasakan Senam Pramuka

CIRANJANG – Sekolah Dasar Negeri Pasir Gadung Desa Karang Wangi selalu membiasakan siswa-siswi melakukan senam pramuka setiap hari Jum’at. Senam pramuka sendiri bertujuan, untuk kesehatan jasmani maupun rohani siswa. “Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya memotivasi siswa dan siswi untuk mencintai olahraga serta membiasakan hidup sehat melalui olahraga,” kata Kepsek SDN Pasir Gadung, Ajud (59), kemarin. Menurutnya, selama sekolah ini membiasakan olahraga senam pramuka, setiap bulannya data murid yang sakit mulai berkurang.

”Senam pramukamemberikan kebugaran pada tubuh kita, karena gerakan-gerakan pada senam akan mampu meningkatkan kerja tubuh dan melenturkan otot-otot yang kaku. Setelah melakukan senam, jelas akan membuat tubuh bugar serta pikiran siswa-siswi pun akan sehat,” ujarnya. Ajud menuturkan, senam pramuka dimaksudkan juga agar generasi pemuda bangsa Indoensia, khususnya Cianjur, senantiasa sehat jasmani dan rohani. “Mudah-mudahan terbiasanya olah raga tidak hanya akan membuat tubuh sehat. Lebih dari pada itu, sisi rohani akan senantiasa sehat “imbuhnya.

Friday, 23 September 2011

Nesting


 

Nesting

Harga hubungi 0812 1774 6083

Kwarcab Tulungagung Beri Bantuan Air Bersih

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tulungagung memberikan bantuan air bersih kepada warga masyarakat yang membutuhkan di dua desa daerah Kecamatan Tanggunggunung (Desa Tenggalrejo Tanggunggunung dan Desa Pakisrejo Kecamatan Tanggunggunung) pada rabu 21 September 2011 pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Warga yang menerima bantuan air sebanyak tiga tangki tersebut setelah menerima mengucapkan terimasaih atas Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tulungagung Kab. Tulungagung yang telah mau membantu menyalurkan bantuan air bersih, kepada mereka, hal ini karena Bak penampungan air milik warga banyak yang kering di musim kemarau karena sumbernya dari perbukitan juga mulai berkurang.

Menurut Suyoto warga Dusun Ngayem desa Tenggalrejo Tanggunggunung Kekeringan di desanya sudah berjalan semenjak dua bulan lalu, untuk mencari air dirinya bersama warga desa mengandalkan air sungai di daerah Dusun Pakis sekitar 2 km, "Biasanya saya pakai air PAM namum sekarang airnya kering, saya dan warga terpaksa mencari air di sungai daerah Pakis yang jaraknya sekitar 2 KM dari rumah, untuk itu saya merasa senang mendapatkan bantuan air dari pramuka seperti sekarang," ujarnya.

Hal senada juga diucapkan Estiweni asal dusun Pakisrejo Desa Pakisrejo kec Tanggunggunung, "Dalam mencukupi kebutuhan air warga biasanya mencari air di di mata air terdekat yang jaraknya sekitar 1 km dari rumah mereka," ungkap Esti pada Reporter News Room.

Menurut Sekertaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tulungagung Ambyah Sahla pemberian air bersih yang dilakukan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tulungagung adalah melakukan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke 50 tahun.

"Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tulungagung terhadap warga yang membutuhkan, untuk jumlahnya pada hari ini ada 3 tangki yang diperuntukkan pada dua desa, kegiatan pemberian bantuan air bersih ini sementara akan berjalan hingga tanggal 26 September 2011 dengan bentuk bantuan per hari 1 tangki air yang rencananya akan di distribusikan di seluruh Desa se wilayah Kecamatan Tanggunggunung, pemberian tiap hari dengan tempat berubah-ubah," ujar Ambyah pada reporter.

Pengumuman Pengiriman

Terhitung mulai tanggal 22 September 2011 kami dari manajemen Kedai Pramuka Scout Addict | Scout Addict indonesia tidak akan mempublikasikan pengiriman yang berupa foto seperti yang bisa kami lakukan. Laporan pengiriman akan kami posting secara sederhana. Bagi kakak-kakak yang memesan dapat meminta nomor pengiriman dengan menghubungi kami langsungjika no pengiriman yang kami berikan setelah pengiriman hilang atau terhapus

Kami selalu siap membantu dan bekerjasama dengan kakak-kakak di seluruh Indonesia

Sunday, 18 September 2011

Pesanan dari Buleleng

Terima kasih kepada kak Suartawan dari Buleleng Bali yang telah menunggu sampai pembuatan pesanan kami. Kedai Pramuka Scout Addict siap bekerjasama dengan Pramuka Buleleng

Thursday, 15 September 2011

LPK DKI Jakarta 2011

LPK DKI Jakarta

Nama Kegiatan :
LPK DKI Jakarta 2011

Waktu dan Tempat Pelaksanaan :
Kamis-Minggu, 29 September 2011 - 1 Oktober 2011
Rindam Jaya, Jakarta Timur

Agenda/Materi LPK yang akan digelar adalah :
Leadership
Human Relation and Public Relation
Comunicatiion and Motivation
Outbond

Dan masih banyak lagi materi lainnya. Klo gak percaya, langsung aja gabung untuk mengikuti kegiatan LPK DKI Jakarta 2011. Oke Coyy..

PAKET DKI Jakarta
HTML Rp 150.000,00 per orang
Fasilitas peserta :
T-Shirt
Sertifikat
Tiska
Konsumsi
Outbond
Penginapan

PAKET LUAR DKI JAKARTA
HTML Rp200.000,00 per orang
Fasilitas Peserta :
1. T-Shirt
2. Sertifikat
3. Tiska
4. Konsumsi
5. outbond
6. Penginapan

PERSYARATAN PESERTA DAN TATA CARA PENDAFTARAN

Persyaratan Peserta :
Umum
Anggota Dewan Kerja Daerah, Cabang, Ranting dan Racana
Berusia 17-22 Tahun
Sehat Jasmani dan Rohani

Adminitrasi
Mengisi formulir kegiatan
Foto copy KTA 3 lembar
Surat mandat dari kwartir cabang atau kwartir daerah setempat
Surat keterangan sehat dari dokter
Foto 3x4 sebanyak 2 lembar
Membayar biaya pelatihan sebesar Rp. 150.000,00 /orang (DKI Jakarta) dan Rp. 200.000,00 /orang (Luar DKI Jakarta)
Membuat Karya Tulis Ilmiah tentang Kepemimpinan dalam Gerakan pramuka dalam bentuk soft dan Hard Copy (batas minimum 15 halaman)i

Perlengkapan
a. Seragam Pramuka Lengkap
b. Pakaian ganti secukupnya
c. Membawa pakaian olahraga dan lapangan
d. membawa obat-obatan pribadi
e. Ponco atau rain coat
f. Membawa peralatan mandi
g. peralatan Sholat
h. sleping bag atau matras
i. peralatan makan

Pendaftaran dengan mengirimkan identitas :
"DAFTAR LPK DKI Jakarta 2011#Nama#Tanggal Lahir#Jeniskelamin#NomorHP# Email
Dapat di kirim ke salah satu kontak kami :
- Email : adhamhoky@gmail.com
- SMS : 0856 9197 9012 (adham)

BIAYA
> HTML DKI Jakarta Rp 150.000,00 per orang
> HTML Luar DKI Jakarta Rp. 200.000,00 per orang
Membayar biaya pendaftaran terbagi menjadi dua cara :
a. (Transfer) Pembayaran sebesar Rp 150.000,00 (DKI Jakarta) atau Rp. 200.000,00 (luar DKI Jakarta) secara transfer sebelum tanggal 22 September 2011

Transfer ke :
- Bank BRI No. Rek. 0382-01-009467-50-2 a.n Ade Darmawan

Catatan :
1. Setelah melakukan transfer harap mengirimkan konfirmasi melalui SMS ke adham – 0856 9197 9012 dengan menyebutkan Nama# jumlah uang yang di transfer#paket.
2. Struk/Resi Transfer harap disimpan, ditunjukkan ke bagian daftar ulang
3. Keikutsertaan setelah uang di transfer tidak bisa dibatalkan, tetapi nama peserta bisa digantikan. artinya uang yang telah di transfer tidak dapat di tarik kembali.

b. (Tunai) Mendatangi langsung sekretariat Dewan Kerja Daerah (DKD) DKI Jakarta di Jl. Dipenogoro No.26, Menteng Jakarta Pusat sebelum tanggal 22 Septemebr 2011

Pendaftaran dibuka dari tanggal 12 - 25 September 2011 (Kuota peserta terbatas)

Informasi lebih lanjut ke :
Ade Darmawan (Adham)
Ketua Pelaksana LPK DKI Jakarta 2011
HP : 0856 9197 9012,
email : adhamhoky@gmail.com
Organized by DKD DKI Jakarta
Facebook : DKD DKI Jakarta
Email : eventdkddki@yahoo.com

Sumber : fb ade darmawan

Pesanan dari Tangerang

Terimakasih kepada kak Al Husna dari Pramuka Tangerang atas pesanan topi pet loreng Pramuka, semoga berkenan kami tunggu pesanan selanjutnya

Dive Pramuka Emas 2011

Mari kita sukseskan Dive Pramuka Emas 2011 dengan kegiatan utama pengembangan bendera Merah Putih 1000m persegi oleh sedikitnya 1000 penyelam. Yang akan dilaksanakan di Pasir Putih Situbondo Jawa Timur pada 22-23 Oktober 2011.

Bagi kakak-kakak yang ingin ikut silahkan lihat edarannya di sini

Sumber : pramukarek

Pesanan dari Minahasa Selatan

Terima kasih kepada kak Henry K dari Amurang Minsel atas pesanannya, Kedai Pramuka Scout Addict selalu siap bekerjasama dengan Pramuka Minahasa Selatan

Pesanan dari Tangerang

Terimakasih kepada kak Hadi yang telah memesan celana loreng pramuka di kedai pramuka scout addict, Semoga berkenan dan kami tunggu pesanan selanjutnya

Tuesday, 13 September 2011

Pesanan dari Denpasar

Terimakasih kepada kak Dedy dari Denpasar telah memesan di kedai pramuka Scout Addict, semoga berkenan, kami tunggu pesanan selanjutnya

Monday, 12 September 2011

LT 3 Kwarcab Buleleng

Di bulan September ini, 18 regu Pramuka Penggalang dari Sembilan Kwartir Ranting atau Kecamatan di Buleleng akan diuji kemampuannya melalui kegiatan Lomba Tingkat, LT III Regu Pramuka Penggalang yang dijadwalkan berlangsung di Monumen Perjuangan Bhuwana Kertha Desa Panji Kecamatan Sukasada.

Kegiatan LT III pada tahun ini merupakan kegiatan lima tahunan dan ajang bergengsi bagi Pramuka Penggalang untuk meraih sebagai regu yang terbaik, sebab dalam kegiatan Lomba Tingkat Regu Penggalang itu dilakukan secara berjenjang mulai dari Gugus Depan dengan mengelar LT I dan dilanjutkan ke tingkat Kwartir Ranting dengan mengelar LT II. Dalam kegiatan yang dikemas melalui perkemahan itu dibagi dalam tujuh paket kegiatan yang diikuti secara berputar para peserta lomba tinggkat penggalang.

Rencana kegiatan LT III yang digelar selama empat hari mulai 22 hingga 25 September 2011 melombakan 27 jenis lomba yang terbagi dalam tiga bidang utama, diantaranya Bidang Mental Spritual dan Patriotisme dengan 5 kegiatan, Bidang Keterampilan dan Ketangkasan Pramuka yang terbagi dalam 18 kegiatan dan Bidang Pengetahuan, Kesenian dan kebudayaan yang terbagi dalam 4 kegiatan.

Sunday, 11 September 2011

20 Ribu Pramuka Pecahkan Rekor MURI

Makassar, Sebanyak 20 ribu anggota Pramuka Kwartir Cabang Makassar, memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai senam Pramuka dengan peserta terbanyak di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/9).

Koordinator acara Anand Pangerang menjelaskan, pemecahan rekor senam Pramuka tersebut merupakan bagian dari kegiatan Parade Terampil Pramuka Makassar sebagai upaya menggalakkan Gerakan Pramuka, khususnya bagi generasi penerus bangsa.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kwartir Makassar Ilham Arief Sirajuddin yang juga Wali Kota Makassar juga mencanangkan wajib senam Pramuka di seluruh sekolah di Makassar setiap Jumat.

Di tengah kegiatan pemecahan rekor senam, Ketua Kwartir Nasional Pramuka yang juga Menteri Pemuda Olah Raga Andi Alifian Mallarangeng bersama Ketua Kwartir Daerah Pramuka Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Ketua Mabicab Makassar Ilham Arief Sirajuddin ikut melaksanakan senam bersama di tengah-tengah peserta.

Tuesday, 6 September 2011

LT II Kwarran Kesambi Kota Cirebon

PETUNJUK PELAKSANAAN
LOMBA TINGKAT II ( DUA ) REGU PRAMUKA PENGGALANG
TINGKAT KWARTIR RANTING KESAMBI
TAHUN 2011

I. PENDAHULUAN
Bahwa dalam rangka usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka, maka diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan yang menarik mengandung pendidikan, sehat dan berguna bagi hidup, kehidupan anak, remaja dan pemuda untuk saat ini dan masa depan mereka.

Sebagaimana telah digariskan bahwa segala bentuk kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan atas dasar Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan yang tujuan sasarannya adalah upaya pembinaan dan pengembangan watak serta pembinaan bangsa, yang bersumber pada kehidupan kodrati anak, remaja dan pemuda sehari-hari.
Kita tahu bahwa “ Berlomba “ merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai Tujuan Gerakan Pramuka.


Maksud dan tujuan Petunjuk Pelaksanaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai pegangan dan pedoman Gugus Depan dan Kwartir Ranting dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiataan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi tahun 2011.

Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang, disingkat LT yang dimaksud dalam petunjuk penyelenggaraan ini adalah Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan.
Kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang.
II. TUJUAN
Tujuan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi ini adalah untuk membina dan mengembangkan Penghayatan Kode Kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang Se- Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon.

III. SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai adalah agar setelah mengikuti LT para Pramuka Penggalang :
1. mengikuti batas tingkatan prestasinya yang wajib dicapai sesuai dengan tingkatannya;
2. meningkatakan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, serta semangatnya untuk maju terus pantang putus asa;
3. memperoleh tambahan pengalaman, ketrampilan dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan;
4. meningkatkan disiplin pribadinya, rasa tanggung jawabnya, dan kesetiannya terhadap regunya, pasukannya, gugusdepannya, dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya;
5. lebih memahami dan menghayati semangat kepramukaan beserta satya dan darmannya, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotong-royongan, dan kesetiakawanan.

IV. FUNGSI
Lomba Tingkat II adalah sarana untuk :
1. menerapkan dan menilai satya dan darma Pramuka, pengetahuan serta pengalaman yang diperoleh para Pramuka Penggalang dalam latihan-latihan di satuannya;
2. menyalurkan kegemaran para Pramuka Penggalang yang suka berlomba kearah kegiatan yang berguna dan bertujuan pendidikan;
3. membina dan mengembangkan kepemimpinan serta kemampuan mengelola regu dan kegiatannya;
4. membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan para Pramuka Penggalang;
5. memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penggalang melaksanakan kegiatan-kegiatan dari, oleh dan untuk kepentingan mereka dengan pengawasan dan tanggungjawab para Pembina Pramuka melalui sistem beregu;
6. mengevaluasi hasil usaha pembinaan para Pramuka Penggalang untuk dapat merencanakan pendidikan Pembina Pramuka yang sesuai.

V. PELAKSANAAN
a. Sebagai pelaksanana Lomba Tingkat II ini adalah Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kesambi Kota Cirebon, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Kesambi Kota Cirebon, Pembina Pramuka, Pembantu Pembina Pramuka dan Tokoh Masyarakat yang ditunjuk Kwartir Ranting Kesambi.
b. Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Kesambi dilaksanakan dalam bentuk Perkemahan dengan tetap menganut system Satuan Terpisah antara Putra dan Putri.
c. Lamanya Perkemahan yang dimaksud adalah selama 3 (tiga) hari dan dilaksanakan pada hari / tanggal 16 s.d 18 September 2011
d. Tempat pelaksanaan LT II Kwarran Kesambi bertempat di Bumi Perkemahan Kebon Pelok Jl. Pramuka Kel. Kalijaga Kec, Harjamukti Kota Cirebon ( Sekitar Kantor Sekretariat Kwarcab Kota Cirebon ).
e. Setiap Peserta Lomba Tingkat agar senantiasa menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan terhadap kerukunan, Persaudaraan, Kejujuran, Kesehatan, Ketentraman dan Keamanan harta benda serta lingkungan perkemahan.
f. Lomba Tingkat II ini akan dilaksanakan dalam suasana riang dan gembira, persaudaraan, gotong royong dan saling membantu, serta senantiasa member kesan yang baik kepada para peserta, Panitia Pelaksana, para orang tua dan masyarakat.


VI. KEGIATAN DALAM LOMBA TINGKAT
A. Acara kegiatan LT II ini bersumber pada dasar dan nilai-nilai :
1. Agama;
2. Filsafat Pancasila;
3. Jiwa Perjuangan 1945;
4. Ketahanan Nasional;
5. Persahabatan dan Kekeluargaan;
6. Perkembangan Ekonomi, Sosial dan Teknologi;
7. Seni Budaya, Kesehatan, Kesejahteraan dan Kelestarian Lingkungan Hidup;
8. Keamanan dan Ketertiban Masyarakat;
9. Adat Istiadat dan tata susila;
10. Kepemimpinan dan Kewirausahaan;

B. Kegiatan-kegiatan dalam LT II :
1. Dilandasi Jiwa Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka serta mengutamakan Kejujuran, Kebenaran dan sportivitas;
2. Dilaksanakan dengan Sistem Among dan Prinsip-Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan, khususnya system Beregu.
3. LT II ini menggunakan istilah BERPRESTASI untuk menggantikan istilah MENANG dan JUARA dengan maksud menghindari perbuatan-perbuatan yang semata-mata untuk mengejar kemenangan dan kejuaraan, melainkan untuk meningkatkan prestasi serta Kesehatan Mental dan fisik para peserta, yang disesuaikan dengan aspirasi, minat dan kemampuan para peserta, serta kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

C. Kelompok Materi yang dilombakan pada LT II ini adalah sebagai berikut :
1. Kelompok Satu
a. Mental;
b. Agama;
c. Patriotisme;
d. Sikap Masyarakat;
2. Kelompok Dua
a. Ketrampilan dan Kecakapan;
b. Ketangkasan;
c. Karya dan Usaha;
d. Praktek Ketatalaksanaan Regu Praktis;
3. Kelompok Tiga
a. Pengetahuan;
b. Kesehatan;
c. Kebersihan;
d. Kerapihan;


D. Materi Kegiatan dalam LT II ini diambil dari :
1. Syarat-syarat Kecakapan Umum ( SKU );
2. Kegiatan-kegiatan rutin yang diberikan dalam tiap-tiap latihan disatuannya masing-masing, termasuk data-data tata laksana regu;
3. Kegiatan-kegiatan dalam rangka mempersiapkan diri membangun masyarakat seperti yang termaktub dalam Trisatya untuk Pramuka Penggalang.

VII. PESERTA DAN PERSYARATAN PESERTA
Peserta Lomba Tingkat II Kwarran Kesambi adalah para anggota Pramuka Penggalang yang terhimpun dalam regu-regu anggota Pasukan Penggalang dari tiap-tiap Gugus Depan yang diatur sebagai berikut :
1. LT II yang diadakan di tingkat Kwarran Kesambi diikuti oleh 1 (satu) atau 2 (dua) regu Penggalang berprestasi yang dihasilkan oleh Lomba Tingkat – I ( Gugus Depan ).
2. Regu-regu Penggalang yang berprestasi pada LT II ini secara otomatis akan disertakan pada Lomba Tingkat III yang akan diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Cirebon;
3. Persyaratan peserta LT II Kwarran Kesambi ini adalah sebagai berikut :
a. Setiap Regu Pramuka Penggalang harus memiliki anggota Regunya sedikitnya 8 atau sebanyak-banyaknya 10 orang Pramuka Penggalang.
b. Tiap anggota Regu memiliki Kartu Tanda Anggota, atau bagi anggota yang belum dilantik membawa surat keterangan dari Pembina Gugus Depan yang bersangkutan;
c. Usia pada saat mengikuti LT II ini peserta harus berumur 11 tahun dan belum 16 Tahun;
d. Semua Tanda Kecakapan baik umum maupun khusus yang telah dicapai disertai keterangan resmi dari pembinanya dan kapan diperolehnya;
e. Setia membayar iuran Gugus Depan kepada kwartirnya.

VIII. PENILAIAN LOMBA TINGKAT
Tim Penilai :
Untuk memberikan penilaian kepada setiap peserta LT dalam usahanya mencapai batas tingkat sebagai Regu Penggalang Berprestasi di bentuk Tim Penilai terdiri dari para Andalan Kwartir, Pembina dan Pembantu Pembina Penggalang, para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang ditunjuk Panitia Pelaksana.
Penilaian :
Seluruh kegiatan dalam LT yang dinilai, dibagi dalam tiga kelompok, yaitu:
a. Kelompok Satu
1) Mental;
2) Agama;
3) Patriotisme;
4) Sikap bermasyarakat
b. Kelompok Dua
1) Keterampilan dan kecakapan;
2) Ketangkasan;
3) Karya dan Usaha;
4) Praktek ketatalaksanaan secara praktis
c. Kelompok Tiga
1) Pengetahuan;
2) Kesehatan;
3) Kebersihan;
4) Kerapihan

Cara Menilai :
Penilaian kegiatan dalam LT II ini dilakukan sebagai berikut:
a. Dilakukan dengan cara memberi nilai angka untuk setiap kegiatan
b. Ada 3 macam Regu Pramuka Penggalang Berprestasi yaitu:
1) Regu Pramuka Berprestasi Cukup.
2) Regu Pramuka Berprestasi Baik
3) Regu Pramuka Berprestasi Tinggi
c. Untuk menentukan regu berprestasi cukup, regu berprestasi baik, regu berprestasi tinggi dilakukan dengan cara menjumlah nilai-nilai kegiatan dalam kelompok kegiatan masing-masing, kemudian nilai-nilai kelompok dijumlah menjadi nilai akhir.

IX. TANDA PENGHARGAAN
a. Setiap Pramuka Penggalang peserta LT II ini diberi Tanda Penghargaan telah mengikuti LT berupa Piagam atau bentuk lain yang sederhana;
b. Setiap Regu Peserta LT II akan diberikan Tanda Penghargaan telah mengikuti LT II berupa Piagam atau bentuk lain;
c. Setiap Regu yang berprestasi cukup, regu berprestasi baik dan regu berprestasi tinggi akan diberikan Trofi / Piala dan Piagam Penghargaan, serta mewakili Kwarran Kesambi untuk mengikuti Lomba Tingkat III yang diselenggarakan Kwarcab Kota Cirebon.

X. BIAYA PENDAFTARAN dan KETENTUAN LAIN
A. Biaya Pendaftaran Peserta LT II Kwarran Kesambi
1. Biaya Pendaftaran masing-masing Regu Pramuka Penggalang @ Rp. 100.000,- ( Seratus Ribu Rupiah ) dibuktikan dengan Kwitansi Pendaftaran yang nanti dapat dipergunakan sebagai syarat daftar ulang peserta di lokasi LT II dan Penomoran Kapling Tenda Peserta.
2. Lampiran pendaftaran peserta meliputi :
a. Nama Regu dan pangkalan Pramuka Penggalang Pa/Pi
b. Jumlah anggota Regu Pa /Pi
c. Setiap peserta mengisi Biodata Peserta yang telah disediakan ( terlampir )
3. Tempat pendaftaran di Sekretariat Kwartir Ranting Kesambi Jl. Dr. Sudarsono No. 16 Telp. 0231 – 243292 Cirebon 45134 ( Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon ).
4. Batas waktu pendaftaran peserta sampai dengan tanggal 10 September 2011
5. Teknical Meeting Peserta LT II yang diwakili oleh Ketua Regu / Pembina Gudep akan dilaksanakan pada tanggal 13 September

B. Ketentuan Lain :
a. Lambang, bendera dan tanda-tanda lain yang dipergunakan dalam kegiatan LT II ini dibuat dengan memperhatikan ketentuan Kwarnas tentang Lambang Gerakan Pramuka.
b. Tanda-tanda yang diperoleh para peserta selama mengikuti LT, boleh digunakan di seragam Pramuka selama LT berlangsung dan hingga satu bulan setelah saat berakhirnya LT.
c. Petunjuk Penyelenggaraan LT II Kwarran Kesambi ini merupakan pedoman umum yang telah dikembangkan sesuai dengan keperluan situasi dan kondisi saat ini dengan tanpa bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka / Petunjuk Penyelenggaraan LT yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

XI. PENUTUP
Demikian Petunjuk Penyelenggaraan LT II Kwarran Kesambi ini kami sampaikan, semoga menjadi panduan dalam suksesi penyelenggaran Lomba Tingkat II di Kwartir Ranting Kesambi ini.

Cirebon, 14 Agustus 2011
PANITIA PELAKSANA LOMBA TINGKAT II
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR RANTING KESAMBI – KOTA CIREBON
TAHUN 2011
Ketua, Sekretaris,

NUNUNG SURYATNA, SE-MT SUNARDI-MT

Mengetahui :
KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA
KESAMBI – KOTA CIREBON
Ketua,



TOTO SUPARTO, SE, MM.MPd

Sumber : soetirman

Pesanan dari Barito Kuala

Pesanan Kak Nor dari Barito Kuala. Kami ucapkan terimakasih, kami siap bekerjasama dengan Pramuka Barito Kuala

Pesanan dari Buleleng

Terima kasih kepada kak Made dari Buleleng Bali. Kedai Pramuka Scout Addict siap bekerjasama dengan Kwarcab Buleleng

Monday, 5 September 2011

Lomba BEST OF THE BEST 2011

PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN
Best of The Best” Scouting Competition 2011

BAB i
pendahuluan

1. DASAR PEMIKIRAN
a. Kepramukaan sebagai wadah pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Metode Kepramukaan.
b. Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembetukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut maka salah satu kegiatan bagi Pramuka Penggalang adalah Wide Game (Latih Tanding Teknik Kepramukaan antar Regu) .

2. DASAR PENYELENGGARAAN
a. Undang-undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
b. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 024 Tahun 2009 mengenai Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
c. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 203 Tahun 2009 mengenai Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
d. Program Kerja Gugus Depan Jakarta Pusat 08-149 Dan Jakarta Pusat 08-150 Tahun 2010 sampai dengan 2012

3. TUJUAN
a. Mempererat hubungan antar Pramuka Penggalang se DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya.
b. Mewujudkan Tri Satya dan Dasa Dharma anggota gerakan Pramuka.
c. Mengasah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan peserta.
d. Menambah pengalaman yang berharga dan bermanfaat bagi peserta.


BAB II
PENYELENGARAAN

1. NAMA KEGIATAN

“BEST OF THE BEST SCOUTING COMPETITION 2011”
Selanjutnya disebut BoB 2011

2. WAKTU PELAKSANAAN
BoB 2011 dilaksanakan pada tanggal 18 September 2011


3. TEMA
Think Smart, Do Smart, And Be Smart”

4. MOTTO
SATYAKU KUDHARMAKAN,
DHARMAKU KUBAKTIKAN

5. AGENDA KEGIATAN
a. Kedatangan Peserta
b. Daftar Ulang Peserta
c. Upacara Pembukaan
d. Pelaksanaan Lomba
e. Upacara Penutupan
f. PembacaanHasil Lomba

BAB III
MATERI LOMBA DAN PENILAIAN

1. MATERI LOMBA
Materi lomba dalam BOB 2011 terdiri atas:
a. Scouting Rally
• POS I
Ø Semaphore
Ø Morse
Ø Sandi
Ø Pengetahuan Umum
Ø Pengetahuan Kepramukaan
Ø Pengetahuan Teknologi dan Informasi Komputer
• POS II
Ø Tandu
Ø P3K Praktek
Ø P3K teori
Ø Menaksir
• POS III
Ø Kompas
Ø Topografi
Ø Peta-pita
Ø Peta Lapangan
Ø Aritmatika & Logika
Ø Are You a Smart Scout?
• POS IV
Ø Games
4. Miniatur Pionering
5. The Silver Jubilee (25th Aniversarry Dhanapala Badge Design)
6. Publik Service Annoucment (PSA)
7. Yell Competition

2. PENILAIAN
Penilaian merupakan salah satu alat dalam pemberian apresiasi usaha dalam bentuk skor atau angka sesuai dengan skala yang sudah ditetapkan pada setiap materi lomba. Penilaian Best of The Best Scouting Competition 2011 mengacu pada kriteria atau indikator yang sudah ditetapkan dengan tujuan untuk menetapkan Regu Penggalang yang terbaik.

Tim Penilai/Tim Juri berasal dari unsur Ambalan, Racana, dan Pembina Gugus Depan Dhanapala. Tugas juri adalah menilai setiap materi sesuai dengan bidang lombanya.

Cara menilai dalam kegiatan BoB 2011 adalah sebagai berikut:
a. Dilakukan dengan memberi nilai angka atau skor sesuai dengan kriteria penilaian dari masing-masing kegiatan lomba.
b. Penilaian dilakukan pada saat mulai kedatangan peserta, proses kegiatan, kelengkapan administrasi sesuai persyaratan sampai dengan upacara penutupan.
c. Penilaian dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai masing-masing Kriteria dari kegiatan mata lomba kemudian menjumlahkan keseluruhan nilai dari jumlah mata lomba kegiatan.
d. Dari hasil penilaian , maka tercipta Regu terbaik yang terdiri dari :

• Terbaik I, II, III, IV, V, dan VI SCOUTING RALLY untuk Putra
• Terbaik I, II, III, IV, V, dan VI SCOUTING RALLY untuk Putri
• Terbaik tiap-tiap materi lomba SCOUTING RALLY
• Regu Terbaik SCOUTING RALLY
• Pemimpin Regu Terbaik SCOUTING RALLY
• Juara Umum SCOUTING RALLY
• Terbaik I, II dan III MINIATUR PIONNERING
• Terbaik I, II dan III PSA
• Terbaik I, II dan III YELL COMPETITION
• Terbaik THE SILVER JUBILEE (25TH DABDC)
• “DHANAPALA SCOUT” Cup



BAB IV
PESERTA, PERSYARATAN PESERTA DAN PENDAFTARAN

1. PESERTA
Para peserta adalah anggota Pramuka Penggalang se-DKI, Jawa Barat, dan Banten yang berpangkalan di SMP, MTs/sederajat dan telah terdaftar di sekretariat panitia BoB 2011 juga memungkinkan untuk anggota Pramuka Penggalang dari luar wilayah tersebut

2. PERSYARATAN PESERTA
a. Menyerahkan surat mandat dari Ka.Mabigus masing-masing.
b. Membayar administrasi pendaftaran :

• Rp 100.000/Regu untuk Scouting Rally.
• Rp 10.000/Pangkalan untuk Miniatur Pionnering
• Rp 10.000/Pangkalan untuk PSA
• Rp 10.000/Pangkalan untuk Yell Competition

c. Penggalang, berusia 11 s/d 15 tahun dan aktif di Gugus Depan nya masing-masing.
d. Jumlah peserta per-regu 8 orang.
e. Mengirimkan biodata peserta melalui e-mail.
f. Setiap peserta diwajibkan mematuhi peraturan yang berlaku apabila melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi berupa pengurangan nilai atau diskualifikasi.

3. PENDAFTARAN
a. Pendaftaran peserta BoB 2011 dilakukan oleh utusan masing-masing Gugusdepan dengan menyerahkan data-data administrasi regu, dan menyerahkan uang pendaftaran kepada panitia BoB 2011.
b. Pentahapan pendaftaran dilaksanakan sebagai berikut:

• Tahap I
Via konfirmasi melalui e-mail / sms ataupun telephon.
Via E-mail : dhanapalascout@yahoo.com
: bob.scouting.competition.2011@gmail.com
Via Facebook : dhanapala bob duribusebelas
Via sms/telephon : 0898 9915 999 Arif Prabowo
0856 9716 3599 Syifa Mardia R
021 – 9413 7228 Ade Kurnia
Tahap I ini paling lambat sebelum hari technical meeting BoB 2011.
• Tahap II
Pendaftaran langsung ke sekretariat BoB 2011 dengan menyerahkan uang pendaftaran dan administrasi regu selambat-lambatnya pada hari technical meeting BoB 2011.
• Tahap III
Pendaftaran ulang di tempat dan pada hari kegiatan berlangsung


BAB V
TATA TERTIB

1. TATA TERTIB PESERTA
a. Pada saat upacara pembukaan dan penutupan, seluruh peserta diwajibkan mengenakan seragam pramuka lengkap tanpa aksessories.
b. Kemanapun berada, peserta wajib memakai tanda pengenal yang sudah diberikan oleh panitia.
c. Peserta tidak diperkenankan membawa Handphone, HT, kalkulator/alat hitung lainnya selama kegiatan lomba berlangsung.
d. Peserta tidak boleh membawa alat-alat benda tajam, miras maupun narkoba.
e. Peserta tidak diperbolehkan meneriakkan yell regunya yang berbau mengejek regu lain, porno aksi, dan tindak kekerasan.
f. Dilarang keras merusak lingkungan di areal lomba dan membuang sampah sembarangan.

2. TATA TERTIB BINDAMPING
a. Bindamping regu wajib mengenakan seragam pramuka selama masa lomba berlangsung.
b. Kemanapun berada, bindamping wajib memakai tanda pengenal yang sudah diberikan oleh panitia.
c. Dilarang keras merusak lingkungan di areal lomba dan membuang sampah sembarangan.
d. Bindamping tidak boleh membawa alat-alat benda tajam, miras maupun narkoba.
e. Selama lomba sedang berlangsung bindamping tidak diperkenankan berbicara ke peserta atau memberikan sesuatu berbentuk apapun.
f. Setelah bindamping mengambil dokumentasi regunya, diharapkan meninggalkan arena pos lomba.

3. TATA TERTIB KONTINGEN
a. Anggota kontingen tidak boleh membawa alat-alat benda tajam, miras maupun narkoba.
b. Kepada kontingen tidak diperbolehkan meneriakkan yell Gudepnya yang berbau mengejek gudep lain, porno aksi, dan tindak kekerasan.
c. Dilarang keras merusak lingkungan di areal lomba dan membuang sampah sembarangan.
d. Dilarang membuat keonaran, kegaduhan disaat perlombaan sedang berlangsung.

Ketentuan terinci akan diatur dan ditetapkan dalam Petunjuk Teknis oleh Panitia BoB 2011.

Ditetapkan di Jakarta, 15 Februari 2011


Arif Prabowo
Ketua Panitia

Lomba HUT ALBULARANG VIII

Arena Lomba Pramuka Tingkat Penggalang SMP/ MTs Sederajat Se-Jawa Barat
“Scout to Build Leadership Soul”

Gerakan Pramuka Gugus Depan 06177 – 06178
Sekretariat: SMAN 2 Tambun Selatan
Jl. Aries, Perum SKU, Ds. Mekarsari, Tambun Selatan, Kab. Bekasi
Telp. (021) 88335916 E-mail: albularang.sman2tamsel@gmail.com
Blog : pramukasman2tamsel.blogspot.com

PERSYARATAN DAN TATA TERTIB
1. Peserta adalah anggota Pramuka Penggalang SMP/MTs Sederajat yang aktif di Gugus Depannya.
2. Setiap Gugus Depan dapat mengirimkan minimal 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri.
3. Peserta telah mendaftar dan menyerahkan formulir pendaftaran.
4. Setiap peserta wajibmengenakan pakaian seragam Pramuka lengkap.
5. Setiap peserta wajib membawa perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan lomba.
6. Peserta wajib mengikuti Technical Meeting yang diwakili oleh Pembina/Pembantu Pembina serta Pemimpin Regu.
7. Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting dianggap telah menyetujui hasil Technical Meeting dan tidak ada keterangan susulan.
8. Peserta wajib mengikuti upacara pembukaan serta penutupan dan apabila ada peserta yang pulang sebelum acara selesai, maka segala keputusan dewan juri akan dibatalkan.
9. Peserta yang berasal dari Kabupaten Bekasi wajib datang pukul 07.00 WIB.
10. Khusus peserta yang berasal dari luar kabupaten Bekasi akan diberikan dispensasi, dengan ketentuan sebagai berikut:
Peserta yang berasal dari Kota Bekasi diberikan dispensasi selama 30 menit.
Peserta yang berasal dari luar Kota Bekasi diberikan dispensasi selama 45 menit.
11. Peserta dilarang membawa senjata tajam dalam bentuk apapun.
12. Peserta dilarang membawa buku panduan/catatan yang berkaitan dengan materi yang akan dilombakan pada saat perlombaan berlangsung.
13. Peserta tidak diperbolehkan meminjam perlengkapan atau bekerja sama dengan peserta lain.
14. Setiap peserta dilarang mengganti anggotanya tanpa seizin panitia.
15. Setiap peserta boleh mengikuti dua mata lomba selama waktunya tidak bersamaan.
16. Peserta dilarang membawa dan menghisap rokok, membawa dan menghisap narkoba, membawa dan meminum minuman keras.
17. Peserta harus menjaga kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kenyamanan lingkungan.
18. Peserta harus menjaga persatuan dan persaudaraan dengan peserta lain dan dilarang keras mengganggu, mengejek, atau menghina peserta lain.
19. Peserta yang melanggar tata tertib akan diberikan sanksi/didiskualifikasi.
20. Persyaratan dan tata tertib yang belum tercantum disini akan diumumkan pada saat Technical Meeting.

PENDAFTARAN

1. Pendaftaran “HUT ALBULARANG VIII” dimulai sejak diterimanya surat ini sampai dengan 2 Oktober 2011.
2. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung maupun online melalui telepon dan internet dengan batas waktu pendaftaran pada tanggal 2 Oktober 2011 pukul 23.59 WIB
3. Pendaftaran secara langsung dilakukan dengan mendatangi Sekretariat SMAN 2 Tambun Selatan pada hari kerja (Senin s.d. Sabtu) pukul 09.00 – 14.00 WIB.
4. Pendaftaran melalui telepon dapat menghubungi langsung nomor telepon pada point 11, ataupun sms dengan format sebagai berikut:
DAFTAR(spasi)HB8(spasi)NAMA PANGKALAN(tanda #) JUMLAH REGU
Contoh: DAFTAR HB8 SMAN 2 TAMBUN SELATAN#1 Pa#2 Pi
(Lalu kirimkan ke salah satu nomor HP pada point 11).
5. Pendaftaran melalui internet dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah kami sediakan, antara lain :

Blogspot : pramukasman2tamsel.blogspot.com
E-mail : albularang.sman2tamsel@gmail.com
Facebook : Pramuka Sman Dua TambunSelatan (ALBULARANG SCOUT)
Find Page : Lomba Pramuka HUT ALBULARANG VIII
Group FB : Lomba Pramuka HUT ALBULARANG VIII
6. Bagi para pendaftar online (telepon dan internet), biaya administrasi dapat di transfer melalui rekening: 00205-01-51-000904-1 (a/n Mariam Kc. Cibitung)
7. Bagi peserta yang membooking tempat (sebelum dan pada saat Technical Meeting) namun tidak membayar biaya administrasi sampai dengan tanggal 2 Oktober 2011 dianggap telah mengundurkan diri.
8. Pendaftaran akan ditutup apabila peserta sudah memenuhi target walaupun waktu pendaftaran belum berakhir.
9. Daftar ulang dapat dilakukan secara ONLINE dan FISIK. Bagi pendaftar online, berkas dapat di download (tercantum pada point 5), setelah berkas diisi lalu dikirimkan kembali ke email: albularang.sman2tamsel@gmail.com Sedangkan bagi peserta yang tidak dapat mengolahnya secara online, dapat menyerahkan berkas dalam bentuk fisik dengan melampirkan:
a. Formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap.
b. Membawa Surat Mandat dari Kepala Sekolah/Ka Mabigusnya masing-masing.
c. Menyerahkan foto regu ukuran postcard 1 lembar dengan pakaian pramuka lengkap.
d. Fotocopy Kwitansi Pendaftaran/Bukti Transfer Uang Pendaftaran.
e. Bagi peserta yang melakukan daftar ulang secara FISIK harap menggunakan map:
- Regu putra menggunakan map berwarna merah
- Regu putri menggunakan map berwarna biru
10. Batas waktu penerimaan berkas daftar ulang secara online adalah pada tanggal 2 Oktober 2011 pukul 23.59 WIB, dan batas waktu penerimaan berkas daftar ulang secara fisik adalah pada tanggal 2 Oktober 2011 pukul 17.00 WIB.
11. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
- Kak Fahreza : 0896 5313 6246
- Kak Sandy : 0852 1834 9372
- Kak Firda : 021 9445 3413

TECHNICAL MEETING

Technical Meeting akan diselenggarakan pada:
Hari : Minggu (Ahad)
Tanggal : 25 September 2011
Waktu : Pukul 10.00 s.d Selesai
Tempat : Kampus SMAN 2 Tambun Selatan
Jl. Aries, Perum. Sinar Kompas Utama (SKU)
Ds. Mekarsari, Kec. Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi
Pakaian : Bebas, rapi, dan sopan
Jumlah peserta : Terdiri atas maksimal 3 orang tiap Gugus Depan

PENGHARGAAN DAN HADIAH

1. PIALA TETAP, akan diberikan kepada:
a. Juara 1 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
b. Juara 2 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
c. Juara 3 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
d. Juara Harapan 1 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
e. Juara Harapan 2 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
f. Juara Harapan 3 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
g. Juara 1 Lomba Tapak Tilas
h. Juara 2 Lomba Tapak Tilas
i. Juara 3 Lomba Tapak Tilas
j. Juara Harapan 1 Lomba Tapak Tilas
k. Juara Harapan 2 Lomba Tapak Tilas

l. Juara Harapan 3 Lomba Tapak Tilas

2. Memperebutkan PIALA BERGILIR :
a. Piala Bergilir Markas Besar TNI-AD
b. Piala Bergilir Mentri Negara Pertahanan RI
c. Piala Bergilir Gubernur Jawa Baratd.
d. Piala Bergilir Bupati Bekasi

PETUNJUK PELAKSANAANDAN PETUNJUK TEKNIS MATA LOMBA

1. LOMBA KREASI BARIS BERBARIS TONGKAT (LKBBT)
a. Jumlah peserta 10 orang, sudah termasuk Danton.
b. Melakukan gerakan di tempat, gerakan berpindah tempat, dan gerakan berjalan
c. Durasi waktu maksimal 8 menit.

2. TAPAK TILAS
a. Jumlah peserta 5 orang
b. Terdiri atas 4 pos:
- POS 1 (SOULE dan SMS)
- POS 2 (PIKIR)
- POS 3 (PANSOR)
- POS 4 (PINTA)

POS 1 (Scout Intellegent-SOULE dan Sandi, Morse, Semaphore-SMS)
a. Peserta dikelompokkan menjadi 4 macam:
- 1 orang untuk menjawab Soal Scout Intelegent
- 1 orang untuk menjawab Soal Sandi
- 2 orang untuk menjawab Soal Morse
- 1 orang untuk menjawab Soal Semaphore
b. Membawa alat tulis beserta papan testing.
c. Durasi waktu maksimal 10 menit.

POS 2 (Pintar Menaksir-PIKIR)
a. Peserta menaksir (mengukur) apa yang diperintahkan dalam soal dengan sistem kocok yang sebelumnya diambil terlebih dahulu.
b. Membawa tongkat maksimal 5 buah@ukuran 160 cm.
c. Durasi waktu maksimal 10 menit.

POS 3 (Pandu Sorak-PANSOR)
a. Peserta menampilkan yel-yel, baik dalam bentuk vocal maupun gerakan.
b. Membawa aksesoris tambahan sesuai kebutuhan asalkan tidak berlebihan.
c. Durasi waktu maksimal 2 menit untuk persiapan dan maksimal 5 menit untuk penilaian yel-yel.

POS 4 (Pinru dan Peta-Pita-PINTA)
a. Peserta dikelompokkan menjadi 2 macam:
- 1 orang PINRU menjawab 50 soal Pengetahuan Umum dan Kepemimpinan
- 4 orang PASUKAN membuat Peta-Pita mengenai route perjalanan yang telah ditempuh
b. Membawa alat tulis dan kertas karton berwarna putih 1 buah
c. Durasi waktu maksimal 10 menit.

KRITERIA PENILAIAN
1. LKBBT

Aspek yang dinilai:
a. Gerakan di tempat
b. Gerakan berpindah tempat
c. Gerakan berjalan
d. Kekompakan
e. Variasi Formasi

Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Melewati garis batas yang telah ditetapkan
b. Waktu tampil kurang dari batas waktu aman
c. Melewati batas waktu yang telah ditentukan
d. Jumlah peserta tidak sesuai ketentuan
e. Jatuhnya atribut peserta

Aspek yang dapat menomorterakhirkan urutan waktu tampil peserta:
a. Tidak segera memasuki Daerah Persiapan (DP) 1 setelah mendapat komando dari panitia

2. TAPAK TILAS

1) POS 1 (Scout Intellegent-SOULE dan Sandi, Morse, Semaphore-SMS)
Aspek yang dinilai:
a. Ketepatan dalam menjawab soal
b. Keseragaman
c. Sikap dan tingkah laku

Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Kesalahan dalam menjawab soal
b. Ketidaklengkapan atribut dan perlengkapan yang harus dibawa
c. Kekurangdisipinan dalam bersikap

Aspek yang dapat mendiskualifikasikan peserta:
a. Tertangkap sedang mencontek buku/catatan dalam bentuk apapun
b. Mencontek pekerjaan dari peserta lain

2) POS 2 (Pintar Menaksir-PIKIR)
Aspek yang dinilai:
a. Ketepatan hasil penaksiran
b. Kecepatan dalam menaksir
c. Proses penaksiran
d. Keseragaman
e. Sikap dan tingkah laku

Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Ketidaklengkapan atribut dan perlengkapan yang harus dibawa
b. Kekurangdisipinan dalam bersikap
c. Membuat kegaduhan
Aspek yang dapat mendiskualifikasikan peserta:
a. Tertangkap sedang membawa/mencontek buku/catatan dalam bentuk apapun yang berisi rumus dalam penaksiran
b. Mencontek pekerjaan dari peserta lain

3) POS 3 (Pandu Sorak-PANSOR)
Aspek yang dinilai:
a. Keterampilan atribut
b. Frekuensi suara
c. Kreativitas
d. Kehebohan

Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Melebihi batas waktu yang telah ditentukan
b. Waktu tampil kurang dari batas waktu yang telah ditentukan

4) POS 4 (Pinru dan Peta-Pita-PINTA)
Aspek yang dinilai:
a. Ketepatan dalam menjawab soal pinru
b. Ketepatan dalam membuat Peta-pita
c. Kerapihan dalam membuat Peta-pita
d. Kreativitas dalam membuat Peta-pita

Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Kesalahan dalam menjawab soal pengetahuan umum
b. Kesalahan dan ketidakrapihan dalam pembuatan Peta-pita

                 pramukaman2tamsel

Pesanan dari Makale

Terima kasih kepada kak Bokko dari Makale Tana Toraja yang telah memesan buku saku dan buku SKU Penggalang yang baru di Kedai Pramuka Scout Addict. Kami selalu siap bekerjasama dengan Pramuka Makale

Pesanan dari Tabanan

Terima kasih kepada kak Wisnu dari Tabanan Bali yang telah berkunjung ke Kedai Pramuka Scout Addict, serta memesan koleksi kami, maaf kedai kami masih banyak kekurangannya. Semoga kerjasama terus berkelanjutan

Sunday, 4 September 2011

Perjusami Saka Bhayangkara Jateng

Pramuka Penegak dan Pandega Jawa Tengah, setelah lebaran nanti kita akan segera disambut dengan kegiatan Daerah yang diselenggarakan atas kerjasama Kwarda 11 Jawa Tengah dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah yaitu Perkemahan Jum'at, Sabtu, dan Minggu Saka Bhayangkara Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah.

Adapun kegiatannya akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 11 September 2011 bertempat di Puskepram "Candra Birawa" Karanggeneng, Gunung Pati, Semarang. Setiap kwartir cabang mengirimkan 1 kontingen dengan komposisi 6 peserta putra dan 6 peserta putri, 1 pimpinan kontingen dari unsur DKC, dan satu pendamping dari unsur Pamong Saka.

Selain untuk "pemanasan" menjelang Pertikara Nasional, dimana Jawa Tengah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara , tujuan utama kegiatan Perjusami Saka Bhayangkara ini adalah menyatukan presepsi, materi, dan sasaran ke depan bagi seluruh Saka Bhayangkara yang ada di Kwarda 11 Jateng khususnya, dan Indonesia secara umumnya. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi sejauh mana penguasaan materi ke-Saka Bhayangkara-an dikuasai dan diaplikasikan oleh rekan-rekan anggota Saka di Jawa Tengah.

Nah, maka dari sangga kerja mencantumkan beberapa Giat Prestasi untuk meningkatkan semangat kompetisi para peserta. Giat Prestasinya antara lain LCC, Sarfari Krida, dan K3 Perkemahan. Siapkan diri dan kontingen rekan-rekan untuk bersaing menunjukkan yang terbaik di Perjusami Saka Bhayangkara nanti ya!

Sumber : dkd11jateng

Thursday, 1 September 2011

Boys Scout Competiton (BSC) IV 2011

Guguslatih MIPA Racana Wijaya Unnes kembali mengadakan lomba pramuka penggalang tingkat Jawa Tengah. Boys Scout Competition (BSC) IV Tahun 2011 yang diadakan dua tahun sekali. Tahun ini, masih dengan konsep dan materi perlombaan yang sama dengan BSC III 2009, hanya saja dikemas menjadi sebuah ajang yang lebih memberi arti.

Tahun ini, lomba akan dilaksanakan pada Jumat s/d Minggu, 18 s/d 20 November 2011.

Lomba – lomba yang akan diadakan yaitu:

1. Lomba PBB Tongkat.
2. Lomba Lomba Cerdas Tangkas (LCT)
3. Lomba Semaphore Morse Sandi (SMS)
4. Lomba Pionering
5. Lomba Pentas Seni
6. Lomba Halang Rintang

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi panitia di:
1. Sekretariat BSC di Sanggar Pramuka Guguslatih MIPA Gedung PKM FMIPA Unnes Kampus Sekaran Gunungpati – 50229
2. Telepon di 085740001005 (Kak Chandra)

Cepat dapatkan informasinya dan buktikan kalian adalah pramuka penggalang sejati. Terus ikuti blog kami untuk terus mengikuti perkembangan informasi lomba yang akan terus kami update di blog kami ini.

Semangat Penggalang Indonesia!!