Jumat, 13 Januari 2012

Kubar Tuan Rumah Lomba Pramuka Se-Kaltim

SENDAWAR-Lomba gerakan Pramuka yang diikuti 240 peserta se-Kaltim akan berlangsung di Kubar, pada 12 sampai 17 Maret 2012. Kegiatan yang pertama kali di Kubar ini, akan dibuka oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Ketua Kwartir Cabang gerakan Pramuka Kubar Agus Afifuddin mengatakan, untuk lokasi kegiatan, ada empat tempat yang akan menjadi alternatif. Namun satu lokasipun belum ditetapkan, karena harus ada peninjauan lebih lanjut oleh Kwarda gerakan Pramuka Kaltim ke Kubar.

“Empat lokasi itu yakni di lahan sekitar pusat perkantoran Pemkab Kubar, Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0912/Kubar di Jalan A Yani Barong Tongkok, Kecamatan Linggang Bigung, dan lokasi pasar baru di Kampungan Ngenyan Asa, Kecamatan Barong Tongkok,” terang Agus Afifuddin kepada harian ini, Jumat (6/1) kemarin.

Dia menyebutkan, lomba tingkat gerakan Pramuka se-Kaltim berupa ketangkasan membuat tali menali, sandi morse, perkemahan, dan lainnya. “Ada 15 jenis lomba,” tandasnya.
Untuk menghadapi lomba tingkat gerakan Pramuka se-Kaltim itu, Agus Afifuddin mengatakan, Kubar akan menggelar lomba serupa tingkat kabupaten lokasinya di Makodim 0912/Kubar, selama tiga hari pada akhir Januari 2012. “Kegiatan ini akan menyertakan 15 dari 48 gudep (gugus depan) se-Kubar, meliputi kecamatan di wilayah ibu kota kabupaten dan sekitarnya. Seperti Kecamatan Melak, Barong Tongkok, Sekolaq Darat, Damai, dan Linggang Bigung,” katanya.

Dari lomba tingkat kabupaten inilah nantinya, akan terseleksi pengalang/peserta mewakili Kubar yang diperlukan hanya 24 orang (12 penggalang pria dan wanita) untuk mengikuti lomba tingkat Pramuka se-Kaltim.

Untuk program jangka panjang Kwarcab gerakan Pramuka Kubar menurut Agus, reorganisasi gerakan Pramuka di kecamatan dengan membentuk ranting dan melantiknya, kemudian melatihnya. Berikutnya, melakukan kegiatan perkemahan yang menyertakan semua gudep se-Kubar. “Ditargetkan pada Juni-Juli 2012, gerakan Pramuka Kubar akan mengirimkan peserta ke Raimuna ke-27 di Papua,” ucapnya

Sumber : kaltimpost.co.id

1 komentar:

salam pramuka,,,,,,,,,,,,
sampai ktmu di buper........

Posting Komentar