Rabu, 22 Februari 2012

Kemah Bakti Penghijauan

Kayangan,- Baden Fowell adalah tokoh visioner lintas batas.Pada tanggal 22 Februari 2012 mendatang, para pandu sedunia memperingati hari lahirnya. Peringatan hari lahirnya Baden Fowell ini disebut Founder’s day.

Baden Fowell yang dilahirkan 22 Februari 1857, memang merupakan pendiri (founder) dari gerakan kepanduan sedunia (world scouting movement). Tahun 1907 menjadi awal bagi lahirnya gerakan internasional organisasi kepanduan di seluruh dunia yang berjumlah 160 organisasi sebagai anggota penuh world organization of the scout movement.

Dari catatan sejarah, kepanduan masuk ke Indonesia pada tahun 1912. Itu berarti pada tahun 2012 ini, para anggota gerakan pramuka akan memperingati 100 tahun gerakan kepanduan di Indonesia.

Dalam rangka memperingati 155 tahun Baden Fowell,105 tahun gerakan kepanduan sedunia dan 100 tahun gerakan kepanduan Indonesia, maka gerakan pramuka yang tergabung dalam lingkup Kwartir Ranting Kayangan, dalam waktu dekat akan menggelar kemah bakti penghijauan dilapangan umum Kecamatan Kayangan.

Menurut Ketua DKR Kayangan Supriadi mengatakan bahwa, pelaksanaan kemah bakti itu direncanakan akan diikuti oleh anggota gerakan pramuka penggalang, penegak dan pandega, yang digelar mulai tanggal 24 hingga 26 Februari 2012 mendatang.

Dikatakannya, kegiatan yang rutin digelar tiap tahun ini, adalah salah satu bentuk kepedulian anggota pramuka atas jasa seorang Baden Fowell dalam melahirkan kepanduan di seluruh dunia. Disamping, untuk mengingat jasa-jasanya dalam dunia kepanduan.

Menghadapi pelaksanaan kemah bakti tersebut, pihak DKR telah melakukan persiapan dengan menggelar pertemuan perdana tanggal 15 Februari 2012 lalu. Dalam pertemuan yang dihadiri oleh seluruh anggota DKR itu, telah disepakti bahwa dalam memperingati 155 tahun Baden Fowell tahun ini, gerakan pramuka Kwartir Ranting Kayangan akan menggelar kemah Perjusami, yang di mulai tanggal 24 – 26 Februari 2012 mendatang bertempat di lapangan umum Kecamatan Kayangan.

Kemah yang melibatkan seluruh anggota Pramuka baik penggalang maupun penegak/pandega se Kecamatan Kayangan tersebut, nantinya juga akan menggelar penanaman penghijauan di sekitar lapangan umum Kecamatan itu. Penyediaan bibitnya bekerja sama dengan H.Abidin Mustakim, salah seorang perintis wana tani asal Bima yang sejak tahun 1978 silam menetap di Kayangan ini.

“Masalah bibit, sudah kami siapkan, tinggal bagaimana menanamnya saja,”kata H.Abidin Mustakim.

0 komentar:

Posting Komentar