Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Thursday, 29 March 2012

Lomba Tingkat III Kwarcab Pramuka Bungo

MUARA BUNGO - Wakil bupati Bungo, H. Mashuri Selasa kemarin (27/03), membuka secara resmi lomba tingkat III regu pramuka penggalang kwarcab gerakan pramuka Bungo tahun 2012. Kegiatan ini digelar di pusat pelatihan dan pendidikan cabang gerakan pramuka Bungo, kelurahan Cadika, Kecamatan Rimbo Tengah.

Hadir dalam acara ini Ketua DPRD Bungo, para unsur muspida. Para pengurus mabicab gerakan pramuka Bungo. Pengurus kwarcab, para camat sebagai kamabiran, para undangan, pimpinan kontingen, pembina, panitia dan para dewan juri.

Pada kesempatan ini, Wakil bupati meminta kepada semua elemen ikut memberikan konstribusi kepada kegiatan gerakan pramuka di Bungo. Wabup menilai gerakan pramuka memberikan arti yang penting dalam membangun karakter anak bangsa.

Bantuan yang diharapkan dijelaskannya bukan hanya di segi anggaran. Tetapi juga dalam bentuk yang lain, seperti di bidang satuan karya pramuka (SAKA), diharapkan instansi kembali mengaktifkan kepramukaan dibidang kesakaan tersebut.

Pada saat memberikan sambutan, Wabup juga memberikan peluang yang sangat lebar kepada gerakan pramuka. Salah satunya Pemkab Bungo telah memberikan hak pinjam pakai tanah seluas 32 hektar di lokasi Pusdiklatcab kelurahan Cadika kepada kwartir cabang pramuka Bungo. Untuk dimanfaatkan sebaik-baik mungkin bagi kegiatan pramuka.

Tuesday, 27 March 2012

Sumsel Ditawari Tuan Rumah Jambore Pramuka Negara Islam

PALEMBANG – Selain ditawarkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore tingkat ASEAN, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) juga mendapat tawaran menjadi tuan rumah pelaksanaan The 4th Peace International Jambore pada Agustus 2013.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumsel Abdul Shobur mengatakan, tawaran tersebut disampaikan langsung Secretary General for International Union Muslim Scouts kepada Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Indonesia sebagai penyelenggara event melalui surat No: 0193-00-A. Shobur yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sumsel menambahkan,surat tersebut menyatakan bahwa pengurus jambore pramuka negara Islam mempercayakan Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah penyelenggaraan jambore.

Kegiatan itu bakal diikuti 53 pramuka dari negara-negara Islam sedunia, dengan jumlah peserta mencapai 10.000 orang dan rencananya dipusatkan di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. “Kita sudah ditawarkan (tuan rumah jambore negara Islam), tapi belum kita putuskan karena masih dikonsultasikan dan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan gubernur,” kata Shobur kemarin. Jika nantinya Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyetujui, pihaknya baru akan menyusun rencana pelaksanaan acara dimaksud. “JSC dipilih karena sangat luas wilayahnya, tempatnya juga strategis dan fasilitas lengkap. Jadi, kemungkinannya akan kita pusatkan di sana,”beber Shobur.

Menurut dia,kegiatan teknis dalam jambore tingkat negara Islam ini tidak berbeda dengan pelaksanaan jambore pramuka pada umumnya.Namun, selain kegiatan kepramukaan yang bersifat umum, akan ada juga kegiatan keislaman sesuai asal para peserta jambore dari negara-negara Islam sedunia. Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan, Pemprov Sumsel telah mencanangkan beberapa program terkait pelaksanaan kegiatan gerakan pramuka di Sumsel ini demi mengembangkan dan memasyarakatkan lagi gerakan pramuka di Bumi Sriwijaya.

“Saya berkeinginan kembali menggelar event besar tingkat internasional di Sumsel.Saya tegaskan, jangankan untuk Jambore ASEAN, tingkat Asia pun Sumsel siap,”ujar Alex. ”Di JSC kita masih memiliki lahan yang cukup menampung sekitar 10.000 orang.Apalagi di JSC sudah ada fasilitas olahraga bertaraf internasional. Jadi, peserta jambore dapat berkemah sekaligus melakukan olahraga di venues bertaraf internasional,”tukasnya.

Waka Binamuda dan Binawasa yang juga Ketua Harian Kwarda Sumsel Sulastro menambahkan, Jambore Dunia Negara Islam selain diisi kegiatan keislaman, juga kegiatan kepramukaan,seperti scouting skill,poinering,yang diperkirakan akan berlangsung selama sepekan. Menanggapi usulan sebelumnya yang meminta Sumsel menjadi tuan rumah Jambore ASEAN pada 2013, menurut Sulastro, Jambore ASEAN tersebut sudah dialihkan ke negara lain.

Monday, 26 March 2012

Topi Bambu Coklat



Topi bambu penegak pandega warna coklat banyak dicari teman-teman di Jawa Timur akhirnya kami bisa mewujudkannya. Semoga dapat membantu

Sunday, 25 March 2012

Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Kwarcab Dumai

DUMAI - Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letnan Kolonel (Letkol) Hendi Suhendi membuka perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Kwartir cabang Dumai dan pembukaan kegiatan pengukuhan anggota baru Satuan Karya Pramuka Wira Kartika se-Kodim 0303/Bengkalis, di Lapangan Bumi Perkemahan Bagan Besar, Jumat (24/3) sore kemarin

Dalam pidatonya, Dandim 0303 Bengkalis mengatakan, gerakan Pramuka adalah organisai sebagai alat yang efektif untuk membina mental, moral dan budi Pekerti serta membentuk jiwa dan karakter para generasi muda penerus bangsa yang handal, berwawasan, kretivitas dan dedikasi yang berorientasi pada kepentingan hidup.

"Untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan RI (NKRI) pada era Globalisasi sekarang ini, kesadaran belanegara serta jiwa Nasionalisme merupakan materi yang sangat penting untuk dibina serta dikembangkan kepada generasi muda, karena merupakan kunci perekat antar masyarakat, antar agama, antara budaya serta antar daerah," tambahnya.

Ditambahkannya, bahwa TNI AD bertekad dapat menjadikan Gerakan Pramuka sebagai Model penghargaan atas nilai-nilai Kebhinekaan, serta wadah kaderisasi calon pimpinan dan calon Intelektual bangsa yang mampu menganalisa dan mengambil keputusan dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Sumber : riaupos

Saturday, 24 March 2012

Pengiriman Kloter Pertama


Gambar disamping ada pesanan untuk pengiriman kloter pertama ato pengiriman pagi pada tanggal 19 Maret 2011. Semoga dengan dokumentasi pengiriman semakin menambah kepercayaan kakak-kakak kepada kedai pramuka scout addict.

Friday, 23 March 2012

LT III Kwarcab Banda Aceh

BANDA ACEH - Sebanyak 380 anggota Pramuka Penggalang (setingkat SMP) utusan 25 Gugus Depan (Gudep) se-Banda Aceh, mengikuti Lomba Tingkat (LT) III, di bumi perkemahan Rindam Mata Ie.

Lomba ketangkasan kepramukaan itu dilaksanakan sejak Selasa (20/3), yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Drs Sofyan Sulaiman, dan berlangsung hingga Sabtu (24/3).

Ketua panitia pelaksana dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Banda Aceh, Adnansyah mengatakan, juara I pada LT III ini nantinya akan mewakili Kota Banda Aceh dalam LT IV tingkat Kwartir Daerah (provinsi).

“Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Pramuka Penggalang, baik secara personal maupun beregu. Regu yang menjadi juara satu kita harapkan adalah regu terbaik yang dapat mewakili Banda Aceh pada LT IV,” ujarnya.

Thursday, 22 March 2012

Penghargaan Atas Eksistensi Kwarcab Sidoarjo

SIDOARJO - Perkembangan gerakan Pramuka melalui Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo mendapatkan penilaian yang bagus dari Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jatim.

Sebagai aplikasinya, Kwarda Gerakan Pramuka Jatim memberikan penghargaan kepada Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dalam Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Gus Ipul saat memberikan penghargaan

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Ketua Kwarda Jatim H. Saifullah Yusuf itu, merupakan penghargaan atas dukungannya dalam penguatan eksistensi gerakan Pramuka di Sidoarjo melalui pengukuhan Kepala Desa maupun Kepala Kelurahan menjadi Kamabisa maupun Kamabikel.

“Prestasi gerakan Pramuka di Sidoarjo sangat membanggakan. Pasalnya telah sanggup melibatkan seluruh desa-desa dan kelurahan, yang berjumlah sekitar 353 desa\kelurahan di Sidoarjo dalam kepramukaan,” terang Gus Ipul.

Untuk itu, usaha yang telah dilakukan Kwarcab Sidoarjo dalam mengkembangan gerakan Pramuka di daerahnya pinta pria yang biasa di panggil Gus Ipul tersebut.

Patut dijadikan contoh, agar gerakan Pramuka di tingkat JawaTimur tetap eksis.

“Pelantikan seperti ini yang pertama kali dilakukan, pengurusnya bisa sampai ke desa/kelurahan. Dan ini satu-satunya di Jawa Timur, betul-betul prestasi yang membanggakan,”ujarnya.

Wednesday, 21 March 2012

Ring Logo Kwarda Jawa Timur


Ring Logo Kwarda Jatim
identitas bagi teman-teman dalam berkegiatan di tingkat nasional

Tuesday, 20 March 2012

LT IV Kaltim

SAMARINDA -Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim siap menggelar Lomba Tingkat (LT) IV Gerakan Pramuka Penggalang Kaltim yang rencananya dihelat di Kutai Barat, 31 Maret - 4 April 2012. LT IV ini adalah jenjang lomba setiap tingkatan mulai LT I di tingkat Gugus Depan yang diikuti regu Penggalang, LT II yang diikuti Penggalang tingkat ranting atau kecamatan, dan LT III atau di tingkat Kuartir Cabang kabupaten/kota.

"LT IV merupakan lomba Gerakan Pramuka Penggalang berjenjang. Artinya, peserta LT IV ini merupakan regu penggalang terbaik utusan Kuarcab kabupaten/kota yang direkomendasikan mengikuti LT IV atau tingkat Kuartir Daerah (Kuarda) Kaltim," ujar Kepala Dispora Kaltim yang juga Ketua Panpel LT IV, H Sigit Muryono, ketika menggelar konfrensi pers di ruang kerjanya, Senin (19/3).

Sigit menyebut, regu penggalang terbaik pada LT IV nanti akan mewakili regu Penggalang Kuarda Kaltim ke LT V atau tingkat Nasional/Kuarnas. Menurut dia, saat ini 14 kabupaten/kota se-Kaltim melaksanakan LT III. Hasilnya, masing-masing kabupaten/kota akan mengirim dua regu penggalang terbaik, satu regu penggalang putra dan satunya regu penggalang putri.

Pendaftaran masing-masing Kuarcab di Kuarda Kaltim Cq Panitia LT IV Kuarda Gerakan Pramuka Kaltim selambatnya sebelum keberangkatan peserta ke lokasi penyelenggaraan atau 30 Maret 2012. Bagi yang sudah terdaftar sebagai utusan cabang akan diberangkatkan secara bersama melalui perjalanan air menggunakan dua kapal untuk regu penggalang putra dan putri.

"Peserta akan diberangkatkan 31 Maret 2012 yang rencananya dilepas Pak Gubernur atau Pak Wagub," katanya seraya menyebut, regu penggalang Kuarcab Kukar dan Kubar harus menunggu di satu titik di daerah masing-masing. Kukar sendiri menjadi daerah lintasan peserta menuju lokasi LT IV.

Menurut Sigit, regu penggalang Kukar akan bergabung dengan regu lainnya di daerah Kukar sendiri. Sedang regu penggalang tuan rumah Kubar akan bergabung setibanya regu penggalang dari 13 Kuarcab kabupaten/kota. Bergabungnya regu penggalang dari dua kabupaten ini sekaligus menandai dimulainya iklim lomba.

"Sesampainya di Kubar regu penggalang sudah steril. Mereka tidak bergabung lagi dengan bina pendamping masing-masing. Bina pendamping akan dipisah di kem khusus yang diberi nama Karang Pamitran yang berisi seluruh pembina pendamping, pelatih dan partisipan atau anggota dewasa yang hadir saat kegiatan tapi tidak terlibat kepanitiaan," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan LT IV Gerakan Pramuka Penggalang Kaltim tahun 2012 sedikit berbeda dengan LT IV sebelumnya. Sebab, di kapal atau sejak perjalanan, peserta sudah diberi bekal-bekal ceramah tentang kepemudaan, kepramukaan, kerohanian dan tatacara hidup bermasyarakat. Selain itu dilakukan pemutaran film yang sifatnya memotivasi seperti gambaran sejarah berdirinya Pramuka hingga saat ini.

Friday, 16 March 2012

Alhamdulillah Pesanan dari Mamuju Sudah Nyampe



Terima kasih kepada kak Muh Ashar dari Saka Wirakartika Mamuju yang sudah memesanan produk dari Kedai Pramuka Scout Addict, Semoga sesuai keinginan kakak, kami siap membantu dalam melengkapai atribut kepramukaan kakak serta Pramuka Mamuju

Semoga dapat terus bekerjasama, Amiin...

Pengembaraan Pramuka SMKN 1 Sungailiat

BANGKA - Enam anggota Pramuka Gudep 01 233-234 Bangka melakukan perjalanan dari Sungailiat, Bangka menuju Koba, Bangka Tengah. Kegiatan bertema pengembaraan itu berlangsung selama empat hari tiga malam.

"Kami berangkat jalan kaki hari Rabu (14/3/2012) jam 9 pagi dari SMKN 1 Sungailiat. Kegiatan pengembaraan, salah satu program kerja kenaikan tingkat. Sekarang kami penegak bantara menuju tingkat laksana," Bayu Rahendra, seorang anggota pramuka Gudep 01 233-234 saat mengunjungi kantor Bangka Pos Group, Kamis (15/3/2012).

Mereka dilepas di SMKN 1 Sungailiat, oleh pembina Tri Harmoko dan didukung kepala sekolah. Dari Sungailiat tiba di Pangkalpinang, sore hari dan menginap di Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Babel.

"Setelah dari Pangkalpinang, jalan kaki lagi menuju Kurau. Nginap di Kurau jalan kaki lagi menuju Koba, tempat terakhir perjalanan kami," imbuhnya.

Bayu Rahendra, Benny O, Suci Aulia, Angga, M Iqbal dan Iswasdi Daeng Jaya berusaha menjadi pramuka sejati untuk melatih jiwa petualang dan patriotisme.

Sumber : tribunnews

Wednesday, 14 March 2012

Pramuka Hindarkan Perilaku Negatif

Batulicin – Guna menghindarkan generasi muda dari prilaku atau kegiatan yang bersifat negatif, maka kegiatan kepramukaan diharapkan dapat menjadi solusi.
Demikian dikatakan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming saat membuka lomba tingkat 3 regu pramuka panggalang kwartir cabang Tanah Bumbu di perkemahan satya dharma pulau salak kecamatan kusan hilir, Jumat (2/3/2012).

Kemerosotan moral akibat salah pergaulan serta merosotnya sikap nasionalisme terhadap negeri ini dapat dihindari melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat positif seperti kepramukaan yang mana didalamnya mengandung pesan-pesan moral agama, sosial, kemasyarakatan serta mencintai lingkungan.
Untuk itu, Bupati meminta kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanbu agar mengintruksikan sekolah-sekolah untuk mengaktifkan kembali kegiatan kepramukaan disore jumat atau sore sabtu dan bekerjasama dengan pihak TNI atau instansi terkait untuk mendidik disekolah-sekolah agar terbentuk karakter nasionalisme bangsa.

Selain itu, ujar Bupati, kegiatan kepramukaan ini hendaknya mampu menjadi penyemangat dan motivasi dalam rangka menumbuhkembangkan sikap terampil, berani, percaya diri, tanggung jawab, disiplin, jujur, aktif, dan kreatif.

Terkait pelaksanaan lomba, Bupati meminta kepada panitia agar dapat manjalankan lomba dengan pola kegiatan yang menarik, menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat bagi peserta didik.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan dari tanggal 2 - 4 Maret 2012 meliputi kegiatan mental dan spiritual, peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan tekhnologi, peningkatan keterampilan, persaingan sehat dan persaudaraan. Peserta terdiri dari regu panggalang putra sebanyak 75 orang dan penggalang putri sebanyak 75 orang yang mewakili dari 7 kwartir ranting.

Tatop Brigade Penolong


Tatop Brigade Penolong
Bagi kakak-kakak anggota Brigade Penolong Jawa Timur tidak usah bingung lagi mencari tanda topi. Kedai Scout Addict telah menyediakan untuk kakak-kakak semua

Tuesday, 13 March 2012

Penghijauan Pramuka Sambas

Pemangkat–Bekas galian C membuat Gunung Gajah di Kecamatan Pemangkat rawan longsor. Agar kondisinya hijau dan asri kembali, Bupati Sambas dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH mengajak anggota pramuka menanam pohon, Minggu (11/3).

“Penghijauan lingkungan harus kita lakukan mulai sekarang. Caranya dengan menanam pohon, supaya ke depan dapat menghijaukan alam hingga menjadi asri dan alami. Ini dilakukan agar lingkungan kita menjadi sejuk dan nyaman serta dapat menghindari terjadinya longsor,” papar Juliarti.

Aksi tanam pohon dilakukan bersama pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sambas dan muspika, melibatkan 500 anggota pramuka. Mereka menanam 1.300 bibit pohon mahoni dan trembesi bantuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sambas.

“Pohon yang ditanam harus dipelihara dengan baik. Ini dilakukan agar hutan lindung Gunung Gajah kembali lestari,” kata Juliarti.

Diungkapkan Juliarti, pramuka harus mampu menjaga kelestarian alam dengan menciptakan penghijauan, apalagi dalam keteladanan pramuka lebih ditekankan mencintai lingkungan. Sebagai generasi muda Kabupaten Sambas, kata Juliarti, pramuka harus terus berkreasi dan berinovasi menjadi manusia unggul.

“Karena pramuka merupakan wadah penempaan diri menjadi manusia yang memiliki kepribadian, berkarakter dan berbudi luhur,” ucapnya.

Menjaga kelestarian alam bagi pramuka bermanfaat untuk melatih fisik dan mental, sehingga menjadi pemuda yang tangguh. Peran sekolah tentunya sangat penting, karena setiap sekolah diwajibkan melaksanakan kegiatan pramuka. “Agar menjadi pramuka sejati, harus menguasai Dasa Dharma Pramuka dan tidak ikut-ikutan saja. Melainkan harus menjiwai makna pramuka itu sendiri,” imbau Juliarti.

Sementara itu, mewakili Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Sambas Drs H Dailami Msi mengungkapkan kegiatan penghijauan yang dilakukan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Perkemahan Dewan Kerja Pramuka se-Kabupaten Sambas. Kegiatan tersebut dipusatkan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sambas di Pemangkat, Sabtu-Minggu (10-11/3).

“Melalui kegiatan penghijauan ini, kita harapkan semakin meningkatkan rasa cinta kita terhadap kelestarian lingkungan, sehingga lingkungan menjadi asri dan alami,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Pemangkat Burhani B Soni. Penghijauan ujarnya, merupakan langkah awal melestarikan lingkungan di Kecamatan Pemangkat yang sebagian dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. “Dengan dilaksanakan penghijauan, diharapkan tidak saja hanya pramuka yang perhatian, melainkan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sambas, khususnya di Kecamatan Pemangkat,” tandasnya.

Sumber : equator-news

Monday, 12 March 2012

Baret Istimewa


Baret Istimewa kualitas setara TNI/POLRI, tersedia warna cokat dan coklat gelap. Semoga bisa memenuhi selera taribut perlengkapan pramuka kakak-kakak semua

Sunday, 11 March 2012

Perti Bakti Husada Tapin

RANTAU - Pramuka Karya Saka Bakti Husada se Kalsel berkumpul di Lapangan Sepak Bola Polres Tapin selama 4 hari, mulai Kamis (8-11/3/2012).

Pantauan BPost Online, Sabtu (10/3/2012) pramuka yang sudah tiba dari Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tanahlaut (Tala), Balangan, Tanbu, Poltekes Banjarmasin dan Tapin. Para pramuka saka bakti husada ini telah memasang kemah mengitari lapangan sepak bola Polres Tapin.

Suasana keakraban tampak terjalin erat sesama pramuka itu. Beberapa kelompok pramuka latihan baris berbaris, ada juga menggelar aksi yel-yel dengan memplesetkan lagu-lagu yang mengundang tawa peserta lainnya.

Kegiatan kemah bakti husada akan menggelar kegiatan sosial, religus dan kemanusiaan. Kegiatan itu; memberi bimbingan cara menggosok gigi yang benar ke beberapa SD, bersih-bersih lingkungan sekolah dengan membuat bak sampah.

Kemudian membersihkan tempat wisata religius yang ada di Tapin, di antaranya Makam Syekh Salman Al Farisi, Datu Sanggul dan Datu Nuriya.

Juga peragaan pembuatan menu makanan ringan bergizi untuk korban bencana, jelas panitia, Dwi Surianto kepada Bpost.

Peserta kemah bakti husada sebanyak 300 orang itu juga akan menggelar beragam lomba di antaranya cerdas cermat, lomba membuat makanan ringan bergiji dan sebagainya.

Kepala Dinas Kesehatan Tapin, Errani Martin mengatakan kemah karya saka bakti husada itu yang pertama di Kalsel.

Inti dari pertemuan itu tukar-menukar pengetahuan dan keterampilan tentang kepramukaan, sekaligus memupuk silaturahim, jelas Errani Martin.

Saturday, 10 March 2012

Badge Wing Pengembara


Atas permintaan kakak-kakak kami dari Scout Addict akhirnya menghadirkan wing pengembara berbentuk badge dengan bahan rajut. Semoga dapat memenuhi permintaan kakak-kakak semua

LT IV Kaltim Ditunda

SENDAWAR - Karena berbenturan dengan jadwal ujian kelas 3 SMP, kegiatan lomba tingkat (LT) IV Pramuka se-Kaltim yang akan dilaksanakan di Kubar, pada 29 Maret 1 April 2012 ditunda. Dijadwalkan akan dilaksanakan 4 sampai 8 April 2012. Penundaan ini sesuai surat dari Kwarda Pramuka Kaltim kepada Kwartir Cabang Pramuka Kubar.

“Yang pasti penundaan itu karena ada ujian kelas SMP. Kalau soal kesiapan di Kubar segaai tuang rumah yang akan menggunakan lokasi perkemahan di lapangan Makodim 0912/Kubar sudah siap 80 persen hingga saat ini,” kata Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kubar Agus Afifuddin didampingi Ketua Ketua Panitia YM Puncan Karna, kepada harian ini, kemarin.

Dengan diundurnya kegiatan ini, kata dia, selain lebih memantapkan persiapan lokasi kegiatan dan juga para peserta dari penggalang Pramuka Kubar. “Kubar mengirim 2 regu yaitu regu penggalang putra gudep SMP Negeri 2 Sendawar Jalan Gunung AJI Kecamatan Melak, dan regu penggalang putri gudep SMP Negeri 1 Sendawar
Kecamatan Barong Tongkok,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk kesiapan peserta dari kabupaten dan kota di Kaltim juga belum ada surat penyataan memundurkan diri terkait ditundanya kegiatan LT IV Pramuka se-Kaltim di Kubar ini. “Artinya mereka (kabupaten dan kota) siap mengikutinya,” katanya. Dia menyebutkan, masing-masing kwarcab mengirim 2 regu. Jadi ada 28 regu se-Kaltim. Masing-masing regu didampingi oleh 1 pembina damping yang akan melaksanakan kegiatan tersendiri, dipusatkan di guest house Pemkab Kubar.

Sumber :kaltimpos

Thursday, 8 March 2012

Raimuna VII Sumatera Utara

Anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dari 33 kabupaten/kota se Sumatera Utara, akan mengikuti kegiatan Raimuna VII tingkat Sumatera Utara di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit, Sumatera Utara.
Kegiatan yang dilaksanakan pada 12-18 Maret 2012 ini, kata Wakil Ketua Bidang Humas/Abdi Masyarakat Kwarda Pramuka Sumut, Zaki Abdullah, akan diikuti sebanyak 2500 anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

"Kegiatan yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif itu juga diikuti tiga kontingen dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) sebagai peninjau," kata Zaki Abdullah kepada wartawan di Sanggar Kwarda Pramuka Sumut di Medan, Rabu (7/3).

Zaki Abdullah yang mewakili Ketua Harian Kwarda Pramuka Sumut H Nurdin Lubis menyampaikan, dari 2500 peserta Raimuna VII Sumut itu, yang sudah mendaftar sampai hari ini sebanyak 2100 peserta dan Insya Allah seluruh target peserta yang mengikuti kegiatan akan mendaftar pada beberapa hari ke depan.

Menurut Zaki Abdullah, tujuan Raimuna VII Sumut tersebut adalah sebagai ajang perekat tali persaudaraan dan pembinaan generasi muda."Kegiatan perkemahan selama seminggu itu adalah sebagai alat pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, dan pertemuan besar tersebut dimaksudkan untuk melakukan kegiatan rekreatif sambil mengisinya dengan aktivitas bersifat kreatif, produktif, edukatif dan inovatif," ujar Zaki Abdullah.

Monday, 5 March 2012

Pramuka Unila Adakan Lokabina Karana Adhiguna

Pada 10-11 Maret 2012 mendatang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Lampung (Unila) akan menggelar kegiatan besar. Kegiatannya bertajuk Lokabina Karana Adhiguna (LKA).

UKM yang merupakan salah satu Gugus Depan Pramuka yang berpangkalan di Perguruan Tinggi (Perti) ini setiap tahunnya melaksanakan LKA sebagai ajang bertemunya para anggota Pramuka dan evaluasi program kegiatan yang telah dilaksanakan di gugus depan masing-masing dari tingkat Siaga (SD), Penggalang (SMP), Penegak (SMA) dan Pandega (Perti).

Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Gugus Depan Bandar Lampung 11.033–11.034 yang kini berusia 30 tahun.  Selain itu, juga diadakan sebagai wahana peningkatan citra Provinsi Lampung ditingkat nasional.

Lokabina Karana Adhiguna akan dilaksanakan bertepatan dengan momentum ulang tahun ke-48 Provinsi Lampung.

Kegiatan Lokabina Karana Adhiguna yang merupakan salah satu rangkaian Lustrum VI ini mengusung tema “Bangun persaudaraan dan uji kemampuan sebagai Pramuka berkualitas”.

Kegiatan yang digelar di Unila ini akan menyerap peserta anggota Pramuka tingkat Siaga (SD), Penggalang (setingkat SMP), Penegak (setingkat SMA), dan Pandega (Racana Perguruan Tinggi) se-Indonesia. 

Perlombaan untuk Siaga berupa Bazar Siaga. Untuk Penggalang  terdapat Lomba pidato Bilingual,     Lomba PBB, Lomba Pioneering, Lomba Senam Pramuka, dan Lomba Solosong.

Bagi Penegak disediakan lima cabang lomba, yakni: LCTP, Lomba Joget Komando, Lomba Speech Contest,  Lomba Tata Upacara Bendera, dan Lomba PBB. Sementara untuk Pandega terdapat Lomba Teknologi Tepat Guna, Lomba Musik Perkusi, dan Lomba Mading.

LKA rencananya dibuka secara resmi oleh Gubernur Lampung selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka. Pembagian hadiah bagi para pemenang LKA dan juga Napak Tilas akan dilakukan pada tanggal 11 Maret saat Upacara Penutupan.

Undangan kegiatan dapat di download di link ini atau di link ini. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Wulan (085279405444) dan Sandi (08982509749).

Sunday, 4 March 2012

Seleksi DKD Jatim (PAW)

Sebagaimana amanah Muspanitera tahun 2010, Dewan Kerja Daerah Jawa Timur akan mengadakan seleksi Anggota DKD masa bakti 2010-2015 (Pergantian Antar Waktu).

Dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Hari/ tanggal : Sabtu – minggu/ 10-11 maret 2012
2. Pukul : 08.00 WIB -selesai
Tempat : Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Jl. Raya Kertajaya indah 77A Surabaya 60116
Persyaratan peserta dibawa saat seleksi:
Umum
a. Aktif di gugusdepan, ditunjukkan dengan surat keterangan pembina gugusdepan
b. Untuk anggota dewan kerja melampirkan SK Kwartir
c. Minimal penegak bantara dibuktikan dengan foto copy SKU
d. Berusia 17-23 tahun, dibuktikan dengan fotocopy KTP
Khusus
a. Mendapat rekomendasi dari kwartir cabang
b. Mendapat ijin orang tua
c. Pernah mengikuti LPK atau pelatihan sejenis ( kepemimpinan ) ditunjukkan dengan foto copy sertifikat
d. Mengisi form biodata peserta
e. Surat keterangan sehat dari dokter
f. Foto terbaru seluruh badan ( 3R )
g. Foto 3x4 berwarna, berseragam pramuka
h. Foto copy kartu keluarga
i. Menyertakan foto copy piagam atau sertifikat kegiatan yang pernah diikuti
J. Membuata essay tentang “ kondisi wadah pembinaan penegak pandega di wilayahnya masing-masing”
Nb :
Semua persyaratan dimasukkan kedalam map berwarna merah dan diserahkan pada saat registrasi seleksi tanggal 10 Maret 2012. Cantumkan nama, jenis kelamin, golongan dan domisili di depan map
3. Konfirmasi keikutsertaan paling lambat tanggal 8 Maret 2012 via email ke dkd_13@yahoo.com atau melalui Contact Person : 085732398210 an. Mas’ul Hadi, ( 031) 91300324 Call Center DKD Jatim
4. Peserta diharapkan hadir di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur pada tanggal 10 maret paling lambat pukul 07.00 WIB.
Syarat dan Form Seleksi Dapat di download disini

Sumber : dkdjawatimur

Saturday, 3 March 2012

Ikat Pinggang Logo Gerakan Pramuka


Ikat Pinggang logo Gerakan Pramuka menjadi pelengkap dalan berseragam pramuka lengkap. Ikat pinggang berbahan kuningan murni dengan sistem press, tali memakai nylon halus jadi kualitas terjamin

Friday, 2 March 2012

Sosialisasi Jasa Raharja Bagi Anggota Pramuka Kwarcab Lebak

Plt Kepala Cabang Jasa Raharja Banten, H. Khairil, bersama Kanit Pelayanan, H. Nani Chusaeni, Kanit Teknik, Nickman Surbakti, dan Kanit Humas & Hukum, H.M. Chahyadi, Sosialisasi pemahaman tentang Misi dan Visi Jasa Raharja terhadap anggota pramuka kwarcab Kab. Lebak pada hari Rabu tanggal, 29 Pebruari 2012, di Pusdiklat Angkatan Darat Ciuyah Kab. Lebak. dihadiri Asda 4 Kab.Lebak , Dandim serta undangan lainnya.

H. Khairil, dalam acara sosialisasi menyampaikan tentang Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pengelola UU.No. 33 dan 34 Thn 1964 Jo. PP.No. 17 dan 18 Thn 1965, guna memberikan jaminan santunan kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum, setelah memberikan pemahaman dan pencerahan Kepala Cabang memberikan pertanyaan kepada peserta , dengan menyediakan hadiah 2 Hp dan 5 Helm.

Para peserta dengan penuh rasa gembira dan antusias memberikan jawaban atas pertanyaan dari Jasa Raharja, semua pertanyaan dijawab baik oleh para peserta.

Ketua Kwarcab pramuka Kab. Lebak Suganda berterima kasih kepada Jasa Raharja yang telah memberikan pemahaman tentang Jasa Raharja, mudah-mudahan para peserta bisa menyampaikan kembali kepada masyarakat bila ada masyarakat yang membutuhkan cara pengajuan santunan kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum. Ketua Kwarcab pramuka mengharapkan kerjasamanya berkesinambungan antara Jasa Raharja dan pramuka.

Sumber : jasaraharja