Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Friday, 28 September 2012

Kemah Kampus IAIN Ar Raniry Banda Aceh

BANDA ACEH – Puluhan anggota Pramuka yang berasal dari 23 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Aceh pagi tadi berkunjung ke Museum Tsunami di Banda Aceh, Kamis, 27 September 2012.

Anggota Pramuka berpangkat Penggalang tersebut hadir ke Banda Aceh dalam rangka kegiatan Pramuka Kemah Kampus yang diselenggarakan oleh IAIN Ar Raniry Banda Aceh.

“Acara ini telah berlangsung selama empat hari, dan khusus untuk hari ini materi yang diajarkan adalah mengenal wisata, makanya kami bawa mereka kemari,” ujar Munawir, panitia acara tersebut kepada The Atjeh Post, Kamis, 27 september 2012.

Kegiatan Pramuka Kemah Kampus ini kata Munawir, melibatkan ratusan siswa tingkat SMP dan pelajar SMA se Aceh. “Untuk materi pengenalan wisata hari ini khusus untuk Penggalang atau setingkat SPM, sedangkan untuk Penegak atau tingkat SMA tidak,” katanya.

Para peserta kata Munawir sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Selama acara peserta juga diberikan kegiatan lain seperti jelajah alam, syahril quran dan pentas seni.

Sumber : atjehpost

Wednesday, 26 September 2012

Badge Internet Scouting


Dalam menyambut Joti 2012 Kedai Pramuka ScoutAddict menghadir kan koleksi baru, yaitu badge Internet Scouting, dengan pengerjaan full bordir, diameter lingkaran 6,5 cm.

Semoga kakak-kakak Pramuka Indonesia berkenan dengan prduk kami

Tuesday, 25 September 2012

Raimuna Kwarcab Bogor 2012

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 51 tahun 2012, Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Raimuna cabang ke 9 tahun 2012 selama empat hari, terhitung mulai Senin (24/9) hingga Kamis (27/9), bertempat di bumi perkemahan Cimandala, Kelurahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Raimuna cabang ini merupakan kegiatan berkumpulnya seluruh anggota Pramuka yang terdiri penggalang, penegak, dan pandega se - Kabupaten Bogor melalui kegiatan perkemahan. 

Saat membuka acara ini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bogor Didi Kurnia menyatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan dan pelatihan untuk melahirkan pemimpin di masa depan. " Kegiatan ini sangat baik bagi pembentukan karakter kaum muda, sehingga kedepannya para anggota Pramuka ini harus menjadi pemimpin," katanya. 

Ia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan rasa kebangsaan. "Kegiatan ini juga untuk meningkatkan rasa patriotisme dari para anggota Pramuka di wilayah Kabupaten Bogor," tambahnya. 

Dalam kegiatan ini, Kadisdik juga menyematkan penghargaan Darma Bhakti Pancawasa kepada Ati Herawati, Atje Sugiri, H. AR. Brasjah Kasim, Kosim Suryana, E. Sabriah, Tatang Rasmana, Cristina Sri, Eko Sumarsono, Agus Hardianto, Hermin Cahyati, Rodi Kurniadi, Doris Sundari, Apriyadi, serta Mustofa Kamil. Selain itu, Kadisdik juga memberikan penghargaan dari Badan Sar Nasional kepada Mecky MF Mamotto, Lulus Ruslan, M. Iswahyudi, Apriyadi, Khoerudin, M. Lutfi Kadhafi, Asep Awaludin, Wahyu Hidayat, Edi Darmadi, Arif Saripudin, dan Septian Dwi Cahya atas partisipasinya dalam proses evakuasi pesawat sukhoi di gunung salak beberapa waktu lalu. Sumber : bogorkab.go.id

Saturday, 22 September 2012

Pramuka Teruslah Menjaga Independensi

Manado - Digelarnya HUT ke-51 Pramuka, Jumat (21/9) siang ini berjalan lancar. Kegiatan yang dilangsungkan dengan penyerahan beberapa penghargaan oleh Walikota Manado, GS Vicky Lumentut itu berdasarkan pantauan beritamanado.com, juga dimeriahkan dengan diperagakannya drum band dari SMA Katolik Akuino Manado.

 ”Saya berpesan agar Kaka-kaka Pramuka terus intens menggembleng dan membina disiplin, keberanian, dan komitmen para Adik-adik Pramuka, sehingga bisa tumbuh menjadi generasi yang terbaik. Tatanan jaman yang terus berganti, diharuskan juga muncul generasi yang punya komitmen tinggi melakukan berbagai hal positif demi memajukan negara ini,” pesan Lumentut. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Manado, Dante Tombeg, dilokasi HUT, ketika diwawancari memberikan apresiasi pada seluruh pembina dan senior-senior Pramuka Kota Manado yang selalu memperhatikan perkembangan Pramuka.

 ”Yang paling penting, adalah semangat mengembangkan dan menjalankan apa yang menjadi tujuan dari Pramuka. Selain itu, saya berharap agar keluarga besar Pramuka tetap menjaga independensi Pramuka, yang menjadi keistimewaan gerakan ini. Mari kita bahu-membahu menciptakan kreativitas dan inovasi demi mengukir karir, memajukan Pramuka yang ada di Kota ini, HUT ke-51 mestinya menjadikan Pramuka lebih maju dan dewasa, itu yang kita harapkan bersama,” urai Tombeg. Sumber : beritamanado.com

Tuesday, 18 September 2012

Sleeping Bag / Kantong Tidur



Sleeping Bag
Merk : ScoutAddict
Harga IDR. 125.000
dalam lapis polar



Sleeping Bag Sleep Warmen
Merk : Consina
Harga Rp. 175.000



Saturday, 15 September 2012

Kwarcab Tegal Salurkan 4 Mobil Tangki Air Bersih

Gerakan Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal melalui bidang Abdimas dan Humas, menyalurkan bantuan air bersih untuk 2 desa Kecamatan Kedungbanteng dan Jatinegara.

Empat Tangki mobil yang membawa air bersih berkapasitas 5000 liter secara simbolis dilepas Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, dari depan Rumah Dinas Bupati Tegal usai upacara HUT Pramuka ke 51, Jum’at (14/9).

Sekretaris Bidang Abdimas Humas, Teguh Herdi Sancoyo mengatakan, pemberian air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan merupakan bentuk kepedulian Pramuka khususnya Pramuka Peduli yang bertujuan untuk meringankan warga masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih karena kekeringan.

“Bantuan yang kita kirim berjumlah 4 tangki dengan kapasitas 5000 liter, dengan sasaran yakni di Kecamatan Kedungbanteng 2 desa, Sumingkir dan Penujah. Dan untuk Kecamatan Jatinegara yakni desa Capar,” katanya.

Dikatakan Teguh, bantuan ini juga diberikan sekaligus dalam momentum HUT Pramuka ke 51 tahun 2012 yang dimanfaatkan Pramuka untuk berbagi kepada sesama masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuan air bersih ini sangat tepat, karena air sebagai salah satu kebutuhan Primer masyarakat,” imbuhnya.

Teguh berharap, bantuan yang diberikan oleh Gerakan Pramuka dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat akan kebutuhan air.*

Sumber : jatengtime

Friday, 14 September 2012

Lahan Buper Kwarcab Nunukan Masih Tahap Pembebasan

NUNUKAN - Wakil Bupati Nunukan Hajjah Asmah Gani memastikan, Pemkab Nunukan terus berupaya membebaskan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan bumi perkemahan Pramuka Kabupaten Nunukan. Saat ini, lahan dimaksud masih dalam tahap pembebasan.

"Untuk bumi pekemahan sudah ada, tinggal pelaksanan. Ini masih proses. Karena masalahnya ada satu peraturan yang harus kita taati untuk ganti rugi. Lahannya sudah ada, tinggal kita ganti rugi," ujarnya.

Sebelumnya sorotan disampaikan karena hingga kini Pemkab Nunukan dengan leading sektor Dinas Pendidikan Nunukan belum melakukan tindakan apapun untuk membebaskan lahan bumi perkemahan Pramuka. Padahal tahun anggaran 2012 ini, melalui Dinas Pendidikan Nunukan telah dianggarkan Rp 1 miliar untuk pengadaan lahan bumi perkemahan Pramuka.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan Haji Trisno Hadi menyayangkan, karena dengan dana Rp 1 miliar yang tersedia, hingga kini Dinas Pendidikan belum melakukan proses apapun untuk mendukung terealisasinya bumi perkemahan bagi Pramuka.

"Itu sudah berapa kali kita mendatangi Kepala Dinas Pendidikan. Kita sudah mendatangani Pemda. Pemda sudah mengadakan rapat dengan bidangnya yang membidangi pertahanan itu. Sudah kelihatannya, ini harus Dinas Pendidikan segera bergerak," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Nunukan ini mengatakan, Pramuka hanya sebagai pemakai bumi perkemahan tersebut. Tanah milik Pemkab Nunukan diserahkan kepada Pramuka untuk mengelola. Jika nantinya terkait dengan pembangunan fisik di dalam bumi perkemahan, tentu akan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum Nunukan.

Pemkab Nunukan telah menetapkan lokasi bumi perkemahan seluas 10 hektare di Desa Binusan, Kecamatan Nunukan. Proses pengadaan bumi perkemahan telah dilakukan Kwartir Cabang Pramuka Nunukan sejak 2007. Bahkan sebagian pemilik tanah yang ada di Desa Binusan rela berhutang demi mengurus administrasi tanah mereka.

Trisno mengatakan, bumi perkemahan Pramuka ini sebenarnya peruntukannya tidak hanya untuk Pramuka. Namun nantinya dapat digunakan untuk kepentingan umum seperti organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat.

Sumber : tribunnews

Stiker Pramuka



CS Tunas
Cutting Stiker
Warna Perak
Harga IDR. 4.000
Ukuran : 5cm x 6cm




CS Wosm
Cutting Stiker
Warna Perak
Harga IDR. 4.000
Ukuran : 6cm x 6cm

Thursday, 13 September 2012

Pelatihan Saka Wira Kartika Kwarcab Tapanuli Selatan

Tapsel, (Analisa). Bupati H. Syahrul M Pasaribu membuka secara resmi pelatihan pramuka saka wira kartika di bumi pramuka Desa Gunung Binanga Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan, kemarin.
Dalam sambutannya, Bupati Tapsel H. Syahrul Pasaribu mengatakan, sebagai generasi penurus bangsa, anggota Pramuka dituntut agar mempersiapan diri, baik ilmu, keterampilan, ketangkasan, mental dan budi pekerti serta memiliki sifat patriotisme yang tinggi, karena tugas bela negara bukan hanya tanggung jawab TNI, tetapi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

Dikatakan, keberadaan gerakan pramuka telah eksis di bumi Indonesia ini sejak 51 tahun yang lalu yaitu sejak terbitnya Kepres o. 238 tahun 1961.

"Sistem dan pendidikan yang dilakukan gerakan pramuka telah diakui banyak mamfaatnya dalam segala lini kehudupan, terutama membentuk karakter dan keperibadian bangsa, " ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, jika dicermati, pendidikan kepramukaan merupakan proses pendidikan non formal atau pendidikan di luar sekolah dan diluar keluarga.

Selain dihadapkan dengan uji mental berupa tantangan, seperti naik/turun tebing, PBB, materi dan teknik dan bentuk pendidikan Pramuka juga sangat menarik, menyenangkan, sehat, teratur, praktis dan umumnya dilakukan dalam tempat terbuka, sehingga sangat diminati oleh generasi muda

"Perkembangan gerakan pramuka terus diupayakan, yang semuanya bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, " terangnya.

Pelatihan Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan gelombang ke V dilaksanakan selama 3 hari mulai 10 - 12 September 2012 diikuti 266 peserta dari SMA/SMK se- Tapsel.

Hadir dalam acara itu, Dandim 0212 Tapsel, Letkol. Edi Hartono, Para Kwarcap Paramuka, Camat Marancar dan lainnya.

Wednesday, 12 September 2012

Penjepit Dasi Pramuka



Penjepit Dasi Tunas

Harga IDR. 25.000
Panjang 6cm





Penjepit DasiWosm
Harga IDR. 25.000
Panjang 6cm







Saturday, 8 September 2012

Pesanan 250 Baret


Ahmdulillah sudah selesai dikirim pesanan 250 baret warna biru laut sesuai keinginan pemesan. Kami ucapkan banyak terimakasih, semoga berkenan. kami tunggu pesanan selanjutnya

Friday, 7 September 2012

Kwarcab Kepulauan Selayar Diminta Konsolidasi Anggota

KEPULAUAN SELAYAR – Di atas lahan sekitar kurang lebih 3 HA, Bumi Perkemahan Subur Desa Bontotangnga Kecamatan Bontoharu, akan dibenahi dan akan diperbaiki dimasa yang akan datang. Berkaitan dengan revitalisasi dan efektifitas keberadaan Kwarcab bersama seluruh jajarannya yang baru saja dilantik, beberapa catatan yang perlu diperhatikan terutama adalah konsolidasi personil.

Demikian beberapa diantaranya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H Saiful Arif, SH, selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, selaku pembina upacara, ketika menutup secara resmi Kemah Bhakti Pramuka dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 51 tahun 2012, di Bumi Perkemahan Subur, Desa Bontotangnga Kecamatan Bontoharu kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu, (6/9). Hadir diantaranya Anggota Mabicab Kwarcab yang juga pejabat lingkup Pemkab kepulauan Selayar.

Dalam penutupan Perkemahan Bhakti Pramuka tersebut juga diwarnai dengan penyematan penghargaan Lencana Pancara Warsa, VI, V, IV dan III kepada puluhan anggota Mabicab Kwarcab gerakan pramuka Kepulauan Selayar. Selain itu juga ditandai pencabutan tanda peserta perkemahan dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba yang dilaksanakan selama berlangsungnya perkemahan serta penyerahan Piala kepada pemenang Juara I.

“Pramuka hingga saat ini tidak pernah melakukan perkemahan seperti tahun tahun sebelumnya, sehingga dengan perkemahan yang pertama, maka kwartir Cabang akan membangkitkan motivasi kita semua, sehingga kedepan tetap akan dilakukan kegiatan berjenjang, termasuk bila perlu bumi perkemahan Subur yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, akan diisi dengan kegiatan kegiatan lain da intinya harus dimanfaatkan dengan sebaik baiknya,”jelasnya. Semua bisa terlaksana jika melalui rapat kerja yang outputnya akan lahir kalender Kwarcab Gerakan pramuka.

Oleh karena itu nantinya akan terbentuk perkemahan berbagai tingkatan, perkemahan kelompok Siaga, Penegak serta Penggalang serta kelompok lainnya. Selain itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH, juga mengatakan bahwa tahun ini pula Kwarcab dalam rangka konsolidasi anggota, juga bertekad akan melakukan Safari Kwartir Ranting (Kwarra) Gerakan Pramuka untuk melakukan pelantikan Pengurus Kwarra, terutama di Kecamatan Kepulauan, sekaligus memanfaatkan musim teduh.

Wednesday, 5 September 2012

Jangan Politisasi Gerakan Pramuka

Makassar  - Kepala Hubungan Masyarakat Gerakan Pramuka Kwartir Kota Makassar, Aswis Badwi menegaskan, jangan memolitisasi Gerakan Pramuka terkait pemilihan gubernur Sulawesi Selatan 2013. Banyak pejabat publik dan struktural menjadi pengurus inti Gerakan Pramuka, baik di kwartir nasional hingga daerah dan cabang.

"Saya berharap agar jangan politisasi gerakan pramuka oleh orang tertentu untuk meraih kekuasaan, " katanya di Makassar, Rabu.

Badwi mengatakan, gerakan pramuka adalah gerakan organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia dan terstruktur mulai tingkat SD hingga Perguruan Tinggi.

"Pada kejadian lalu, beberapa pembina dipecat namun pada dasarnya dipindahkan karena tidak mendukung calon tertentu. Bahkan beberapa pembina diduga ikut berpolitik, itu merupakan kesalahan besar," katanya.

Sebelumnya, Ketua Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, yang juga bubernur setempat dan bakal calon gubernur periode mendatang, terkesan menyampaikan "pesan-pesan tertentu" kepada kader-kader pramuka dalam pertemuan Kwartir Pramuka se-Sulawesi Selatan.

Pada pertemuan tersebut di hadiri Menteri Lingkungan Hidup, Prof Balthasar Kambuaya, Limpo menyatakan pernyataan-pernyataannya off the record kepada wartawan yang sedang meliput kegiatan tersebut.

Kambuaya hadir guna memberikan pembekalan lingkungan hidup bagi pramuka bekerjasama Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumapapua, Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kwartir Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan.

Badwi juga menegaskan, gerakan pramuka adalah gerakan independen dan tidak terlibat politik apalagi dukung mendukung salah satu kandidat pada pemilihan gubernur Sulawesi Selatan 22 Januari 2013

Sumber : antaranews

Ikat Pinggang Logo Gerakan Pramuka Golden/Sepuh Emas

Satu lagi koleksi terbaru dari kami ikat pinggang logo Gerakan Pramuka dengan bahan kuningan Golden ato juga disebut sepuh emas. Warna tidak pudar. Bisa melayani dalam jumlah banyak karena barang langsung dari produsen bukan distributor

Tuesday, 4 September 2012

Gerakan Pramuka Tak Boleh Tergerus Zaman

[JAKARTA] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan agar pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh zaman, melainkan tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti, dan mencintai alam.

Gerakan Kepramukaan juga diharapkan tetap menjadi instrumen yang dibutuhkan oleh para siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan sebagai tempat yang menyenangkan, untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat generasi muda secara positif selain tempat belajar berorganisasi, bergotong royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antarsesama.

“Kita semua memiliki tekad yang sama. Kita tidak ingin Gerakan Pramuka melemah aktivitasnya, kurang bersemangat, dan berjalan seadanya. Perlu langkah bersama agar Gerakan Pramuka menjadi kebutuhan bagi pengembangan nilai-nilai yang mulia, seperti terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang sangat tinggi makna filosofinya, sekaligus memiliki nilai keteladanan yang luhur,” ujarnya pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 Gerakan Pramuka dengan tema Kemandirian Gerakan Pramuka dan Pembentukan Karakter Kaum Muda, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Senin (3/9).

Presiden SBY menyadari, dunia semakin sempit dan mengglobal, batas-batas jarak semakin dekat, dan setiap perkembangan di belahan bumi lain dengan mudah dapat dilihat, namun di tengah arus kemajuan itu, generasi bangsa ini harus terus berusaha dan berikhtiar untuk membentengi jati diri sebagai bangsa, seraya mencari dan menciptakan peluang untuk kemajuan negeri kita.

“Jadikan Gerakan Pramuka sebagai solusi atas sebagian masalah yang dihadapi oleh para pelajar, sekolah, masyarakat, dan lingkungan. Dengan cara itu, kita yakin eksistensi Gerakan Pramuka akan terus sesuai dengan perubahan zaman,” tambah dia.

Untuk itu, SBY berpesan kepada kakak-kakak anggota dewasa Gerakan Pramuka agar lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah, untuk terus-menerus mencari inovasi yang menarik dalam memperkenalkan kepramukan di tengah-tengah masyarakat.

Di samping, ke depankan materi yang berkaitan dengan peningkatkan semangat bela negara, patriotisme pembangunan, kegotongroyongan, dan penghormatan keberagaman, tentunya materi-materi tentang cinta alam, manajemen krisis dan penanggulangan bencana, pendidikan SAR dan bantuan bagi kemanusiaan, yang juga sangat penting bagi Gerakan Pramuka.

“Mari kita mantapkan peran Gugus Depan sebagai tempat pendidikan anggota muda, dan pusat pelatihan sebagai tempat pendidikan bagi anggota dewasa. Ciptakan terobosan dan inovasi untuk menghadirkan aktivitas pendidikan kepramukaan yang lebih berbobot, berkualitas, dan menyenangkan bagi adik-adik kita,” pesannya.

Selaku Kepala Negara dan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, SBY menekankan agar Gerakan Pramuka dapat terus dijadikan sebagai wadah generasi muda, dalam membina akhlak, budi pekerti, watak, dan perilaku.

Gerakan Pramuka juga perlu terus ditingkatkan untuk mengasah keterampilan, inovasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar generasi kini dan mendatang memiliki daya saing yang tinggi. Gerakan Pramuka juga harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme.

“Jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri, dari pengaruh-pengaruh negatif dan buruk agar, generasi dan tunas-tunas bangsa tumbuh secara cemerlang,” tambahnya.

Presiden SBY mengingatkan, pada 2006 yang lalu telah dicanangkan sebuah tekad untuk melakukan Revitalisasi Gerakan Pramuka, yang merupakan peta jalan untuk memastikan bahwa pendidikan kepramukaan tetap diminati oleh generasi muda, serta memiliki manfaat bagi kemaslahatan sebagai warga bangsa dan warga dunia lainnya.

Pengakuan itu makin kokoh, dengan diundangkannya UU No. 22 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Adapun, revitalisasi yang mengandung makna penguatan dan akselerasi dibutuhkan sebagai sebuah proses transformasi diri melalui organisasi kepramukan secara independen, untuk terbentuknya berbagai fondasi mendasar.

Pertama, tumbuhnya sikap cinta tanah air. Kedua, terpupuknya solidaritas kemanusiaan. Ketiga, terbentuknya budaya kepramukaan. Keempat, terpatrinya budaya ke-Indonesiaan yang warna-warni.

Sunday, 2 September 2012

Pramuka Bantu Pemadaman Api di Gunung Walat

SUKABUMI - Puluhan anggota pramuka yang tergabung Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, Minggu (2/9) disiagakan di kawasan hutan Pinus Gunung Walat. Penyiagaan anggota pramuka yang tergabung Pengurus Besar (PB) Pramuka Peduli dilakukan untuk membantu proses pemadaman kobaran api yang melululhlantakan puuhan hektare hutan pinus Gunung Walat di Kedusunan Benda, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

“Kami telah menyiagakan anggota pramuka peduli untuk membantu tentara, polisi dan warga memadamkan api di Gunung Walat. Bahkan sehari sebelumnya, kami ikut serta menurunkan puluhan anggota pramuka untuk ikut membantu evakuasi warga dan pemadaman api,” kata Ketua Pengurus Besar Peduli Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, Didin Sumanto