Senin, 14 Januari 2013

Kwarcab Kabupaten Malang Juara Pramuka Garuda Jatim

SINGOSARI – Giat Prestasi Pramuka Garuda se Jatim yang digelar pada Sabtu-Minggu kemarin, menjadi milik Kabupaten Malang. Acara yang dibuka di lapangan Tumapel, Singosari mengantarkan Pramuka Garuda Kwarcab Kabupaten Malang menjadi juara umum dalam kegiatan yang diikuti Pramuka Garuda dari 38 kota dan kabupaten di Jatim.

Pramuka Garuda Kabupaten Malang meraih juara 1 regu putra dan putri. Grup putri pun menambah prestasi dengan menjadi juara III. Atas pretasinya itu, Kwarvab Kabupaten Malang dinobatkan menjadi juara umum. Kelompok putra-putri  yang meraih juara I yang mewakili Kabupaten Malang berasal dari SMPN 4 Kepanjen, sedangkan kelompok putri yang juara III berasal dari SMPN 1 Bantur.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi Pramuka di Kabupaten Malang. Untuk semua kelompok dapat disapu bersih oleh Pramuka Garuda Kabupaten Malang baik kelompok putra-putri,” kata Ketua Kwarcab Kabupaten Malang, H. Suwandi kepada Malang Post, kemarin.

Dijelaskannya, Pramuka Garuda yang ikut dalam giat prestasi Pramuka Garuda Jatim yang digelar pada akhir pekan kemarin, merupakan Pramuka-Pramuka Garuda terbaik di kabupaten dan kotanya masing-masing. Untuk menjadi Pramuka Garuda bukan hal yang mudah dicapainya.

Pramuka Penggalang ditetapkan sebagai Pramuka Garuda, jika telah memenuhi syarat-syarat antara lain, menjadi contoh yang baik dalam pasukan penggalang, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Tri Satya dan Dasa Dharma. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penggalang Terap. Memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penggalang, sedikit-dikitnya 10 macam dari 3 bidang TKK, sedikitnya 1 macam TKK tingkat utama dan 2 macam TKK tingkat madya.

“Ini akan menjadi teladan atau contoh bagi Pramuka-Pramuka lainnya yang ada di Kabupaten Malang. Apalagi, pada tahun ini juga Kabupaten Malang akan menjadi tuan rumah pertemuan Pramuka se Asean. Kabupaten Malang akan menjadi bhumi Pramuka,” ungkapnya.

Dalam giat prestasi Pramuka Garuda Jatim yang dibuka Bupati Malang Rendra Kresna digelar beberapa mata lomba untuk menguji ketangkasan, pengetahuan serta kretifitas dan inovasi para anggota Pramuka Garuda. Beberapa lomba yang digelar antara lain, peta pita, KIM, debat, karya tulis kreatif , menaksir haling rintang , P3K dan yel-yel. Dalam penjelajahan, mereka melalui situs-situs bersejarah di Singosari dan menggali segala informasi dan sejarahnya antara lain Candi Singosari, Candi Sumberawan dan Arca Dwarapala.

“Hasil penjelajahan di situs-situs sejarah itulah yang menjadi bahan lomba karya tulis kreatif para peserta. Mereka menggali sejarah situs bersejarah di Singosari,” tambah mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang itu.

Sumber : malang-pos

0 komentar:

Posting Komentar