Rabu, 06 Februari 2013

Pramuka Karimun Ikuti Pelayaran Nusantara

KARIMUN - Sebanyak 24 orang anggota Pramuka Karimun dan pembina yang tergabung dalam Saka Bahari Lanal Tanjungbalai Karimun mengikuti pelayaran lingkar nusantara II.
Pelayaran tersebut dimulai dari Jakarta-Tegal-Surabaya-Bali-Lombok dan kembali ke Jakarta menggunakan KRI mulai dari Senin (11/2) hingga Kamis (28/1).

Kontingen Saka Bahari Lanal Tanjungbalai Karimun tersebut dipimpin Kapten Laut (P) Nabil, dua orang pembina putra dan satu orang pembina puteri, peserta terdiri dari SMA 1, SMA 2 dan SMA 3. Selain itu, juga SMK Yaspika, SMA Maha Bodhi, SMK Vidya Sasana dan karyawan SDN 02 Karimun.

Pelepasan anggota Saka Bahari tersebut dilaksanakan dalam suatu upacara di lapangan Makolanal Tanjungbalai Karimun, Selasa (5/2), dipimpin  Kepala Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kabupaten Karimun Kakak Nurdin Basirun, sementara keberangkatan mereka dilangsungkan Rabu (6/2) ini melalui kapal Pelni.

Sebagai Kamabicab Kabupaten Karimun, Nurdin Basirun menyampaikan nasehat kepada adik-adik pramuka. Ia mengatakan,  kegiatan pelayaran lingkar nusantara ini merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat dalam memupuk kecintaan terhadap dunia bahari, apalagi bisa mengelilingi nusantara.

Nurdin meminta kepada anggota Saka Bahari untuk selalu menjaga kekompakan dan menjaga nama baik Karimun dimanapun berada.

"Kepada adik-adik, saya pesankan untuk selalu menjaga kesehatan dan jangan lupa menjaga nama baik Karimun dimanapun adik-adik berada," kata Nurdin.

Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Sawa melalui Palaksa Mayor Laut (P) Ashari Sunan Abidin mengatakan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan anggota Saka Bahari selama mengikuti kegiatan pelayaran lingkar nusantara II diantaranya mendapat pembekalan dari Menpora dan KPK di Jakarta, BG Migas di KRI, Walikota Tegal, Pangarmatim, Mendikbud, Menhan dan Gubernur AAL di Surabaya, Gubernur Bal.

Selain itu, peserta juga mendapat pembekalan dari Menpakeraf di Bali, Kepala Kwarnas dan temu tokoh Gubernur NTB di Buper. "Kegiatan kemudian dilanjutkan penanaman pohon di Tegal dan di Bumi Perkemahan Labuhan Haji Lombok Timur, donor darah di Lanal Tegal, kunjungan wisata ke Monjaya, Pantai Kuta dan Sanur di Bali," kata Ashari.

Sumber : haluankepri.com

0 komentar:

Posting Komentar