Sabtu, 20 Juli 2013

Maba Unnes Wajib Ikut Ospek Pramuka

Banyak cara yang menjadi pilihan perguruan tinggi untuk membantu mahasiswa baru (maba) dalam beradaptasi di lingkungan baru. Pramuka pun menjadi cara yang dipilih Universitas Negeri Semarang (Unnes) guna membantu para maba beradaptasi.

Untuk itu, Unnes mewajibkan seluruh maba tahun akademik 2013/2014 mengikuti Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) Unnes. Kegiatan tersebut akan digelar pada 22 dan 23 Agustus di fakultas masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Unnes Heri Kismaryono. Orientasi itu, menurut Heri, membantu dan mendorong mahasiswa baru untuk beradaptasi dalam hal psikologi, sosial, dan budaya.

OKPT sebagai bagian awal dari proses belajar di kampus berfungsi meletakkan dasar pembinaan bagi mahasiswa baru untuk mengetahui dan memahami kehidupan kampus Unnes. “Diharapkan mahasiswa patuh dan taat pada norma-norma yang berada di lingkungannya,” ujar Heri, seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (19/7/2013).

Heri menambahkan, pola pembinaan gerakan pramuka memiliki nilai-nilai dan norma sosial yang sangat relevan dengan kehidupan di perguruan tinggi. “Kegiatan ini bertujuan membentuk pribadi pemikir dan pemimpin tangguh. Pribadi mahasiswa yang diharapkan mampu menjadi pelopor perjuangan dan pembangunan moral bangsa,” imbuhnya.

Selama mengikuti kegiatan, peserta wajib berseragam pramuka lengkap. Dia menegaskan, dalam OKPT, para peserta tidak akan dikenakan biaya tambahan administratif.

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2013/07/19/373/839424/maba-unnes-wajib-ikut-ospek-pramuka

0 komentar:

Posting Komentar