Selasa, 13 Agustus 2013

KADIN Jabar mendorong pembentukan Pusat Inkubasi Bisnis bagi Pramuka mulai dari Kwarcab

Hal tersebut dilakukan karena anggota pramuka yang berjumlah ribuan orang menjadi potensi besar demi gerakan kewirausahaan nasional.

"Perlu ada entrepreneur center dan pusat inkubator bisnis untuk Pramuka," ujar Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang UMKM, Iwan Gunawan kepada wartawan, Selasa (13/8/2013).

Menurutnya, upaya menumbuhkan jiwa wirausaha bagi sama pentingnya seperti pembekalan life skill yang selama ini diberikan kepada anggota pramuka. Pelajaran kewirausahaan akan melahirkan kemandiriaan bagi anggota organisasi yang identik dengan simbol kacu tersebut.

Dia juga menjelaskan sebagian besar anggota pramuka yang masih berusia muda menjadi peluang besar untuk mengembangan jiwa kewirasausahaan sejak dini. Pasalnya, banyak anggota yang masih berstatus pelajar mulai dari tingkat SD, SMP maupun SMA.

"Sejak usia dini perlu dilakukan internalisasi kewirausahaan," kata Iwan.

Selain itu, sistem inkubasi juga sejalan dengan program revitalisasi Gerakan Pramuka. Sistem ini akan melahirkan peluang dan inovasi yang memperkaya khazanah kepramukaan.

"Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui Prmauka akan mebuka jalan kemandirian ekonomi," ucapnya.

Iwan menilai mendidik keirausahaan bagi anggota pramuka akan sangat mudah. Sebab, para anggota sebelumnya telah telah memiliki bekali sikap disiplin yang merupakan salah satu modal dasar berwirausaha.

Tak hanya itu, Pramuka juga memiliki prinsip yang sejalan dengan iklim usaha dimana setiap tantangan harus dikelola dan dihadapi dengan kreatifitas. Para anggota juga telah diajari untuk menuntaskan tantangan tersebut dengan kekompakan.

"Semangat anak muda yang dipadukan denhan kemandirian dari sisi ekonomi akan menjadi melahirkan energi positif berwirausaha dengan jiwa Pramuka," ucapnya.

Namun demikian, perlu ada kelembagaan yang menggarap serius program inkubasi bagi Prmauka ini. Lembaga tersebut harus sangat mengenal Pramuka agar kegiatan program bisa berjalan efektif.

"Entrepreneur center akan menjadi tempat inkubasi bisnis yang sangat cocok bagi Pramuka," pungkasnya.

Sumber : http://m.inilahkoran.com/read/detail/2019116/kadin-usulkan-inkubasi-wirausaha-bagi-pramuka

0 komentar:

Posting Komentar