Minggu, 04 Agustus 2013

Kwarcab Lampung Selatan sebar 135 anggota Pramuka bantu pengamanan Mudik

KALIANDA - Kwartir Cabang Lampung Selatan ikut membantu polisi dalam pengamanan lebaran Tahun 2013. Para anggota Pramuka tersebut terdiri sekitar 135 anggota yang disebar di 6 titik. Beberapa titik yang ada di Lampung Selatan meliputi Pelabuhan Bakauheni, Ketapang (Pos PAM Gunung Pancong), Hata (Pos PAM Hata), Kalianda (Pos PAM Merak Belantung),Katibung (Pos PAM THR Pasir Putih), Natar (Pos PAM Pasar Natar).
Para anggota Pramuka dari berbagai Kwartir Ranting (Kwaran) dan Gugus Depan (Gudep) di Lampung Selatan yaitu dari Kecamatan Ketibung, Natar, Kalianda, dan Kecamatan Bakauheni bahkan menerjunkan anggotanya di Pelabuhan bakauheni.

Para anggota Pramuka ini mengaku merasa bahagia bisa menjalankan tugas tersebut, sebagai bentuk pengamalan Dasa Dharma Pramuka. “Kami setiap harinya terdiri dari 12 orang anggota pandega dan penegak. Dari 12 anggota tersebut akan dibagi dua regu, terdiri masing - masing enam orang. Setiap anggota akan bertugas di setiap pintu masuk maupun keluar jalur gangway, “ ujar  Bayu Ashari  sebagai Anggota DKC Lampung Selatan bidang Pengabdian Masyarakat saat bertugas di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (3/8/2013).

Menurut Bayu Ashari ia rekan-rekannya bertugas untuk mengarahkan jalan baik jalan keluar dari arah Gangway ke pintu keluar maupun penumpang yang akan naik ke atas kapal. Selain itu mereka juga mengarahkan penumpang yang akan membeli tiket kapal ke loket. Namun selain itu mereka juga kadang tak enggan untuk membawakan barang bawaan para penumpang yang dirasa cukup berat.

“Selain membantu penumpang yang terkadang tak tahu pintu keluar ke terminal, kami juga ikut membantu jika ada penumpang yang harus mendapat perawatan kesehatan, “ tutupnya.
Sementara itu Ketua Harian Kwarcab Lamsel Sukadi MS. SPd mengatakan utuk di Pos bakau ada 12 Anggota Pramuka Penegak dan Pandega Per-harinya. Keikutsertaan Pramuka dalam PAM Lebaran merupakan tugas dari Polres Lampung selatan dimana tugas pokoknya adalah ikut serta membantu pengamanan dan Pelayanan selama mudik berlangsung .

Sumber : http://www.lampungterkini.co.id/index.php/lampung/kalianda/item/1457-kwarcab-lamsel-sebar-135-anggota-pramuka-bantu-pengamanan-mudik

0 komentar:

Posting Komentar