Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Tuesday, 30 April 2013

Sejarah Pramuka Dunia

Kelahiran Gerakan Pramuka Dunia dimulai pada Tahun 1907 ketika Robert Baden – Powell, seorang Letnan Jendral Angkatan Bersenjata Britania Raya, dan William Alexander Smith, pendiri Boy’s Brigade, mengadakan perkemahan Kepanduan pertama di Kepulauan Brownsea, Inggris. Ide untuk mengadakan gerakan tersebut muncul ketika Baden-Powell dan pasukannya berjuang mempertahankan Kota Mafeking, Afrika Selatan, dari serangan tentara Boer.
Ketika itu, pasukannya kalah besar di bandingkan tentara Boer. Untuk mengakalinya, sekelompok pemuda dibentuk dan dilatih untuk menjadi tentara sukarela.

Tugas utama mereka adalah membantu militer mempertahankan kota. Mereka mendapatkan tugas-tugas yang ringan tapi penting; misalnya mengantarkan pesan yang diberikan Baden-Powell ke seluruh anggota militer di kota tersebut. Pekerjaan itu dapat mereka selesaikan dengan baik sehingga pasukan Baden-Powell dapat mempertahankan kota Mafeking selama beberapa bulan. Sebagai penghargaan atas keberhasilan yang mereka dapatkan, setiap anggota tentara sukarela tersebut diberi sebuah lencana. Gambar dari lencana ini kemudian digunakan sebagai logo dari Gerakan Pramuka Internasional.

Keberhasilan Baden-Powell mempertahankan Kota Mafeking membuatnya dianggap menjadi pahlawan. Dia kemudian menulis sebuah buku yang berjudul Aids to Scouting (ditulis tahun 1899), dan menjadi buku terlaris saat itu.

Pada tahun 1906, Ernest Thompson Seton mengirimkan Baden-Powell sebuah buku karyanya yang berjudul The Birchbark Roll of the Woodcraft Indians. Seton, seorang keturunan Inggris-Kanada yang tinggal di Amerika Serikat, sering mengadakan pertemuan dengan Baden-Powell dan menyusun rencana tentang suatu gerakan pemuda.Pertemuannya dengan Seton tersebut mendorongnya untuk menulis kembali bukunya, Aids to Scouting, dengan versi baru yang diberi judul Boy’s Patrols.

Buku tersebut dimaksudkan sebagai buku petunjuk kepanduan bagi para pemuda ketika itu. Kemudian, untuk menguji ide-idenya, dia mengadakan sebuah perkemahan untuk 21 pemuda dari berbagai lapisan masyarakat selama seminggu penuh, dimulai pada tanggal 1 Agustus, di kepulauan Brownsea, Inggris. Metode organisasinya (sekarang dikenal dengan sistem patroli atau patrol system dalam bahasa Inggris) menjadi kunci dari pelatihan kepanduan yang dilakukannya. Sistem ini mengharuskan para pemuda untuk membentuk beberapa kelompok kecil, kemudian menunjuk salah satu diantara mereka untuk menjadi ketua kelompok tersebut. Setelah bukunya diterbitkan dan perkemahan yang dilakukannya berjalan dengan sukses.

Baden-Powell pergi untuk sebuah tur yang direncanakan oleh Arthur Pearson untuk mempromosikan pemikirannya ke seluruh Inggris. Dari pemikirannya tersebut, dibuatlah sebuah buku berjudul Scouting fo Boys, yang saat ini dikenal sebagai buku panduan Kepramukaan (Boy Scout Handbook) edisi pertama.

Saat itu Baden-powell mengharapkan bukunya dapat memberikan ide baru untuk beberapa oraganisasi pemuda yang telah ada. Tapi yang terjadi, beberapa pemuda malah membentuk sebuah organisasi baru dan meminta Baden-Powell menjadi pembimbing mereka. Ia pun setuju dan mulai mendorong mereka untuk belajar dan berlatih serta mengembangkan organisasi yang mereka dirikan tersebut.Seiring dengan bertambahnya jumlah anggota, Baden-Powell semakin kesulitan membimbing mereka; Ia membutuhkan asisten untuk membantunya. Oleh karena itu, ia merencanakan untuk membentuk sebuah pusat pelatihan kepemimpinan bagi orang dewasa (Adult Leadership Training Center). 
 
Pada tahun 1919, sebuah taman di dekat London dibeli sebagai lokasi pelatihan tersebut. Ia pun menulis buku baru yang berjudul Aids to Scoutmastership dan beberapa buku lainnya yang kemudian ia kumpulkan dan disatukan dalam buku berjudul Roverinng to Success for Rover Scouts pada tahun 1922. Perkembangan Gerakan Pramuka tak lama setelah buku Scouting For Boys diterbitkan, Pramuka mulai dikenal di seluruh Inggris dan Irlandia. Gerakannya sendiri, secara perlahan tapi pasti, mulai dicoba dan diterapkan diseluruh wilayah kerajaan Inggris dan koloninya.Unit kepanduan di luar wilayah kerajaan Inggris yang pertama diakui keberadaannya, dibentuk di Gilbraltar pada tahun 1908, yang kemudian diikuti oleh pembentukan unit lainnya di Malta. Kanada ialah koloni Inggris pertama yang mendapat ijin dari kerajaan Inggris untuk mendirikan Gerakan Kepanduan, diikuti oleh Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.Chile ialah negara pertama diluar Inggris dan koloninya yang membentuk Gerakan Kepanduan.

Parade Pramuka pertama diadakan di Crystal Palace, London pada tahun 1910. Parade tersebut menarik minat para remaja di Inggris. Tidak kurang dari 10.000 remaja putra dan putri tertarik untuk bergabung dalam kegiatan Kepanduan. Pada 1910 Argentina, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, India, Meksiko, Belanda, Norwegia, Russia, Singapura, Swedia, dan Amerika Serikat tercatat telah memiliki organisasi Kepramukaan.

Semenjak didirikan, Gerakan Pramuka yang memfokuskan program pada remaja usia 11-18 tahun telah mendapat respon yang menggembirakan, anggota bertambah dengan cepat. 
 
Kebutuhan program pun dengan sendirinya bertambah. Untuk memenuhi keinginan dan ketertarikan para generasi muda pada saat itu, Gerakan Pramuka menambah empat program dalam organisasinya untuk melebarkan lingkup keanggotaan Gerakan Pramuka. Keempat program tersebut meliputi : Pendidikan Generasi Muda usia dini, Usia Remaja, pendidikan Kepanduan Putri, dan pendidikan kepemimpinan bagi Pembina Program untuk golongan siaga, unit Satuan Karya, dan Penegak/Pandega mulai disusun pada akhir tahun 1910 di beberapa negara. Terkadang, kegiatan kegiatan tersebut hanya berawal di tingkat lokal/ ranting yang dikelola dalam skala kecil, baru kemudian diakui dan diadopsi oleh Kwartir Nasional. Kasus serupa terjadi pada pendirian golongan siaga di Amerika Serikat, dimana program golongan siaga telah dimulai sejak 1911 di tingkat Ranting, namun belum mendapatkan pengakuan hingga 1930 sejak awal didirikannya Gerakan Kepanduan, para remaja putri telah mengisyaratkan besarnya minat mereka untuk bergabung. Untuk mengakomodasi minat tersebut, Agnes Baden Powel- adik dari bapak kepanduan sedunia, Robert Baden Powell, pada tahun 1910 ditunjuk menjadi Presiden Organiasi Kepanduan putri pertama di dunia. Agnes pada awalnya menamakan organisasi tersebut Rosebud, yang kemudian berganti menjadi Brownies (Girl Guide) pada 1914 .Agnes mundur dari kursi Presiden pada tahun 1917 dan digantikan oleh Olave Baden Powell, Istri dari Lord Baden Powell. Agnes tetap menjabat sebagai wakil Presiden hingga ia meninggal pada usia 86 tahun.pada waktu tersebut, kepanduan putri telah diposisikan sebagai unit terpisah dari kepanduan pria, hal tersebut dilakukan menimbang norma sosial yang berlaku saat tersebut.

Pada era 90-an, Banyak organisasi kepanduan di dunia yang saling bekerjasama antara unit putra dan putri untuk memberikan pendidikan kepanduan.Program awal bagi pendidikan pembina diadakan di London pada tahun 1910, dan di Yorkshire pada tahun 1911. Namun, Baden Powell menginginkan pendidikan tersebut dapat dipraktekkan semaksimal mungkin. Hal tersebut berarti bahwa dalam setiap pendidikan diperlukan praktek lapangan semisal berkemah. Hal ini membimbing pembentukan kursus Woodbadge. Akibat perang dunia 1, pendidikan woodbadge bagi para pembina tertunda hingga tahun 1919. Pada tahun tersebut, diadakan kursus woodbadge pertama di Gilwell Park. Pada saat ini, pendidikan bagi pembina telah beragam dan memiliki cakupan yang luas. 
 
Beberapa pendidikan yang cukup terkenal bagi pembina antara lain
a.        Pendidikan dasar, Pendidikan spesifik golongan, hingga kursus
b.        Woodbadge
c.         Scoutings Centenary • 5288 Comments/Trackbacks

Sumber :  http://theant-budiana.blogspot.com/2011/11/sejarah-pramuka-dunia-dan-biografi.html

Sunday, 28 April 2013

Pramuka Membentuk Karakter SDM

Gerakan Pramuka membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) bangsa. Ini dikarenakan gerakan Pramuka mengajarkan sikap kemandirian, peka terhadap lingkungan, semangat kegotongroyongan dan persatuan kesatuan.

‘’Pramuka kini sudah diwajibkan jadi kegiatan ekstra kulikuler di sekolah. Khususnya di Siak, Pemkab mewajibkan mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas,’’ kata Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mapicab) Pramuka Drs H Syamsuar MSi, usai melantik pengurus Kwartir Cabang 0409 gerakan Pramuka Siak masa bakti 2013-2018, Jumat (26/4) di Raja Indra Pahlawan Room Kantor Bupati Siak.

Hadi dalam kesempatan itu, ketua Kwarda 04 Provinsi Riau Septina Primawati Rusli, anggota majelis pembina daerah (Mabinda) Azaly Djohan SH, Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono SIK, Kejari Zainul Arifin SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Irfanuddin SH MH, Sekda Drs H Amzar, kepala dinas, badan, kantor dan anggota pengurus Kwarcab Pramukan Siak.

Menurut Syamsuar, gerakan Pramuka selalu mengikuti perkembangan zaman. Gerakan yang memotivasi ini membentuk budi pekerti luhur. Banyak hal-hal yang diterapkan yang tak dapat pada pendidikan formal.

Tentunya dalam melakukan gerakan ini, andil pengurus memiliki peranan penting, terutama dalam memanaja organisasi. ‘’Keberlangsungan maju mundurnya organisasi terletak pada pengurus,’’ kata dia.

Dalam hal ini, Syamsuar yang juga Bupati Siak ini menitipkan harapan besar bagi pengurus untuk dapat memajukan gerakan Pramuka di Siak, sehingga jadi percontohan kabupaten/kota di Riau.

Ketua Kwarda 04 Pramuka Provinsi Riau Septina Primawati Rusli menambahkan, gerakan Pramuka ini dapat dukungan kongkret dalam pemuatan kurikulum, di mana Pramuka merupakan kegiatan wajib dalam ekstra kurikuler di sekolah. ‘’Pramuka membentuk karakter yang sisitematik dan kelanjutan dalam pendidikan,’’ ujar dia. Maka dari itu kegigihan, semangat belajar tak hanya cukup dari sekolah formal, tapi harus ditunjang dengan non formal.

Ketua Kwartir Cabang 0409 Drs Alfedri MSi menambahkan, pelantikan pengurus ini jadi catatan tersendiri dalam momentum perjalan Pramuka di Siak. Apalagi, Agustus mendatang ada agenda besar di mana Siak sebagai tuan rumah apel besar dan Pramuka penggalang  se-Riau.

Perlu diketahui, saat ini telah disiapkan tempat bumi perkemahan yang dijadikan tempat untuk aktivitas Pramuka. Bahkan pengurus dan juga Pemkab telah berencana menyepakti melakukan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) bersama anak-anak sekolah.
Karena itu, pengurus berkomitmen dan bangkit melakukan membina anak-anak, karena Pramuka menjawab degradasi moral. ‘’Pramuka Siak jadi terdepan,’’ tegas Wakil Bupati Siak ini.

Sumber : riaupos.co

Friday, 26 April 2013

Penegak Kreasi V Se-Korwil Madiun 2013



"PENEGAK KREASI V"
Lomba Pramuka Penegak Korwil Madiun 2013

Nama dan Tema Kegiatan
Nama                           : Penegak Kreasi V Se-Korwil Madiun 2013
Tema                           : You Will be as Big as You Think

Pelaksanaan Kegiatan
Hari                             : Jumat s.d Minggu
Tanggal                       : 17 s.d 19 Mei 2013
Tempat                       : Lapangan SMKN 2 Jiwan, belakang Kwarcab Kab. Madiun
                                     Jalan Raya Madiun – Solo, Kec. Jiwan, Kab. Madiun

 Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan pada :
Tanggal                       : 9 s.d 26 April 2013
Waktu                         : Pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
Tempat                       : Sanggar Bhakti Racana Pangeran Timoer – Retno Djumilah
  Kampus I , Lantai 1 bagian barat IKIP PGRI MADIUN
                                                  Jalan Setiabudi No 85 Madiun
Technical Meeting
Hari, Tanggal             : Jumat, 26 April 2013
Waktu                         : 13.30 – Selesai
Drees Code               : Seragam Pramuka
Ketentuan                                 : Setiap pangkalan diwakili Oleh 2 Orang
Tempat                       : Ruang Pertemuan 1, Kampus 1, Lantai 2 IKIP PGRI Madiun
  Jalan Setiabudi No 85 Madiun

Syarat dan Ketentuan
1.         Setiap sangga terdiri dari 6 Anggota
2.         Setiap sangga dapat mengirimkan maksimal 2 Anggota CST
3.         Setiap pangkalan / kontingen dapat mengirimkan 1 Pembina Pendamping
4.         Setiap pangkalan / kontingen maksimal mengirimkan 4 sangga
5.         Peserta merupakan anggota aktif Pramuka Penegak di Gudep
6.         Menyerahkan Surat Tugas dari Pangkalan / kontingen 
7.         Menyerahkan fotokopi KTA / KTS
8.         Mengisi formulir pendaftaran (peserta, CST, Pembina Pendamping)
9.         Menyerahkan pas foto ukuran 3x4 3 lembar ( Peserta background merah, CST background biru )
10.      Membayar biaya pendaftaran Rp 125.000,00 / Sangga
11.      Sanggup Mentaati Segala Ketentuan, Peraturan dan Keputusan Penyelenggara Kegiatan Penegak Kreasi V se- Korwil Madiun 2013

Tropi Kejuaraan
1.         Juara Bergilir Ka.POLRES Madiun kota
2.         Juara Bergilir Racana Pangeran Timoer
3.         Juara Bergilir Racana Retno Djumilah
4.         Juara 1 Sangga Putra, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan Rp250.000,00
5.         Juara 1 Sangga Putri, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan Rp250.000,00
6.         Juara 2 Sangga Putra, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan Rp200.000,00
7.         Juara 2 Sangga Putri, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan Rp200.000,00
8.         Juara 3 Sangga Putra, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan Rp150.000,00
9.         Juara 3 Sangga Putri, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan Rp150.000,00

  Fasilitas
1.         ID Card peserta
2.         Sertifikat ( Peserta, CST, Pembina Pendamping )
3.         Tiska Penegak Kreasi V tahun 2013
4.         Sticker Penegak Kreasi V tahun 2013 
 
Contac Person
Ari Nur W                   : 085 745 801 860
Nining S W                 : 085 735 088 573
Dwi Hendrawati      : 085 754 456 444

Petunjuk Pelaksanaan download
Formulir Pendaftaran download

Thursday, 25 April 2013

Jual Senter Police Murah


Stok baru dari Kedai Pramuka ScoutAddict yaitu Baboolyy Senter Police 1200.
Senter dengan kekuatan 1200 Watt ini bisa di zoom in dan zoom out sesuai kebutuhan di lapangan pada saat dibutuhkan

Stok dan pemesanan sms 0812 1774 6083
Produk dan harga lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2013/04/lampu.html

Tuesday, 23 April 2013

Kwarcab Padangpanjang Sosialisasikan UU Pramuka

PADANGPANJANG - Salah satu penyebab melemahnya peran Pramuka sebagai kepanduan saat ini adalah minimnya aktifitas Pramuka di sekolah. Hal itu berpengaruh pada melemahnya posisi Pramuka dan berkurangnya kemandirian.

Kondisi itu juga dialami gerakan Pramuka di Kota Padangpanjang beberapa waktu lalu. Namun, dengan berbagai upaya dan menggiatkan kegiatan Pramuka di semua sekolah, Gerakan Pramuka di Kota Padangpanjang kembali hidup.

Ketua Kwartir Cabang (KaKwarcab) Pramuka Padangpanjang, Ir. Edwin.SP mengatakan, sejak ia dilantik November tahun lalu, sudah banyak yang dilakukan dalam menghidupkan kembali semangat ke-Pramukaan. Salah satunya dengan bermusyawarah dengan semua kepala sekolah yang ada di Kota Padangpanjang.

"Kita sudah panggil semua kepala sekolah untuk merumuskan bagaimana agar Pramuka di sekolah-sekolah kembali diaktifkan. Bahkan, kepada pemerintah daerah kita sudah mengusulkan agar setiap hari Kamis, semua pegawai di lingkungan Kota Padangpanjang mengenakan seragam Pramuka," ungkap Edwin saat membuka Sosialisasi Undang-undang nomor 12 tahun 2013 tentang Gerakan Pramuka di aula Kwarcab Kota Padangpanjang Komplek Gedung Pertemuan M. Syafei, Senin (22/4).
Sosialisasi UU nomor 12 tahun 2013 tentang Gerakan Pramuka bertujuan untuk lebih memasyarakatkan UU tersebut bagi keluarga besar gerakan pramuka dan masyarakat Padangpanjang umumnya. Dengan peserta dari penegak, pandega dan pembina Pramuka se Kota Padangpanjang.

Sosialisasi tersebut merupakan program Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat yang pada pelaksanaannya bekerja sama dengan Kwarcab Gerakan Pramuka di Sumatera Barat.

Sumber : padangmedia.com

Monday, 22 April 2013

Lampu - Senter - Lentera



Senter Swat 
Harga IDR.80.000
- Panjang Senter : 15.5 cm
- Diameter Kepala Senter : 3.5 cm
- Diameter Senter : 2.8 cm
 *kelengkapan seperti digambar


Senter Selam
Harga Rp. 55.000





Headlamp 6611A
Harga Rp. 30.000
Baterai AAA sebanyak 3 buah
(tidak termasuk baterai)




Senter Kepala MS-2027
Harga Rp. 35.000
Baterai AAA sebanyak 3 buah
(tidak termasuk baterai)

Friday, 19 April 2013

Pramuka Sebagai Perekat Bangsa dan Solusi Cegah Pengaruh Negatif

Lubuk Pakam, Dandim 0204/Deli Serdang Letkol Arh Syaepul Mukti Ginanjar SIP selaku Ka Mabigus Gudep DS 237-238 Makodim 0204/DS minta Pandega, Penegak, Penggalang dan Siaga peserta latihan Gelar Tunas Kwaran Gerakan Pramuka Lubuk Pakam untuk sungguh–sungguh berlatih agar mampu menghadapi berbagai tantangan hidup masa depan sebagai patriot bangsa untuk dapat terus menegakkan kedaulatan NKRI.

Hal itu disampaikan Dandim Syaepul melalui Kasdim 0204/DS Mayor Inf M Taufik SPd. selaku Waka Mabigus Gudep DS.237-238 Makodim 0204/DS pada latihan Gelar Tunas Kwaran GP Lubuk Pakam dilapangan Makodim 0204/DS Km.2 Jalan Galang Lubuk Pakam,Rabu (17/4).

Latihan dihadiri Ketua Harian Mabicab GP Deli Serdang Kak Iwa Suryapati, Pasiter Kodim 0204/DS Kapten Inf S. Purba, Koordinator Pamong Saka Wira Kartika 0204 Peltu Agus Sugandi juga Ketua Gudep DS 237-238 didampingi Pembina Gudep sejajaran Kwaran GP Lubuk Pakam.

Menurut Kasdim M Taufik,Pramuka saat ini menjadi salah satu primadona kaum muda dan sangat diharapkan mampu menjadi perekat bangsa dimana kepramukaan juga merupakan solusi yang handal untuk mencegah kaum muda dari berbagai pengaruh negatif seperti narkoba atau budaya luar yang tidak sehat.

Untuk itu kepada orang tua diimbau agar jangan ragu atau menghalangi putra putrinya yang berminat mengikuti kegiatan kepramukaan baik sebagai anggota Gudep disekolahnya maupun instansi lain karena banyak pemimpin Indonesia yang hebat justeru terlahir dengan Basic Kepramukaan,kata Kasdim M Taufik.

Kasdim M Taufik yang juga Pimpinan Umum Saka Wira Kartika 0204 Wilayah Kodim 0204/DS kepada Analisa mengatakan salah satu upaya TNI AD dalam meningkatkan kesadaran Bela Negara adalah dengan melaksanakan pembinaan kepramukaan dimana Kodim 0204/DS secara terus menerus melaksanakan pembinaan generasi muda khususnya kepramukaan.

Kodim 0204/DS secara khusus juga melaksanakan pembinaan Satuan Karya Wira Kartika dengan anggota yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi yang merupakan daerah binaan teritorial Kodim 0204/DS.

Selain itu,Gudep DS 237-238 Makodim 0204/DS juga setiap saat siap untuk dijadikan sebagai tempat kegiatan kepramukaan dari berbagai Kwartir/Gudep diwilayah Kodim 0204/DS,kata Kasdim M Taufik.

Sumber : analysadaily.com

Thursday, 18 April 2013

Badge Latgab Pramuka Nganjuk

Terima kasih kepada panitia kegiatan Latihan Gabungan Pramuka Se-Nganjuk yang telah memesan tiska bordir di Kedai Pramuka ScoutAddict, Semoga kegiatannya berjalan lancar dan sukses.
Kami tunggu pesanan selanjutnya

Monday, 15 April 2013

Kwarcab Sawahlunto Gelar Diklat Pramuka Peduli ke II

SAWAHLUNTO - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kota Sawahlunto menggelar kegiatan pendidikan dan latihan Pramuka Peduli angkatan ke II di Sanggar Kegiatan belajar (SKB) dan Lemdikacab Sei Durian pada Minggu – Kamis (14-18/4) nanti.

Kegiatan ini diikuti 30 pramuka penegak utusan pangkalan gugus depan kota ini, yang sebelumnya berjumlah 59 penegak telah menempuh tahapan seleksi pada Kamis (11/4) lalu.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Henky Fransdamurya menyatakan diklat ini akan membekali pramuka penegak dalam upaya peduli dan tanggap dengan bencana yang ada dilingkungannya.

Adapun materi yang akan diikuti adalah pengorganisasian dan menagemen penanggulangan bencana dari Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dari Palang Merah Indonesia Sawahlunto.

Peserta juga dibekali, pemetaan daerah rawan bencana kota oleh Badan Penanggulangan Bencana kota Sawahlunto , Sistem komunikasi darurat bencana oleh Orari lokal Sawahlunto.

"Selain itu juga ada materi  peneraan penyelenggaraan dapur umum, simulasi darurat bencana serta penanggulangan bahaya kebakaran oleh UPT Pemadam kota ini, " katanya kepada padangmedia.com disekretariat Kwarcab kota ini, Sabtu (13/4).

 Dia menambahkan, materi itu  disampaikan melalui metode penerapan, sosilisasi dan praktek lapangan. Karena  tujuannya membentuk satgas Pramuka peduli yang tanggap darurat serta peduli lingkangannya.

Sumber : padangmedia.com

Friday, 12 April 2013

LINTAS ALAM ''BHAYANGKARA ADVENTURE'' 2013 SE-JATIM

LOMBA LINTAS ALAM ''BHAYANGKARA ADVENTURE'' 2013 SE-JATIM episode NAPAK TILAS PERJUANGAN KAPTEN POL SOEPROBO (BRIMOB)

SEKRETARIAT
Jl. Kombespol M. Duryat No. 62 Lamongan, Markas Besar SAKA BHAYANGKARA POLRES LAMONGAN, sebelah Studio Radio JSM Polres Lamongan.

REBUT TROPHY MENARIK ... !!!
1. Tropi bergilir Bupati Lamongan (*)
2. Tropi bergilir DANDIM Lamongan (*)
3. Tropi bergilir KAPOLRES Lamongan (*)
4. Dan masih banyak tropi yang lainnya
Ket. : (*) Masih dalam tahap konfirmasi

PELAKSANAAN
1). Hari/tanggal :Minggu, 02 JUNI 2013 jam 06.00 WIB – Selesai
2). Start/Finish : Polsek Kedungpring, Ds. Kedungpring, Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

BIAYA PENDAFTARAN :
-Beregu (3 Orang) = Rp 60.000
-Perorangan = Rp 20.000

FASILITAS
-No peserta
-Sertifikat
-Stiker

#GRATIS BADGE KEGIATAN (BAGI 100 ORANG PENDAFTAR PERTAMA)..!!!

PENDAFTARAN DIMULAI DARI SEKARANG..!!!

Tempat pendaftaran
1). Secara langsung pada sekretariat ''MABES SAKA BHAYANGKARA POLRES LAMONGAN'' Jl. Kombespol M. Duryat No. 62 Lamongan antara jam 08.00-16.00 WIB.
2). Transfer ke nomor rekening Bank BRI :6308-01-003775-53-5 atas nama Moh. Heru Budi Santoso, Setelah transfer WAJIB KONFIRM ke panitia melalui sms, dan Bukti Transfer yang asli wajib dibawa pada waktu daftar ulang pada saat pelaksanaan kegiatan.
3). langsung di lokasi start, di polsek kedungpring desa kedungpring kecamatan kedungpring kabupaten lamongan

PETUNJUK LOKASI START.
a. jalur bus
- Dari arah Surabaya, Gresik naik bus jurusan Bojonegoro turun di pasar Babat naik len jurusan kedungpring turun di pasar kedungpring (Rp 5.000,-).
- Dari arah Bojonegoro, Tuban naik bus jurusan Lamongan turun di pasar Babat naik len jurusan kedungpring turun di pasar kedungpring (Rp 5.000,-).
- Dari arah Jombang naik bus jurusan Lamongan turun di pasar Babat naik len jurusan kedungpring turun di pasar kedungpring (Rp 5.000,-).
b. jalur kereta api
- Dari arah Surabaya, Gresik naik kereta api jurusan Bojonegoro turun di stasiun Babat naik len jurusan kedungpring turun di pasar kedungpring (Rp 5.000,-).

PERSYARATAN PESERTA
1). Melengkapi administrasi pendaftaran
2). PESERTA DARI ORGANISASI/KOMUNITAS WAJIB MEMBAWA BENDERA ORGANISASINYA LENGKAP DENGAN TONGKATNYA
3). spanduk organisasi WAJIB di pasang dilokasi Start (bila punya spanduk)

CONTACT PERSON
1. PRASBHARA Sokhib : 085648338291
2. PRASBHARA Aini : 08993699553
2. PRASBHARA Agung : 085606031993

Silahkan gabung ke FB  Lomba Lintas Alam " Bhayangkara Adventure "


BUKTIKAN .... !!!
KALAU ANDA PETUALANG SEJATI

Thursday, 11 April 2013

Musyawarah Kwarcab Aceh Besar

Aceh Besar – Pengurus Kwartir Cabang gerakan Pramuka Aceh Besar menggelar Musyawarah Cabang Ke-8 di Aula HT Bachtiar Panglima Polem Setdakab Aceh Besar, Kamis (11/4/2013).

Kegiatan yang diikuti pengurus Kwartir Cabang, Kwartir Ranting beserta para camat yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Ranting itu dibuka Bupati Aceh Besar yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Drs Burhanuddin MS MM. Hadir juga Ketua Harian Kwarda Pramuka Aceh, Drs H Azhari Basar.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Besar periode 2007-2012, H Anwar Ahmad SE Ak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan T Raden Sulaiman mengemukakan, banyak hal yang sudah dilakukan selama lima tahun kepengurusan mereka, namun juga tak sedikit hal-hal yang masih perlu dilanjutkan untuk membuat Gerakan Pramuka betul-betul eksis di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Aceh Besar.
 
Lahirnya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebenarnya merupakan satu dasar kuat yang perlu dipertimbangkan oleh semua pihak untuk bersama-sama Gerakan Pramuka dalam membentuk dan mendidik anak-anak dan generasi muda agar dapat mengoptimalkan kemampuan dan terhindar dari hal-hal negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, tawuran, dan sebagainya.

Ketua Harian Kwarda Pramuka Aceh Drs H Azhari Basar mengharapkan agar pengurus Pramuka Cabang Aceh Besar dapat terus berkarya, terutama untuk mendukung pembangunan daerah dan kemajuan dunia kepramukaan di daerah tersebut. Dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, ia berkeyakinan, Kwarcab Pramuka Aceh Besar akan semakin jaya, berprestasi dan gemilang di masa-masa mendatang.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Drs Burhanuddin MS MM menyatakan, sebuah lembaga kepramukaan sangat diperlukan dalam hal mencetak kader atau tenaga handal untuk melanjutkan roda organisasi.

Diharapkan, kepengurusan Kwartir Cabang Pramuka Aceh Besar ke depan dapat melakukan program terbaik, sehingga kontribusinya untuk pembangunan daerah akan terus meningkat. “Seluruh pengurus Pramuka hendaknya selalu berakhlak mulia, bertaqwa, bermoral dan memberikan peran aktifnya untuk kemajuan daerah,” katanya.

Sumber : atjehlink.com

Wednesday, 10 April 2013

Badge Radio Scouting

Kedai Atribut Pramuka ScoutAddict kembali menghadirkan koleksi baru yaitu badge logo Radio Scouting, full bordir dengan diameter 6,5 cm

Pemesanan 0812 1774 6083

Pesanan dari Pramuka Melawi Kalimantan Barat

Terima kasih kepada kaka Zakaria atas pesanan baju dan celana loreng pramuka. Semoga berkenan, serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Monday, 8 April 2013

Pramuka Penggalang dan Penegak Sawahlunto Jelajah Kota Bersejarah IV

SAWAHLUNTO – Sebanyak 310 pramuka Penggalang dan Penegak di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto ikuti kegiatan Jelajah Kota Bersejarah III,Minggu (7/4).

Peserta yang terdiri dari 22 regu penggalang dan 13 sangga penegak gugus depan dikwarcab kota ini.
Ketua Pelaksana Ardius mengatakan, kegiatan ini bersifat penjelajahan kota dengan materi kegiatan meliputi permainan besar Pramuka, Games (out door activity).

 "Dengan tanda jejak dan smaphore mengenal lebih dekat pariwisata kota tua Sawahlunto dengan metode lomba," katanya saat pembukaan kegiatan ini di Lapangan parkir Balaikota di Lubang Panjang .

Mereka akan melintasi serta melakukan pengamatan disetiap objek yang ada di kawasan kota lama, jelasnya saat pelepasan peserta olah Ketua Kwarcab Sawahlunto Erizal Ridwan.

Juga dilakukan aksi kebersihan di kawasan kota lama yang terdiri dari museum Goedang Ransoem, lobang tambang mbah Soero dan museum kereta api, Mesjid Nurul Islam dan finish di Lapangan segitiga Ombilin.

 Dikesempatan itu, Ka Kwarcab Erizal Ridwan berharap dengan kegiatan ini semakin tinggilah rasa pelestarikan alam serta lingkungan, terlebih dikawasan kota tua.

“Tunjukkan bahwa pramuka juga mengenal dekat, dan punya andil dalam melestarikan pusaka dan kota tua. Pemerintah  juga sedang berjuang agar kawasan kota tua jadi warisan bersejarah dunia” harap Wawako itu.

Sumber : padangmedia.com

Thursday, 4 April 2013

Bantal Tiup



Bantal Tiup Leher
Ukuran 46 cm x 28 cm
Harga IDR. 27.000
- Cocok buat kakak-kakak yang sedang berkendara roda empat






Bantal Tiup Kotak
Ukuran 48 cm x 30 cm
Harga IDR. 27.000
- Cocok buak kakak-kakak yang sedang kemah, ringan, ringkas, mudah dibawa, tidak menyita tempat