Selasa, 02 September 2014

Purbalingga Raih Juara I Duta Pramuka Wisata Jateng

PURBALINGGA - Utusan satuan karya pramuka pariwisata Purbalingga berhasil keluar sebagai juara pertama putri pada lomba Duta Pramuka Wisata tingkat Jateng tahun 2014 yang digelar di Kabupaten Kudus, akhir pekan lalu.

Prestasi itu diraih penegak putri atas nama Esa Apri Sutarjo, siswi SMK 1 Bukateja. Sementara untuk penegak putra, Purbalingga hanya mampu masuk enam besar atas nama Sujatno.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga) Kabupaten Purbalingga  Prayitno mengatakan, pramuka wisata yang tergabung dalam Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan dan pembinaan bagi para pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan  bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang pariwisata.

"Pembinaan tersebut terdiri atas tiga krida yakni krida penyuluh pariwisata, krida pemandu pariwisata dan krida kuliner," katanya, Senin (1/9/2014).

Dia menambahkan, dalam lomba duta pramuka wisata unsur penilaiannya meliputi pengetahuan kepramukaan secara umum, kepariwisataan, destinasi wisata, SKK (Syarat Kecakapan Khusus) pariwisata, dan pengetahuan kebudayaan.

"Utusan Purbalingga semuanya masuk dalam enam besar, dan setelah grand final, hanya satu yang berhasil lolos yakni atas nama Esa Apri Sutarjo," ungkapnya.

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2014/09/01/purbalingga-raih-juara-i-duta-pramuka-wisata-jateng

0 komentar:

Posting Komentar