Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Saturday, 31 May 2014

Kwarcab Melawi Tingkatkan Kualitas Pembina Pramuka

Nanga Pinoh. Pembina Pramuka dari Kecamatan Belimbing dan Belimbing Hulu mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Kegiatan yang dilaksanakan selama enam hari hingga Jumat (30/5) di SMP Negeri 2 Belimbing ini, diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kapasitas Pembina Pramuka di Kabupaten Melawi.

“KMD bagi anggota dewasa, dan Pramuka Pandega yang akan membina anggota muda di Gugus Depan. Setelah selesai mengikuti kursus, peserta diwajibkan melaksanakan pengembangan dan pembinaan minimal 6 bulan,” kata Pimpinan Tim Pelatih KMD, H Budiyanto SPd MM ditemui saat pembukaan acara.

Pria yang akrab disapa Budi ini menerangkan berbagai kewajiban peserta. Tujuan digelar KMD jelasnya, untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi Gerakan Pramuka pada Pembina yang saat ini menjadi peserta kursus. Lalu mengembangkan potensi, bakat dan minat kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Termasuk, meningkatkan loyalitas dan kualitas Pembina Pramuka. “Sasaran kursus ini, kita sangat mengharapkan agar Pembina Pramuka memahami dan melaksanakan AD/ART Gerakan Pramuka, menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien, serta pandai pengelola program kegiatan kepada peserta didik,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kwarcab Melawi, Muhtar SPd MPd mengungkapkan, Gerakkan Pramuka di Melawi saat ini dihadapkan pada persoalan rendahnya kualitas Pembina Pramuka. Secara gamblang Muhtar memaparkan, sudah sangat jarang muncul Pembina Pramuka baru yang memiliki pengalaman ketika menjadi Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega. “Banyak Pembina muncul karena profesi sebagai guru yang notabenenya kurang berpengalaman dalam Gerakan Pramuka sebelumnya. Dampaknya pada kurangnya pemahaman tentang ide dasar pendidikan kepramukaan,” ulas Muhtar.

Muhtar menegaskan, KMD sangat penting bagi Pembina Pramuka. Sebab, secara nasional pun ada perubahan paket pendidikan dan latihan bagi orang dewasa dalam Gerakan Pramuka. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan adalah 70 persen simulasi, 20 persen materi, dan 10 persen kesimpulan.

Perubahan lain, ulasnya, penambahan waktu praktik. Awalnya 14 jam, kini menjadi 32 jam. Serta komitmen pasca KMD berupa pengembangan yang terukur bagi Pembina. Namun Muhtar menilai, perubahan tidak akan bermakna jika Pembina Pramuka tidak terus berjuang dan adanya niat pengabdian. “Bangkitkan diri untuk terus membina dan senantiasa berbuat baik, serta menepati apa yang diucapkan. Ini makna sesungguhnya Ikhlas Berbakti Bina Bangsa Berbudi Bawalaksana,” ujurnya.

Sementara itu, Ketua Panitia KMD, Ir Nahru MSi mengharapkan peserta KMD dapat mempraktikkan apa yang telah didapatkan di KMD di wilayah masing-masing. “KMD sangat penting, jangan sampai disia-siakan. Ikuti dengan baik, lalu praktikkan saat pembinaan dilakukan,” pungkasnya.

Sumber : http://www.rakyat-kalbar.com/melawi/300514/tingkatkan-kualitas-pembina-pramuka

Thursday, 29 May 2014

Pesanan Kain Seragam Pramuka Rapilo

Terima kasih  atas pesanan Kain Rapilo untuk seragam guru-guru di lingkungan MTsn Puncu Kabupaten Kediri. Semoga Pramuka MTsN Puncu semakin berkembang,
Kami tunggu pesanan selanjutnya

Wednesday, 28 May 2014

Rakercab Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)


BLANGPIDIE – Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Yusrizal Razali mengatakan, rapat kerja cabang (Rakercab) Pramuka tahun 2014 sebagai upaya untuk mengembangkan citra Gerakan Pramuka sebagai wahana pembinaan anak bangsa. 

“Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa Pramuka telah ada sejak zaman dahulu yang sekarang ini telah berkembang dan memiliki semangat patriotisme,” ujarnya ketika membuka kegiatan Rakercab Pramuka Abdya yang berlangsung di Aula SD Tunas Abdya Padang Meurante Kecamatan Susoh, Selasa (27/5). 

Yusrizal yang juga Wakil Bupati Abdya itu, mengajak Pramuka untuk bangkit membangun Abdya dengan kerja nyata dan menjaga perdamaian dengan meningkatkan mutu pendidikan serta keterampilan pada generasi muda dengan berbuat semampunya. 

 Menurutnya, Pramuka dalam mencapai visinya menjadi wadah pilihan utama dan solusi handal dari ragam masalah kaum muda, namun dengan jiwa kepramukaannya, gotong royong merupakan syarat utama mewujudkan cita-cita. 

Gerakan Pramuka harus lebih berani tampil dengan menampilkan tokoh muda yang berdedikasi dan berkualitas. Dengan demikian Pramuka akan lebih diminati oleh para pemuda. Karena jiwa muda juga dimiliki pemimpinnya. 

 “Salah satu tujuan Rakercab ini adalah untuk memantapkan koordinasi konsultasi antara organisasi kepramukaan dan antara pengurus baik di pengurus kwarcab serta gugus depan,” jelasnya. 

 Ia juga menegaskan, kepada para pengurus kwarcab agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan amanah yang telah diemban dengan semaksimal mungkin.

 “Terus lakukan koordinasi, jangan sampai ada andalan melaksanakan kegiatan tanpa sepengetahuan atasannya. Perlu saya ingatkan bahwa sekretaris umum harus dapat mengkoordinir para wakil ketua dalam melaksanakan kegiatan dan adminstratif. Apalagi dalam waktu dekat ini kita akan mengikuti Tunas Ramadhan yang direncanakan berlangsung di Aceh Utara, jadi ada banyak hal yang harus dipersiapkan sejak sekarang, terutama para peserta yang mewakili Abdya ke ajang tersebut,” pungkasnya. 

Pihaknya juga berharap dengan adanya Rakercab ini bisa melahirkan program-program terbaik yang nantinya bisa membantu dan mendukung pemerintah daerah serta juga melahirkan generasi masa depan yang handal. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakercab Pramuka Abdya, Jauhari SPd menjelaskan, Rakercab ini juga berfungsi untuk memantapkan konsolidasi organisasi dalam upaya mengembangkan citra gerakan Pramuka. 

“Kegiatan ini sebagai langkah pengendalian operasional dan merupakan wahana. Informasi dan komunikasi antar kwartir dalam upaya pengembangan Gerakan Pramuka,” tuturnya. 

Selain dihadiri Kakwarcab Pramuka Abdya, Yusrizal Razali, kegiatan tersebut juga dihadiri Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartono, unsur muspida serta unsur kwarcab, dan kwartir ranting. 

- See more at: http://diliputnews.com/read/26581/wabub-abdya-gerakan-pramuka-wahana-pembinaan-anak-bangsa.html#sthash.MFp71MLY.dpuf

Tuesday, 27 May 2014

Pramuka Cegah Degradasi Moral

PURBALINGGA – Degradasi (kemerosotan/kemunduran) moral generasi muda jaman sekarang semakin memprihatinkan. Olah karenanya, memerlukan benteng atau penangkal agar tidak semakin jauh dari perilaku yang betentangan dengan nilai-nilai luhur gerakan Pramuka. Dengan kepribadian yang disiplin, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik serta taat hukum, menjunjung nilai luhur bangsa, gerakan Pramuka harus menjadi garda terdepan untuk membentengi generasi muda dari degradasi moral.

“Untuk itu gerakan Pramuka harus dapat dicintai lagi oleh anak-anak, para generasi muda. Karena dengan itu semua mereka akan terbentengi dari degradasi moral yang semakin memprihatinkan dan bertentangan dengan nilai luhur  Pramuka,” pinta Ketua Mabicab Pramuka Kwarcab Purbalingga, yang juga Bupati Pubalingga Sukento Rido Marhaendrianto.

Dia mengatakan itu saat memberikan sambutan kepada Tim Penilai Lomba Kwartir Tingkat  Daerah (Kwarda) 11 Jawa Tengah di  Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Minggu (25/5). Tim Kwarda hadir untuk memberikan penilaian terhadap kinerja Kwarcab Purbalingga.

Menurut Sukento, dengan menggiatkan kembali gerakan Pramuka melalui penilaian dibidang kepramukaan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembinaan mental generasi, serta menjadikan ekstra kurikuler (ekskul) di sekolah. “Itu semua bertujuan agar Pramuka menjadi jati diri serta dicintai oleh anak dan generasi sekarang, juga sebagai benteng generasi muda dari akhlak tercela. Karena degradasi moral menjadi musuh bersama, sehingga Pramuka perlu dikembalikan lagi ke sekolah,”pinta Kento.

Ketua Tim Penilai Lomba Kwarda 11 Jawa Tengah Agus Widiyanto mengatakan, dengan adanya kegiatan penilaian tersebut, yang perlu menjadi pegangan adalah bukan kejuaraan, tapi tujuannya, juga proses menuju kejuaraan agar dijunjung tinggi. “Karena proses ini merupakan bagaimana cara kita berorganisasi dengan baik, tertib, efisien, serta penuh semangat tinggi,”kata Agus.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Purbalingga Trisnanto mengatakan, penilaian lomba yang dilakukan oleh kwarda 11 Jawa Tengah merupakan untuk menilai kinerja kwartir pada tahun 2013, sedangka pelaksanaanya dilakukan di awal tahun 2014.

Sumber : http://www.koranwawasan.com/26/05/2014/pramuka-cegah-degradasi-moral/

Sunday, 25 May 2014

Baju Nuansa Pramuka NP-02 (Baru)

Kedai Atribut dan Perlengkapan Pramuka ScoutAddict menghadirkan kembali Baju Nuansa Pramuka dengan logo Pusdiklat Pramuka. Kali ini warna baju yaitu Ungu tua dikombinasi ungu muda, dengan logo pusdiklat dibordir komputer menjadikan hasil baju sangat elegan.

Semoga produk yang kami buat bisa memenuhi keinginan teman-teman Pramuka di seluruh indonesia.

Pemesanan sms 0812 1774 6083
Info harga serta baju yang lain lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2012/05/baju.html

Pramuka Universitas Tanjungpura Adakan Scoutmentship Camp 2014

Pontianak—Dalam rangka memperingati Hari Lahir Bapak Pandu Sedunia, Hari Lahir Ibu Kartini, Hari Pendidikan Nasional dan Dies Natalis Universitas Tanjungpura (Untan),  Pramuka Mahasiswa Untan Karang Tunjung Junjung Buih Gugus Depan 06.007-06.008 Tanjungpura mengadakan Tanjungpura’s Scoutmentship Camp 2014 di Gor  Untan.

Acara yang dimulai pada Kamis (22/5) s/d. Rabu (28/5) itu dihadiri oleh 264 peserta yang berasal dari perwakilan daerah Kabupaten Ketapang, Sekadau, Sintang, Bengkayang, Kubu Raya, dan Pontianak. Acara tersebut diisi dengan acara lomba dan non lomba. Acara non lomba antaranya bakti sosial, bakti masyarakat,  pelatihan fotografi,  pelatihan penanggulangan bencana dll. Sedangkan untuk lomba di antaranya Kem Standar, Lomba Akustik, Penjelejahan dan lain sebagainya.

Menurut Wira Karza, satu di antara Panitia, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter bagi para anggota yang ikut dalam kemah ini. selain itu, kegiatan ini juga ajang silaturahmi dan ajang kerja sama antar Penegak dan Penega. “Kita memberi wawasan kepada peserta yang hadir,” pungkasnya.

Sumber : http://mimbaruntan.com/2014/05/24/pramuka-untan-adakan-scoutmentship-camp-2014/

Friday, 23 May 2014

Badge Saka Kencana (Baru)

Kedai Atribut dan Pelengkapan Pramuka ScoutAddict sudah menyediakan Badge Saka Kencana terbaru sesuai keputusan Keputusan Kwartir Nasional Nomor : 160 Tahun 2013

Pemesanan sms 0812 1774 6083
Badge yang lain silahkan lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2010/07/badge.html

Tuesday, 20 May 2014

Urusan Cita Rasa Kuliner, Pramuka Juga Bisa

Bengkulu, - Ajang kreasi kuliner nusantara ternyata ada di arena PWN XII, lagi-lagi para kontingen dituntut untuk serba bisa. Selain harus cakap dalam mengamalkan Dasa Dharma Pramuka, Pramuka juga dituntut memiliki dan menguasai resep kuliner daerah.

Para peserta Pramuka di anjurkan menjajakan masakan kuliner khas dari daerahnya masing-masing. Bertempat di depan gedung PNPM IAIN Bengkulu, para peserta Pramuka PWN ke XII dari setiap kontingen PTAIN/PTAIS se Indonesia, menjajakan kuliner khas daerahnya masing-masing. Beragam kuliner di sajikan oleh peserta pramuka untuk siap di nilai para juri kuliner.

Dalam sajian kuliner tersebut di buka langsung oleh Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr.H. Sirajuddin,M.Ag,MH, yang juga bertindak sebagai salah satu juri. Selain Rektor IAIN yang bertindak sebagai yaitu, dari Tim Waslitev HM. Afif Anshori, Nanang Syaikhu, Astuti Sakdiyah dan Dr. Muflihin, M.Pd.

Dikatakan oleh Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr.H. Sirajuddin,M.Ag,MH, bahwa diadakannya Kuliner Nusantara tersebut sangat menyenangkan, karena Kuliner Nusantara tersebut baru pertama kali di adakan dalam PWN PTAI.

“Kuliner Nusantara ini pertama kali di adakan dalam PWN PTAI, ini merupakan inovasi baru dalam kegiatan PWN. Meskipun yang menampilkannya peserta Pramuka, namun ini sudah mewakili seluruh provinsi se Indonesia, untuk itu sangat patut di apresiasi,” kata Sirajuddin, selepas mencicipi satu persatu kuliner yang di jajakan oleh para peserta Pramuka.

Lebih lanjut Prof. Sirajuddin menyampaikan, bahwa dengan beragamnya kegiatan yang diadakan dalam PWN-PTAI ke XII tersebut, diharapkan mampu menjadikan para peserta Pramuka mahir dalam kepramukaan serta terasah mental dan pengabdiannya kemasyarakat.

“Beragamnya kegiatan yang kami adakan ini bertujuan untuk menjadikan para peserta Pramuka lebih aktif dan terasah skil individunya,” imbuhnya.

Sementara itu di katakan oleh salah satu juri Kuliner Nusantara, Dr. Afif Anshori, bahwa diadakan sajian kuliner tersebut, mempunyai nilai tersendiri bagi kegiatan PWN, karena kegiatan tersebut belum pernah diadakan di acara PWN-PTAI sebelumnya.

“Kegiatan Kuliner Nusantara oleh peserta Pramuka ini sangat bagus, kami nilai kuliner yang di sajikan tersebut dari rasa dan bentuk kreasi makanan yang dijajakannya,” ujar Afif kepada Bengkultoday.com, Senin (19/5/2014).

Sumber : http://www.bengkulutoday.com/urusan-cita-rasa-kuliner-pramuka-juga-bisa/

Monday, 19 May 2014

Gerakan Pramuka Jangan Mati Suri

SAMARINDA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak 2006 silam telah melakukan revitalisasi gerakan pramuka demi mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat. Begitu pula di Samarinda, semua sekolah sudah memiliki gugus depan (gudep) pramuka. “Gerakan pramuka yang ada, diharapkan jangan sampai mati suri. Memang, hampir semua sekolah sudah memiliki gugus depan, tapi jarang melakukan kegiatan kepramukaan. Ke depan, semoga bisa lebih ditingkatkan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda DR Ibnu Araby. Ibun Araby menyatakan, hal itu melalui Kepala Bidang PNFI Pengembangan Pemuda Olahraga Seni Budaya Ispihani pada pembukaan Lomba Tangkas Terampil I se-Kota Samarinda yang dilaksanakan Kwartir Ranting Sungai Kunjang di SMP 16 Jalan Jakarta, 17-18 Mei.

Selanjutnya Ispihani berharap, melalui kegiatan yang dikemas dalam bentuk Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), bisa menularkan virus positif bagi gugus maupun kwartir lainnya agar aktif dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan. “Mari membentuk generasi muda untuk menyiapkannya sebagai penerus pembangunan. Selama ini saya tidak pernah mendengar ada hal negatif di pramuka. Karena patriot pramuka selalu berpegang dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, salah satu bunyinya, Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan,” tegasnya.
 
Sedangkan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sungai Kunjang Erminawati menyatakan, dalam Dasa Dharma juga anggota pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. “Dengan dukungan gerakan pramuka, saya yakin bisa cepat mewujudkan sekolah HBS atau hijau, bersih, dan sehat,” ujarnya. Kegiatan yang dihadiri Ketua Mabiran Kecamatan Sungai Kunjang Nurrahmani ini diikuti 45 peserta putra dan 55 peserta putri yang merupakan perwakilan tiap-tiap kecamatan se-Kota Samarinda.

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/74330/gerakan-pramuka-jangan-mati-suri.html

Sunday, 18 May 2014

Cutting Stiker Tunas dan Wosm

Kakak-kakak yang tanya Cutting Stiker Tunas dan Wosm sekarang sudah di pesan di Kedai Atribut Perlengkapan Pramuka Scout Addict. Desain yang lain akan segera menyusul

Gelar Prestasi Pramuka penegak IV Se-Jambi Wilayah Barat

BANGKO-Sekda Merangin H Sibawaihi selaku Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin,meminta anggota pramuka meningkatkan pengetahuan melalui pemanfaatan tekhnologi secara tepat dan pelatihan keterampilan.
 
"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kepedulian Pramuka penegak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Disamping itu untuk memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka untuk lebih terampil,"paparnya, saat membuka kegiatan Gelar prestasi Pramuka penegak IV se-Provinsi Jambi wilayah barat 2014, di Kampus II STKIP YPM Bangko, Jumat (16/05).

Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari 18 cabang lomba. Mulai dari GPPP art, Culture and Education yang meliputi, administrasi kelengkapan data, pentas seni, home industry, stand UP komedi, drama bahasa Inggris, Olimpiade MIPA, musikalisasi puisi dan senam Pramuka.

Tidak hanya itu juga ada kategori GPPP Faith and religion yang meliputi, lomba kaligrafi dan Sarhil Quran. GPPP Scouting Skills meliputi, pengembaraan, camp standart, cerdas tangkas Pramuka, militer dance, pioneering, festival semaphore.

Untuk GPPP information dan communicatioan technology ada pembuatan logo GPPP V dan membuat permainan. Rencananya kegiatan yang dikemas dalam kemah bersama itu akan berakhir pada 18 Mei 2014.

Sebagai gerakan kepanduan praja muda karana mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda Indonesia dalam menumbuhkan kesadaran membangun negeri.
"Sebagai salah satu wujud dalam menerapkan Try Satya dan Dasa Darma sambung Sekda, Pramuka penegak berkewajiban ikut serta dalam membangun masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai wujud membangun karakter dan kreativitas tudas muda,"jelasnya.

Kegiatan tersebut diikuti 300 orang peserta dari SMK-N SPP Merangin, SMKN 2 Merangin, MAN Pamenang, MAS Al Munawaroh, SMAN 3 Merangin dan SMAN 7 Merangin.

Selain itu peserta juga besal dari SMKN V Merangin, SMAN 13 Merangin, MAN Tabir, SMAN 5 Merangin, SMAN 8 Merangin, MAN Bangko, SMAN 2 Merangin dan SMAN 12 Merangin. Tiap sekolah mengutuskan 20 orang anggota Pramuka.

SUmber : http://jambidaily.com/v3/pendidikan/7247-sekda-gelar-prestasi-pramuka-sebagai-ajang-peningkatan-kualitas-iptek

Friday, 16 May 2014

Topi Baden Powell

Satu koleksi lagi dari Kedai Atribut Perlengkapan Pramuka ScoutAddict yaitu topi dengan bordir Baden Powell. Desain Kreasi sendiri jadi pasti berbeda dengan yang lain. Semoga sesuai selera kakak-kakak Pramuka di seluruh Indonesia

Pemesanan silahkan sms 0812 1774 6083
Info harga serta topi yang lain silahkan lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2011/12/topi.html

Thursday, 15 May 2014

Pramuka Maros Gunakan Tali Panjat Mencari Pekerja Tanggul yang Tenggelam

MAROS - Seorang pekerja tanggul Sungai Maros, Iqbal (21) dinyatakan tenggelam, Rabu (14/5/2014). Pekerja tanggul di Jl Pisang Kelurahan Turikale Kecamatan Turikale ini tenggelam sekitar pukul 12.30 Wita, saat ia menikmati jam istirahat di tepi Sungai Maros.

Warga Jl Bontokapetta Kecamatan Lau ini sudah satu bulan bekerja tanggul Sungai Maros. Saat akan kembali bekerja setelah menikmati jam istirahat, Iqbal dinyatakan hilang oleh mandornya, Sahar (31).

Saat ini, tim Pramuka Peduli dan SAR Maros tengah melakukan pencarian menggunakan tali panjat. Anggota Pramuka Peduli, Ilham, mengatakan pencarian mereka menggunakan alat seadanya dan baru mencari satu jam dengan menyelam.

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2014/05/14/pramuka-maros-gunakan-tali-panjat-mencari-pekerja-tanggul-yang-tenggelam

Wednesday, 14 May 2014

Pesanan dari Pramuka Jember, Batam, Jepara dan Samarinda

Foto dokumentasi pengiriman pertama tanggal 14 Mei 2015 dikirim ke Samarinda, Jember, Jepara dan Batam. Semoga menambah kepercayaan kepada Kedai Pramuka ScoutAddict.

Kami akan selalu menambah koleksi produk atribut dan perlengkapan Pramuka sehingga menjadi trend senter perlengkapan Pramuka di Indonesia. Kami melayani eceran serta harga kodian untuk dijual kembali. Semoga bisa bekerjasama dengan kakak-kakak semua

Badge Krida Saka Dirgantara

Kedai Atribut Pramuka kini sudah menyediakan Krida Saka Dirgantara, yaitu : Olahraga Dirgantara, Pengetahuan Dirgantara dan Jasa DIrgantara. Semoga dapat membantu kakak-kakak anggota Pramuka saka Dirgantara di seluruh Indonesia 

Info harga serta krida yang lain silahkan lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2011/05/badge-krida-saka.html

Monday, 12 May 2014

Kwarcab Payakumbuh Gelar Pelatihan Internet Sehat

PAYAKUMBUH - Kwartir Cabang Pramuka Payakumbuh bersama Bagian Humas Setdako Payakumbuh latih 20 anggota Pramuka, cara berinternet sehat. Di antara materi yang diajarkan, cara membuat blogspot dan teknik dasar membuat wibesite. Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan SDM anggota Pramuka Payakumbuh, dalam menghadapi kemajuan informasi tekhnologi di era globalisasi ini.
 
Sekretaris Kwarcab Pramuka Payakumbuh Iwan, SE, di Balaikota Payakumbuh, Sabtu (10/5), menginformasikan, pelatihan itu berlangsung di Pusat Komunitas Kreatif yanag dikelola Bagian Humas di Medan nan Bapaneh Payakumbuh, Sabtu dan Minggu (10-11/5). Acaranya, berlangsung tiga angkatan, dua angkatan buat Pramuka dan satu angkatan untuk pembina Pramuka.  Gelar pelatihan ini akan berakhir hingga Selasa (113/5).
 
Menurut Iwan, memperkenalkan dunia internet ke anggota Pramuka, akan berdampak positif terhadap kejiwaan Pramuka. Dunia internet, dikatakan, bakal mampu membawa kemajuan terhadap SDM Pramuka. Makanya, mereka diperkenalkan, bagaimana memanfaatkan internet secara sehat.
 
Pelatihan tersebut ditangani Suhedri Busli, Kasubag Santel Telematika Bagian Humas, bersama dua stafnya Mimi dan Alex Desrianto. Puskom Kreatif yang dibantu Kementerian Kominfo itu, dikatakan Suhedri, tidak hanya buat melatih pelaku usaha ekonomi mikro berpromosi lewat internet, tapi juga mengajarkan pelajar dan Pramuka atau komunitas lainnya, berkreasi di dunia maya. Karena, dunia internet akan membuka peluang bisnis untuk penggunanya secara sehat, kata Suhedri.

Sunday, 11 May 2014

PWN-PTAIN Rencanakan Gelar Salat Tahajjud Pramuka Terbanyak

JAKARTA,  - Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) ke XII di Bengkulu rencananya akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) terkait Salat Tahajjud dengan peserta pramuka terbanyak.

“PWN-PTAIN merencanakan pemecahan rekor MURI terkait Salat Tahajjud dengan peserta pramuka terbanyak,” jelas Direktur Pendidikan Tinggi Islam Dede Rosyada melalui release yang diterima Pinmas, Kamis (08/05).

Menurut Dede, PWN-PTAIN adalah pertemuan Pramuka Pandega PTAIN untuk melakukan bhakti melalui media perkemahan. Perkemahan ini diselenggarakan tersendiri mengingat PWN yang diselenggarakan Kwarnas tidak mampu menampung aspirasi anggota Pramuka PTAIN. 
“PWN-PTAIN dikemas dengan warna kemahasiswaan dan keislaman, sehingga lebih menyentuh aspek-aspek kehidupan masyarakat,” terang Dede Rosyada.

PWN-PTAIN XII ini diikuti oleh 53 Kontingen  dari Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) se Indonesia. Selain itu, PWN XII ini juga akan diikuti oleh peserta peninjau dari Perguruan Tinggi Agama non Islam. 

Perkemahan ini diperkirakan akan diikuti tidak kurang dari 2000 peserta yang terdiri dari Pramuka Pandega, pembina pendamping, pimpinan kontingen, serta tim pengawas, peneliti, dan evaluasi (waslitev).

Selain pemecahan rekor MURI, kegiatan dalam PWN-PTAIN ini antara lain: lomba karya tulis ilmiah, cipta software kepramukaan, kaligrafi, dan syarhil Quran, kegiatan bina wawasan kepramukaan dan teknologi tepat guna, wisata alam dan religi, kreasi masakan nusantara, dan lomba keindahan pertendaan.

Kegiatan PWN juga dikemas dalam bentuk bhakti masyarakat berupa perbaikan masjid dan madrasah, pembinaan pengurus Taman Pendidikan Al-Quran, gerakan penghijauan dengan penanaman 2.000 pohon, donor darah, pembuatan tempat sampah, perbaikan rumah penduduk, pembuatan sumut sehar, serta pentas seni budaya.

“Menteri Agama dijadwalkan akan membuka PWN PTAIN ke XII ini pada 14 Mei 2014,” jelas Dede Rosyada.
 
 
Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/05/11/201631

Saturday, 10 May 2014

Tali Prusik

Kedai Atribut Perlengkapan Pramuka ScoutAddcit menyediakan Tali Prusik dengan ukuran 2mm dan 4mm. Bagi kakak-kakak yang pernah menanyakan sekarang sudah bisa di pesan. meteran atau gulungan.

Info harga silahkan lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2011/12/tali.html

Friday, 9 May 2014

Mabida Riau Janji Siapkan Lahan 6 Ha untuk Pramuka

PEKANBARU - Setelah dilantik jadi Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Riau masa bhakti 2014-2019 oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas), Adyaksa Dault lantik, Annas Maamun berencana menyiapkan lahan untuk para peserta Pramuka agar bisa latihan di lahan seluas 6 haktare di tepian Sungai Siak. 

Selain itu, Annas juga bercerita tentang masa lalunya mengenai Pramuka. Saat berpramuka, ia berlatih membuat tandu, menolong kecelakaan pertama, membunyikan terompet ketika sahur.

 "Kondisi pramuka sekarang berbeda dengan pramuka saya dulu, kalau dulu itu, kita diajarkan tentang morse, sandi, semafore. Kemudian, juga diajarkan cara melakukan pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau disebut P3K," jelas Annas. 

Jika Pramuka sekarang, kata Annas, sudah terkesan berkurang. "Padahal pramuka bisa berperan mengurangi perilaku menyimpang. Saya juga berharap pramuka sekarang harus lebih digalakkan. Ke depan, di Riau kegiatan pramuka lebih banyak. Sehingga melatih karakter dan kebersamaan, informasi harus lebih diprotek. Pemimpin harus mampu melayani rakyat karena pemimpin adalah pelayan yang ikhlas," ujarnya. 

Senada dengan Gubri, Ketua Kwarnas, Adyaksa Dault mengaharapkan para Pramuka sekarang juga lebih menggerakkan jiwa Pramuka.

 "Negara kita belum masuk ke era reformasi, makanya harus hati-hati anak muda harus sadar negara berada di bawah kekuasaan rakyat, di negara kita banyak sumber daya alam yang harus dijaga," ujarnya. 

- See more at: http://www.halloriau.com/read-otonomi-46690-2014-05-08-annas-janji-siapkan-lahan-6-ha-untuk-pramuka-.html#sthash.cfn0H4nN.dpuf

Tuesday, 6 May 2014

Badge Krida Wanabakti

Alhamdulillah Kedai Atribut Pramuka kini sudah menyediakan Krida Saka Wanabakti, yaitu : Tata Wana, Guna Wana, Bina Wana, reksa Wana

Semoga dapat membantu kakak-kakak anggota Pramuka saka Wanabakti di seluruh Indonesia

Info harga serta krida yang lain silahkan lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2011/05/badge-krida-saka.html

Pramuka MAN Sampit Ikuti Dianpinsat

Sampit - Baru-baru ini Gugus Depan (Gudep) Asy-Syabab MAN Sampit mengadakan Geladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat ). Kegiatan diikuti 40 anggota Pramuka MAN Sampit baik penegak putra maupun putri. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan  mutu dan kualitas  peserta didik di MAN Sampit.

“Alhamdulillah sampai saat ini Pramuka MAN Sampit masih dinilai terbaik di Kotawaringin Timur. Kami bangga atas prestasi ini. Itu semua berkat kerjasama semua pihak di MAN Sampit,” ucap Pembina Pramuka  MAN Sampit, Jusman, S.Ag, kemarin.

Dikatakannya ada beberapa materi yang yang diberikan pada kegiatan Dianpinsat kali ini antara lain AD/ART, sejarah kepramukaan, kepemimpinan,pionering, LKBB,tata upacara penegak, problem solving dan dinamika kelompok. Kegiatan digelar selama 4 hari mulai Kamis s/d Minggu sore.

Diungkapkan, kegiatan latihan kepramukaan di MAN Sampit rutin dilaksanakan setiap Jumat  sore pukul 15.00-17.00 Wib. Kegiatan terjadwal setiap Minggu sesuai program kerja Dewan Ambalan di MAN Sampit.

“Kegiatan penegak ini sifatnya ‘dari oleh dan untuk’ jadi pembina hanya mengarahkan dan sekali-sekali pembina memberi materi selebihnya pengurus dewan ambalan yang mengisi dan membagi pengalaman mereka,” ucapnya.

Jusman juga mengungkapkan ujian SKU bagi anggota pramuka di MAN Sampit rutin dilakukan, untuk memotivasi peserta didik agar memacu diri dan memperdalam wawasan ilmu kepramukaan. Selain itu juga untuk membentuk kedisiplinan, kejujuran, tanggungjawab dan sebagainya.

“Harapan kami nantinya akan muncul dari MAN Sampit tunas-tunas pemimpin yang handal di masa mendatang,” ucap Jusman.

Sumber : http://kalteng.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=189258

Monday, 5 May 2014

Kunjungan Pramuka Australia ke Kwarcab Kota Bandung

Anggota pramuka Australia Wirawan (Trent Walker) dan Cahyo (Lachlan Craigie) di damping kak Faisal Anwar dari Kwarcab Kota Bandung saat akan mencoba mencicipi nasi lemang buatan anggota pramuka penggalang putri pada kegiatan masak rimba di lapangan kemah Sekretariat Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung, Sabtu (4/5/2014). 

Dalam kunjungan yang mereka beri tema bakti sosial tersebut, diisi pula dengan presentasi mengenai pengalaman dan perkembangan kepramukaan yang ada di negara Australia mulai dari jumlah golongan keanggotaan kepramukaan hingga jumlah seluruh anggota pramuka yang ada di Australia.  Selain itu, merekapun berkesempatan mengajak melakukan beberapa permainan pramuka bersama beberapa anggota pramuka penegak putra-putri. 

Sebelumnya mereka yang juga merupakan anggota kesatuan Angkatan Darat (AD) Australia saat ini tengah memperlancar penggunaan bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sempat pula melakukan kunjungan bakti sosial ke pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Sumber : http://kwarcabkotabandung.or.id/2014/05/kunjungan-pramuka-australia-ke-kwarcab-kota-bandung/

Friday, 2 May 2014

Mabisaka dan Pinsaka Kalpataru Dilantik

Rabu, 30 Apri 2014, lagu Hymne Pramuka bergema di lobi gedung Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta. Ada kegiatan Gerakan Pramuka di Kementerian Lingkungan Hidup yakni pelantikan Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Kalpataru dan Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Kalpataru. Pembentukan satuan karya Kalpataru sebagai instrument pembinaan generasi muda agar peduli lingkungan hidup telah diputuskan dalam Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka di Kupang Nusa Tenggara dengan Surat Keputusan Munas Gerakan Pramuka Nomor: 13/Munas/2013, tanggal 25 Desember 2013. 
 
Atas dasar itu pula, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr. H Adyaksa Dault, SH, M.Si melantik Mabisaka dan Pinsaka untuk masa bhakti 2014-2019. Anggota Mabisaka dan Pinsaka Kalpataru itu terdiri dari untur-unsur Kementerian Lingkungan Hidup. Kwarnas Gerakan Pramuka, Lembaga Swadaya Masyarakat, pelaku bisnis yang memiliki kepedulian dan mendukung pengembangan Saka Kalpataru.

Para Deputi Menteri Lingkungan Hidup dan pejabat eselon 1 Kementerian Lingkungan Hidup masuk dalam Majelis Pembimbing Saka. Sedangkan sejumlah pejabat eselon 2 dan tiga menjadi Pinsaka. 

Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar kambuaya, MBA gembira dengan pengukuhan Mabisaka dan Pinsaka Kalpataru. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa satuan karya bidang lingkungan yang dikenal sebagai Saka Kalpataru ini dibentuk dengan tujuan khusus untuk mengarusutamakan isu lingkungan dalam Gerakan Pramuka, seperti isu pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Melalui itu diharapkan dapat terbentuk generasi muda yang rama pada lingkungan hidup. “Mereka berhak mendapatkan lingkungan hidup yang nyaman dan sehat,” tegas Balthasar Kambuaya.

Keberadaan Saka Kalpataru merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah; dan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Keberadaan Saka Kalpatari merupakan hasil kesepakatan bersama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tanggal 20 Desember 2011 untuk secara bersama-sama mengimplementasikan ketentuan undang-undang tersebut.

Terbentuk di 11 Kwarda dan 66 Kwarcab
Sebenarnya Saka Kalpataru sudah terbentuk di beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Menurut Ir. Ilyas Asaad, MP, Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, yang juga menjadi Mabisaka Kalpataru, satuan karya ini telah terbentuk di 11 Kwartir Daerah (Kwarda) yakni di Kwarda Sumatera Selatan, Kwarda :Lampung, Kwarda Banten, Kwarda DKI Jakarta, Kwarda Jawa Barat, Kwarda Jawa Tengah, Kwarda D I Yogyakarta, Kwarda Jawa Timur, Kwarda Bali, Kwarda Nusa Tenggara Barat dan Kwarda Nusa Tenggara Timut. Pada tingkat kabupaten/kota, sudah terbentu di 66 Kwartir Cabang (Kwarcab).

Saka Kalpataru diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yakni para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Saka Kalpataru terdiri dari tiga krida masing-masing dengan syarat kecakapan khusus yakini:

a. Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dengan tiga syarat kecakapan khusus (SKK) yaitu SKK 

Komposting, SKK daur Ulang dan SKK Bank Sampah,
b. Krida Perubahan Iklim dengan tiga SKK yakni, SKK Hemat Air, SKK Hemat Energi Listrik dan SKK 

Transportasi Hijau;
c. Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati dengan tiga SKK yakni, SKK Pelestarian Sumber Daya Genetik, SKK Pelestarian Ekosistem dan SKK Jasa Lingkungan.

Sumber : http://green.kompasiana.com/penghijauan/2014/05/02/pramuka-peduli-lingkungan-mabisaka-dan-pinsaka-kalpataru-dilantik-650751.html